Analisis Kesulitan Guru SMA Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2013 di Propinsi Riau

Authors

  • Sukarni Sukarni Accounting Education Department, Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.23887/ekuitas.v7i2.21180

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui dimensi apa yang paling menyulitkan guru dalam pembelajaran ekonomi berdasarkan Kurikulum 2013  di propinsi Riau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah  guru-guru Ekonomi Akuntansi di propinsi Riau yang tergabung dalam MGMP  di masing-masing Kabupaten /Kota yaitu berjumlah 690 orang, dan sample     diambil   berpedoman pada table Krejcie dan Morgan (1970), diperoleh jumlah sampel   248. orang. Tekhnik sampling  digunakan adalah Stratified Random Sampling . Teknik pengumpulan data adalah angket. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment dari Pearson dan uji reliabilitas menggunakan model Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data  adalah analisis statistik-deskriptif yang kemudian diinterprestasikan kedalam bentuk presentase.  Hasil penelitian ini yaitu umumnya di provinsi Riau guru ekonomi akuntansi  berada  pada kategori “sulit”. Sedangkan untuk dimensi perencanaan 9 dari 11 kabupaten/kota berada pada  kategori “sulit”,  sedang satu berada pada kategori “sulit sekali” yaitu kabapaten Indragiri Hulu” dan satu kabupaten/kota berada pada kategori “cukup sulit” yaitu Pekanbaru dan yang berada pada kategori “tidak sulit” adalah “rokan hilir”. Dimensi perencanaan, pembuatan RPP berdasarkan silabus  merupakan hal yang sangat sulit bagi guru  ekonomi akuntansi . Dimensi pelaksanaan  yang masuk dalam kategori  “sulit” yaitu (1) Penerapan 5M dalam proses pembelajaran, (2) Merancang media untuk pembelajara 5M, (3) Mencari dan Penerapan model pembelajaran, (4) Penggunaan media belajar cetak/elektronik dan (5) Mengajak siswa untuk berfikir tingkat tinggi. Dimensi penilaian   berada pada kategori “sangat sulit” yaitu (1)  penilaian afektif dan (2) mengukur kemampuan berdasarkan HOTS sedang  6 lainya berada pada kategori “sulit”

 

Kata KunciKesulitan Guru, Pembelajaran Ekonomi, Kurikulum 2013

Author Biography

Sukarni Sukarni, Accounting Education Department, Universitas Islam Riau

Downloads

Published

2019-12-16

Issue

Section

Articles