PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN LITERASI BAHARI
DOI:
https://doi.org/10.23887/ap.v6i2.22251Abstract
ACARYA PUSTAKA
Volume 6 Number 2, Desember 2019
ISSN: Print 2442- 4366– Online 2443-0293
Undiksha – IKI | DOI: 10.23887
Open Access https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/AP Nomor 2
PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN LITERASI BAHARI
Oleh
I WAYAN MUDANA
Program Studi D3 Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha
Masyarakat dan budaya bahari merupakan fakta sosio historis dan sosiokultural yang tidak bisa dikesampingkan. Sehubungan dengan hal itu perlu adanya upaya kontruksi budaya bahari pada generasi muda. Perpustakaan merupakan satu kelembagaan yang memiliki peran yang strategis dalam pengembangan dan konstruksi budaya bahari. Berpijak dari hal itu kajian ini bertujuan untuk memaparkan peranan perpustakaan dalam mengembangkan literasi bahari. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif , pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan secara dilakukan secara deskreptif kualitatif. Dari hal itu dapat dikemukakan bahwa peran perpustakaan dalam pengembangan literasi bahari.
Kata kunci : Peranan Perpustakaan Sekolah Literasi Bahari