PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA MAHASISWA PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ap.v6i2.22250Abstract
PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA
MAHASISWA PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
IDA KADE AGUS SUGIKA PUTRA,SE
Pustakawan Ahli Madya pada UTP.Perpustakaan
Universitas Pendidikan Ganesha
Jalan Udayana, Singaraja
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan dan minat baca pengunjung Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Hal ini dilakukan mengingat mahasiswa Undiksha belum memanfaatkan secara optimal keberadaan perpustakaan sebagai pusat sumber informasi dan pusat sumber belajar. Sumber kajian mempergunakan mahasiswa sebagai sampel yang mengunjungi dan memanfaatkan Perpustakaan Undiksha. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasilnya ditemukan, bahwa sebagian besar mahasiswa mengunjungi dan melakukan peminjaman buku minimal satu kali dalam satu minggu, bahan bacaan yang disediakan belum dimanfaatkan secara optimal oleh sebagian besar pengunjung, strategi pemanfatan bahan bacaan sebagian besar dengan membaca secara selektif sesuai materi yang diperlukan, dan mahasiswa secara keseluruhan belum memiliki minat baca yang optimal terhadap bahan bacaan yang disediakan oleh perpustakaan.
Katakunci: Manfaat perpustakaan, minat baca, pengunjung perpustakaan
UTILIZATION OF LIBRARY AND READ INTERESTS
STUDENTS VISITING LIBRARY
GANESHA EDUCATION UNIVERSITY
Abstract
This article aims to find out and describe the use of libraries and reading interest in visitors to the Ganesha Educational University Library (Undiksha). This is done because Undiksha students have not optimally utilized the existence of the library as a source of information and learning resources. The study source uses students as samples who visit and utilize the Undiksha Library. Data were collected using a questionnaire and analyzed using descriptive qualitative analysis. The results found that most students visit and borrow books at least once a week, the reading material provided has not been used optimally by most visitors, the strategy of using reading material mostly by reading selectively according to the material needed, and students by overall do not have an optimal reading interest in the reading material provided by the library.
Keywords: Library benefits, interest in reading, library visitors