Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Fashion Secara Online pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha

Authors

  • Ni Luh Supraeni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suwendra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ekuitas.v11i2.68704

Keywords:

Purchasing decisions, price, product quality, trust

Abstract

The purpose of this research is to determine (1) the influence of price on online fashion purchasing decisions (2) the influence of product quality on online fashion purchasing decisions (3) the influence of trust on online fashion purchasing decisions, (4) the influence of price, product quality and confidence in online fashion purchasing decisions. The type of research used is causal research. The sampling technique used is simple random sampling. The population of this research is Economics Education Students Class of 2021 and 2022, with a sample size of 122. The data collection method uses a questionnaire and is analyzed using multiple linear regression, which includes the t test (T-test). The research results show that (1) there is a positive and significant influence of price on online fashion purchasing decisions partially, with a significance value of 0.000 <0.05. (2) there is a positive and significant effect of product quality on online fashion purchasing decisions partially, with a significance value of 0.000 <0.05. (3) there is a positive and significant influence of trust on online fashion purchasing decisions partially, with a significance value of 0.000 <0.05. (4) There is a positive and significant influence between price, product quality and trust on online fashion purchasing decisions simultaneously, with a significance value of 0.000 <0.05. The magnitude of the influence of price, product quality and trust on purchasing decisions is equal to 25.9%, evidenced by a coefficient of determination of 0.259.

References

Arfah Yenni. 2022. Keputusan Pembelian Produk. Padangsidimpuan: PT Inovasi Pratama Internasional.

Anang Firmansyah. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). JawaTimur: Qiara Media.

Amelia Mia Siti. 2016. Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Cafe Coffee Time Kopo Bandung. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unpas.

Candra, Srikandi, Dkk. 2014. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Kepercayaan Serta Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario Pada Pt Sumber Purnama Sakti Di Kabupaten Gersik. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 15(2) hlm 1.

Dhiraj Kelly Sawlani. 2021. Keputusan Pembelian Online Kualitas Website, Keamanan dan Kepercayaan. Surabaya: Scopindo.

Duli, N. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Diah Ernawati. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen. Vol7(1). hlm.19.

Firman Gazali Djunaidi. 2020. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dalam Mengunakan Minyak Kayu Putih Pada Ketel Walbarua Di Desa Ubung. Jawa Timur: Qiara Media.

Fredianaika.Istanti. 2017.Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja Dan E-Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online di Kota Surabaya. Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik NSC Surabaya. 4(1) hlm 14.

Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lusi Yuliani. 2020. Pengaruh Harga, Kualiatas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Pembelian Fashion Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Skripsi Universitas Islam Negeri.

Lina Ayu Safitri, Chariswardana Bayu Dewa. 2020. Analisa Pengaruh Masa New Normal Pada Penjualan Online Melalui E-Commerce Shoppe. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya.Volume 22(2). hlm.117-118.

Muh.Fitrah.2017. Metodelogi Penelitian, Penelitian Kuantitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus.Jawa Barat: CV Jejak.

Nana Tripnita, Munandar.Dkk. 2020.Prilaku Konsumen Di Era Digital. Sumatra: Yayasan Kita Menulis.

Nova Dhita Kurniasari, Dkk. 2013. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepeutusan Pembelian Woroeng Steak & Shake Cabang Jl. Sriwijaya 11 Semarang. Skripsi Universitas Diponogoro.

Philip Kotler dan Grey Amstrong. 2014. Principles of Marketing. Jakarta: Erlangga.

Romindo, Muttaqi. dkk. 2019.E-Commerce.Sumtra: Yayasan Kita Menulis.

Raditha Dwi, Kusuma Ratnawati. Dkk. 2020. Enterprenuer Marketing. Malang: UB Pres.

Rahmad Fadly Siregar. 2019. Pengaruh Harga, Kepercayaan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian di Situs Bukalapak Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Skripsi Universitas Sumatera Utara.

Riski Rosdiana. dkk. 2019. Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha.Vol 11 (1) hlm. 321-322.

Slamet Riyanto, Aglis Andhita Hatmawan. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen Teknik Pendidikan dan Eksperimen.Jakarta: Erlangga.

Shafa Pradika Muthiya. Hariyantio Jusuf. 2020. Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee di Bekasi). Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. ALFABETA

Silalahi, U. 2017 Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: Refika aditama.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Silalahi, U. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika aditama.

Tengku Firli Musfar. 2020.Bauran Pemasaran sebagai Mteri Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Yenni, Arfah. 2022. Keputusan Pembelian Produk.Padangsidimpuan: PT Inovasi Pratama Internasional.

Yugi Setyarko.2016. Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, Dan Kemudahan Pengguna Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Jurnal Ekonomika dan Manajemen. Vol 5 (2) hlm 128.

Zusrony Edwin. 2015. Prilaku Konsumen Di Era Modern. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Downloads

Published

2024-01-03

Issue

Section

Articles