MODEL MANAJEMEN LABORATORIUM KEWIRAUSAHAAN FAKULTAS EKONOMI

Authors

  • I Wayan Bagia Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/bjm.v6i1.24425

Keywords:

model manajemen, laboratorium kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskriptif tentang Model Manajemen Laboratorium Kewirausahaan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Pendidikan Ganesaha (Undiksha) yang ada sekarang dan yang terpadu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan populasinya adalah dosen, pimpinan jurusan dan fakultas, mahasiswa FE Undiksha, dan stakeholder. Dalam menentukan jumlah responden sebagai sumber data maka pengembilan responden secara: populasi dilakukan pada dosen, pimpinan jurusan dan fakultas; mahasiswa jurusan menggunakan sampel dengan teknik stratified random random sampling yang alokasinya proporsional; serta pada stakeholder dengan menggunakan teknik propursive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara terstruktur, pencatatan dokumen, dan diskusi kelompok fokus. Kemudian data dianalisis secara deskriptif. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Manajemen Laboratorium Kewirausahaan FE Undiksha yang ada sekarang ini belum perpadu karena laboratoriun kewirausahaan masih menjadi milik prodi dan kelola dengan pola manajemen yang tidak jelas aspek perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya. Ke depannya disepakati bahwa FE Undiksha diharapkan memiliki Model Manajemen Laboratorium Kewirwusahaan Terpadu yang memiliki 5 divisi, yaitu divisi (1) kreatif, (2) litbang, (3) diklat, (4) kerja sama dan humas penyandang dana (dudi, prodi/fakultas, universitas), dan (5) klinik konsultasi usaha dengan pola manajemen yang jelas baik dari fungsi perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasannya.

References

DAFTAR PUSTAKA

Carland & Carland. 2004. Managers, Small Business Owners & Entrepreneurships: The Cognetive Dimension. Journal of Business & Entrepreneurship. Vol. 9. North Carolina: WCU.

Hadiseogondo, Seobroto. 2006. Upaya Penumbuhan Wirausaha Baru: Masalah dan Pendekatannya. Infokop Media Pengkajian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah. ISSN: 0126-813X Nomor 29 Tahun XXII 2006.

Jackson and Musselman. 2001. Management. South-Western. Thomson Learning.

Murtini, Weidy, Sri Sumaryati, dan Lenny Noviani. 2014. Pengembangan Laboratorium Kewirausahaan Terpadu Prodi Pendidikan Ekonomi. Cakrawala Pendidikan. Juni TH XXXIII No. 2.

Pahlevi, Reza. 2006. Strategi Penumbuhan Wirausaha Baru. Infokop Media Pengkajian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah. ISSN: 0126-813X Nomor 29 Tahun XXII 2006.

Rafinaldy, Neddy. 2006. Memeta Potensi dan Karakteristik UMKM Bagi Penumbuhan Wirausaha Baru. Infokop Media Pengkajian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah. ISSN: 0126-813X Nomor 29 Tahun XXII 2006.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2009. Manajemen Pelayanan. Pnerbit Pustakan Pelajar. Schermerhorn, John R.. 1999. Management. John Wiley & Sons Inc.

Siu, Wai-sum & Robert G. Martin. 2003. Studies Enterpreneurship Behavior Sceinces: Businees Condition Culture, Business Growth, PshycologicalAspects. Journal of Business & Entrepreneurship. Vol. 15. North Carolina: WCU.

Sudiarditha, I Ketut. 2009. Analisis Pengembangan Laboratorium Kewirausahaan Terpadu Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Humaniora. Vol. 2 No. 2. Juni.

Stoner, W. J..1999. Management. McGraw-Hill Book Company.

Tambunan, Tulus. 2006. Pengembangan UKM di Indonesia Suatu Tinjauan Teoritis dan Empiris Terhadap Penumbuhan Unit Usaha Baru.

Tercia, Ch. Yosevina Ratna. 2008. Sikap Kewirausahaan dan Orientasi Pelanggan: Implikasinya Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan. Manajemen Usahawan Indonesia. No. 04/Th.XXXVII 2008. ISSN: 0302-9859.

Wirasasmita, Yuyun. 2002. Peranan Perguruan Tinggi Dalam Menghasilkan Wirausaha. Ceramah di Program D-3-Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran Bandung. 26 Oktober 2002.

Downloads

Published

2020-04-19

Issue

Section

Articles