Implementasi Supervisi Pendidikan Disekolah SMP Negeri 2 Binjai
DOI:
https://doi.org/10.23887/igsj.v3i1.48160Keywords:
Supervisi Pendidikan, SupervisorAbstract
Supervisi pendidikan didefinisikan sebagai proses pemberian layanan bantuan profesional kepada guru untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas-tugas pengelolaan proses pembelajaran secara efektif dan efisien. Supervisi juga diartikan sebagai pandangan dari orang yang lebih ahi kepada orang yang memiliki keahlian di bawahnya. Istilah supervise adalah seorang yang professional ketika menjalankan tugasnya. Tujuan pengawasan pendidikan adalah menilai dan memperbaiki faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran dan meningkatkan mutu pembelajaran sehingga menciptakan lulusan yang baik dalam kualitas dan kuantitas. Tujuan dari supervisi pendidikan adalah usaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan cara memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru di kelas sehingga membantu guru mengembangkan profesi, pribadi dan membantu kepala sekolah menyesuaikan program pendidikan yang sesuai dengan kondisi masyarakat. Implementasi yang terjadi dilapangan supervisi ini masih sering menemui kendala pengadaan calon supervisor yang kurang dirasa tepat, kreativitas dari seorang supervisor yang masih dikatakan rendah, serta fasilitas yang menjadi pendukung pembelajaran yang tidak merata.
References
Adnyana, K. S., and G. N. A. Yudaparmita. 2022. “Pengaruh Implementasi Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar IPS Di SD Kecamatan Sukasada.” Jurnal Pendidikan Dasar 3(1): 1–8. DOI: https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2300
Amaliyah, S. 2021. “Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1): 1766–70. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1171.
Anwar, A. S. 2020. “Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan MTs Negeri 1 Serang.” Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 2(1): 147–73. DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79
Arifin, J. 2022. “Implementasi Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Kompetensi Profesional Guru.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(9): 3850–57. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.918
Astuti, S. 2017. “Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di SD Laboratorium UKSW.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 7(1): 49–59. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p49-59
Baharun, H. 2017. “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah.” Jurnal Ilmu Tarbiyah 6(1): 1–26. https://ejournal.isimupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/38.
Damanik, R. 2019. “Pengaruh Supervisi Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 8(1). DOI: https://doi.org/10.37755/jsap.v8i1.206
Dirgantoro, A. 2016. “Peran Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Bangsa Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).” Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan 2(1). DOI: https://doi.org/10.33541/shanan.v1i1.1466
Fadila, R. N. et al. 2020. “Efektivitas Pengelolaan Sumber Daya Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 8(1): 81–88. DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.28997
Fahmi, A. et al. 2022. “Impementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Ibtidaiyah Swasta Aisyiyah Wil. SUMUT.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(3): 1535–39.
Fathurrahman, F. 2018. “Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Melalui Supervisi Pengajaran Kepala Sekolah.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 7(1): 25–36. DOI: https://doi.org/10.30736/rfma.v7i1.38
Hasibuan, N. I. 2022. “Penerapan Supervisi Klinis Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Pada Kegiatan Belajar Mengajar Melalui Model Role Playing Di SMA Negeri 1 Percut Sei TuanPenerapan Supervisi Klinis Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Pada Kegiatan .” Journal of Education and Social Analysis: 40–47.
Hermanto, B. 2020. “Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.” Foundasia 11(2). DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933
Hilal Mahmud, M. M. 2015. Administrasi Pendidikan (Menuju Sekolah Efektif).
Husaini, H., and H. Fitria. 2019. “Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan 4(1): 43–54. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2474
Kurniati, K. 2020. “Pendekatan Supervisi Pendidikan.” Idaarah 4(1): 52–59. https://www.neliti.com/publications/337949/pendekatan-supervisi-pendidikan. DOI: https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.7894
Lazwardi, D. 2016. “Implementasi Supervisi Pendidikan Di Sekolah/Madrasah.” Jurnal Kependidikan Islam 6(1). DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v6i1.794
Messi, M., and E. Harapan. 2017. “Menanamkan Nilai Nilai Kejujuran Di Dalam Kegiatan Madrasah Berasrama (Boarding School).” Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan 2(2): 278–89. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1476
Messi, M., W. A. Sari, and M. Murniyati. 2018. “Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru.” Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan 3(1): 114–25. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i1.1583
Morelent, Y. 2015. “Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi.” Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1(2): 141–52. DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234
Mubarok, M. H., M. Asy’ari, and A. Andri. 2023. “Kinerja Pengawas Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMA Negeri 1 Pacet.” Journal of Educational Research and Humaniora: 32–41. DOI: https://doi.org/10.51178/jerh.v1i1.1318
Mujiburrahman, M. et al. 2021. “Pentingnya Pendidikan Bagi Remaja Sebagai Upaya Pencegahan Pernikahan Dini.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1): 36–41. DOI: https://doi.org/10.51878/community.v1i1.422
Mustaqim, A. 2017. “Pendidikan Humanisme Ki Hajar Dewantara:(Tinjauan Dari Sudut Pandang Pendidikan Islam).” Tafhim Al-’Ilm 9(2). http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/tafhim/article/view/2985. DOI: https://doi.org/10.37459/tafhim.v9i2.2985
Novianti, H. 2015. “Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana 9(2). DOI: https://doi.org/10.24127/poace.v2i1.1401
Nugraha, M. S. 2014. “Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Madrasah Aliyah Swasta Di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.” Jurnal Pendidikan Islam 9(1): 39–68. DOI: https://doi.org/10.21580/nw.2015.9.1.520
Primayana, K. H. 2020. “Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0.” Seminar Nasional Dharma Acarya 1(3): 321–28. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/dharmaacarya/article/view/428.
Pristiwanti, D., B. Badariah, S. Hidayat, and R. S Dewi. 2022. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(6): 7911–15.
Ritonga, F. D. L., R. A. D. Siregar, and N. H Siregar. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Xi Sma Negeri 2 Padangsidimpuan.” Jurnal Edugenesisi 4(2): 27–32. https://journal.spada.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/2808.
Sari, S. I., A. L. Ngaba, E. M. Lalupanda, and A. G. P. Aji. 2017. “Pengendalian Dan Penjaminan Mutu Pengajaran Melalui Supervisi Klinis.” Satya Widya 33(1): 1–10. DOI: https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p1-10
Sarifudin, S. 2019. “Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Kota Bogor.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2(1): 49–70. DOI: https://doi.org/10.30868/im.v2i01.374
Sugiarta, I. M., I. B. P. Mardana, and A. Adiarta. 2019. “Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur).” Jurnal Filsafat Indonesia 2(3): 124–36. DOI: https://doi.org/10.23887/jfi.v2i3.22187
Suryani, C. 2015. “Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di MIN Sukadamai Kota Banda Aceh.” Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran 16(1): 23–42. DOI: https://doi.org/10.22373/jid.v16i1.585
Susiloningsih, W. 2016. “Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada Matakuliah Konsep IPS Dasar.” Jurnal Pendidikan 5(1): 57–66. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89
Tanjung, R., H. Hanafiah, O. Arifudin, and D. Mulyadi. 2021. “Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(4): 291–96. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272
Wahyudi, E. 2022. Implementasi Supervisi Pendidikan Islam Di Era Disrupsi.
Yusdiana, B. I., and W. Hidayat. 2018. “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA Pada Materi Limit Fungsi.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 1(3): 409–14. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414
Zulfikar, Y., and S. Ibrahim. 2017. “Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SD Negeri 2 Calang Kabupaten Aceh Jaya.” Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah 5(3). https://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/9354.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.