Analisis Kesulitan Guru SMA Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2013 di Propinsi Riau
DOI:
https://doi.org/10.23887/ekuitas.v7i2.21180Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi apa yang paling menyulitkan guru dalam pembelajaran ekonomi berdasarkan Kurikulum 2013 di propinsi Riau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru-guru Ekonomi Akuntansi di propinsi Riau yang tergabung dalam MGMP di masing-masing Kabupaten /Kota yaitu berjumlah 690 orang, dan sample diambil berpedoman pada table Krejcie dan Morgan (1970), diperoleh jumlah sampel 248. orang. Tekhnik sampling digunakan adalah Stratified Random Sampling . Teknik pengumpulan data adalah angket. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment dari Pearson dan uji reliabilitas menggunakan model Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data adalah analisis statistik-deskriptif yang kemudian diinterprestasikan kedalam bentuk presentase. Hasil penelitian ini yaitu umumnya di provinsi Riau guru ekonomi akuntansi berada pada kategori “sulit”. Sedangkan untuk dimensi perencanaan 9 dari 11 kabupaten/kota berada pada kategori “sulit”, sedang satu berada pada kategori “sulit sekali” yaitu kabapaten Indragiri Hulu” dan satu kabupaten/kota berada pada kategori “cukup sulit” yaitu Pekanbaru dan yang berada pada kategori “tidak sulit” adalah “rokan hilir”. Dimensi perencanaan, pembuatan RPP berdasarkan silabus merupakan hal yang sangat sulit bagi guru ekonomi akuntansi . Dimensi pelaksanaan yang masuk dalam kategori “sulit” yaitu (1) Penerapan 5M dalam proses pembelajaran, (2) Merancang media untuk pembelajara 5M, (3) Mencari dan Penerapan model pembelajaran, (4) Penggunaan media belajar cetak/elektronik dan (5) Mengajak siswa untuk berfikir tingkat tinggi. Dimensi penilaian berada pada kategori “sangat sulit” yaitu (1) penilaian afektif dan (2) mengukur kemampuan berdasarkan HOTS sedang 6 lainya berada pada kategori “sulit”
Kata Kunci: Kesulitan Guru, Pembelajaran Ekonomi, Kurikulum 2013