Peningkatan Prestasi Belajar IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments Berbantuan Media Teka-Teki Silang
DOI:
https://doi.org/10.23887/igsj.v1i1.38987Keywords:
Teams Games Tournament, TTS, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) menggunakan media Teka-Teki Silang (TTS) dalam pembelajaran IPA tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VC semester II sebanyak 32 siswa. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan setiap akhir siklus. Pengumpulan data menggunakan tes obyektif bentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang sudah ditentukan sebelumnya. Hasil penelitian prestasi belajar siswa, pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 37%, pada siklus II ketuntasan klasikal sebesar 75%, dan pada siklus III ketuntasan klasikal prestasi belajar siswa sebesar 98,9%. Ketuntasan klasikal prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 38% dan 23,9%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Teams Games Tournaments berbantuan media teka-teki silang dapat meningkatkan prestasi belajar IPA tema Lingkungan Sahabat Kita pada siswa kelas V SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun ajaran 2018/2019.
References
Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
_______. 2011. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astrissi. 2014. Efektifitas Model Pembelajaran Teams Games Tournamen (TGT) disertai Media Teka-Teki SIlang Terhadap Prestasi Belajar pada Materi Minyak Bumi Kelas X SMAN 3 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 3 No.2
Ekocin. 2011. Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT). (Online) http://ekocin.wordpress.com/2011/06/17model-pembelajaran-teams-games-tournaments-tgt-2/ (diakses 10 Desember 2018).
Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Haris, A., & Abadi, A. M. 2013. Keefektifan Pembelajaran Koopertaif Tipe TGT dan GI Ditinjau dari Ketercapaian Standar Kompetensi Sikap, Minat Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8 No 2, hlm 112.
Khailullah, M. 2012. Permainan Teka-Teki Silang Sebagai Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat). Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 37 No.1 hlm 24.
Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Mulyasa, E. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pramesti, Utami Dewi. 2015. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Membaca melalui Teka-Teki Silang. Jurnal Puitika, Vol. 11 No.1 hlm 86. DOI: https://doi.org/10.25077/puitika.11.1.82--93.2015
Purnamasari Y. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Koopertaif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemandirian Belajar dan Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematika Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol. 1 No.1. DOI: https://doi.org/10.25157/j-kip.v1i2.4398
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutirman. 2013. Media & Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.