Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Teks Deskriptif Menggunakan Flashcards
DOI:
https://doi.org/10.23887/igsj.v1i1.38983Keywords:
Menulis, Deskripsi, Gambar BerseriAbstract
Keterampilan menulis teks deskriptif yaitu suatu kemampuan untuk membuat tulisan yang mendeskripsikan suatu objek dan keadaan yang sebenarnya secara baik dan jelas. Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa peserta didik yang telah mencapai KKM (Ketuntasan Kriteria Minimal) hanya 31,25 % atau 10 dari 32 siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan peserta didik menulis teks deskriptif menggunakan flashcards. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA11 Semester II, SMP Negeri 1 Singaraja. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran siklus I dan siklus II mencapai 100%. Siswa mengalami peningkatan ketuntasan belajar, yaitu 70,96% pada siklus I meningkat menjadi 93,54% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan flashcards atau gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskriptif peserta didik.
References
Arsyad, A. (2016) ‘Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016 | 29’, Jurnal Dimensi Penididikan Dan Pembelajaran, 5, Pp. 29–37.
Faridatuunnisa, I. (2020) ‘Kebijakan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Sd Di Indonesia.’, Seminar Nasional Pendidikan, Pp. 191–199. Available At: Https://Jurnal.Ustjogja.Ac.Id/Index.Php/Semnas2020/Article/View/7510.
Martha, N. And Situmorang, Y. (2018) ‘Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Teknik Guiding Questions’, Journal Of Education Action Research, 2(2), Pp. 165–171. Available At: Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jear/Index. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12190
Nasution, D., Harahap, S., Siregar, S., & Hasibuan, A. (2021) ‘Pendampingan Bahasa Inggris Pada Anak- Anak Setingkat Sekolah Dasar Di Desa Wisata Pagaran Gala- Gala, Mandailing Natal- Sumut, Dalam Mengahadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Melalui Metode Drilling Dan Repetition’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 63-72. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/573. DOI: https://doi.org/10.47492/eamal.v1i2.573
Nurkholis (2013) ‘Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah Stain Purwokerto’, 1(1), Pp. 24–44. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Puspitasari, E. H. And Rustono, H. B. (2014) ‘Peningkatan Keterampilan Menulis Kembali Dengan Bahasa Sendiri Melalui Media Film Dongeng’, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), Pp. 1–8.
Santosa, P. P. P. (2017) ‘Kemampuan Membaca Teks Persuasif Bahasa Inggris Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Depok (The Ability To Read Text United Kingdom Language Grade Persuasive X Smk Negeri 2)’, Deiksis, 09(02), Pp. 170–181. DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1823
Sismulyasih Sb, N. S. S. (2015) ‘Peningkatan Keterampilan Menulis Manuskrip Jurnal Ilmiah Menggunakan Strategi Synergetic Teaching Pada Mahasiswa Pgsd Unnes’, Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), P. 64. Doi: 10.33578/Jpfkip.V4i1.2724. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v4i1.2724
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.