Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Teks Deskriptif Menggunakan Flashcards

Authors

  • J. Tosi Universitas Pendidikan Ganesha
  • A. K. Adji Universitas Pendidikan Ganesha
  • I. G. Budasi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v1i1.38983

Keywords:

Menulis, Deskripsi, Gambar Berseri

Abstract

Keterampilan menulis teks deskriptif yaitu suatu kemampuan untuk membuat tulisan yang mendeskripsikan suatu objek dan keadaan yang sebenarnya secara baik dan jelas. Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa peserta didik yang telah mencapai KKM (Ketuntasan Kriteria Minimal) hanya 31,25 % atau 10 dari 32 siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan peserta didik menulis teks deskriptif menggunakan flashcards. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA11 Semester II,  SMP Negeri 1 Singaraja. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran siklus I dan siklus II mencapai 100%. Siswa mengalami peningkatan ketuntasan belajar, yaitu 70,96% pada siklus I meningkat menjadi 93,54% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan flashcards atau gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskriptif peserta didik.

 

 

References

Arsyad, A. (2016) ‘Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016 | 29’, Jurnal Dimensi Penididikan Dan Pembelajaran, 5, Pp. 29–37.

Faridatuunnisa, I. (2020) ‘Kebijakan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Sd Di Indonesia.’, Seminar Nasional Pendidikan, Pp. 191–199. Available At: Https://Jurnal.Ustjogja.Ac.Id/Index.Php/Semnas2020/Article/View/7510.

Martha, N. And Situmorang, Y. (2018) ‘Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Teknik Guiding Questions’, Journal Of Education Action Research, 2(2), Pp. 165–171. Available At: Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jear/Index. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12190

Nasution, D., Harahap, S., Siregar, S., & Hasibuan, A. (2021) ‘Pendampingan Bahasa Inggris Pada Anak- Anak Setingkat Sekolah Dasar Di Desa Wisata Pagaran Gala- Gala, Mandailing Natal- Sumut, Dalam Mengahadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Melalui Metode Drilling Dan Repetition’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 63-72. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/573. DOI: https://doi.org/10.47492/eamal.v1i2.573

Nurkholis (2013) ‘Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah Stain Purwokerto’, 1(1), Pp. 24–44. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Puspitasari, E. H. And Rustono, H. B. (2014) ‘Peningkatan Keterampilan Menulis Kembali Dengan Bahasa Sendiri Melalui Media Film Dongeng’, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), Pp. 1–8.

Santosa, P. P. P. (2017) ‘Kemampuan Membaca Teks Persuasif Bahasa Inggris Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Depok (The Ability To Read Text United Kingdom Language Grade Persuasive X Smk Negeri 2)’, Deiksis, 09(02), Pp. 170–181. DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1823

Sismulyasih Sb, N. S. S. (2015) ‘Peningkatan Keterampilan Menulis Manuskrip Jurnal Ilmiah Menggunakan Strategi Synergetic Teaching Pada Mahasiswa Pgsd Unnes’, Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), P. 64. Doi: 10.33578/Jpfkip.V4i1.2724. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v4i1.2724

Downloads

Published

2021-08-27

How to Cite

Tosi, J., Adji, A. K., & Budasi, I. G. (2021). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Teks Deskriptif Menggunakan Flashcards. Indonesian Gender and Society Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/igsj.v1i1.38983

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)