Peran Guru Penggerak dalam Komunitas Belajar di Sekolah

Authors

  • Reksa Adya Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia
  • Khoerunisa Abdurahman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia
  • Kiki Rizqyatul Ummah -

Keywords:

Pendidikan, Guru Penggerak, Komunitas Belajar

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar mengharuskan para guru untuk mengambil peran penting dalam mendorong perubahan dengan mengubah pola pikir dan meningkatkan keterampilan mereka agar sesuai dengan tuntutan kurikulum yang baru. Guru penggerak menjadi salah satu terobosan baru yang dibuat untuk memajukan sektor pendidikan di Indonesia berdasarkan arahan Menteri Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran apa itu guru penggerak serta menganalisis peran guru penggerak dalam komunitas belajar di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian yaitu guru penggerak dalam komunitas belajar. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara serta observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru penggerak berperan penting dalam menggerakkan guru-guru lainnya untuk menciptakan kualitas pembelajaran yang lebih baik. Guru penggerak dapat menggerakkan komunitas-komunitas belajar dan memberikan contoh yang baik kepada guru-guru lainnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai guru penggerak serta perannya dalam komunitas belajar di sekolah.

Published

2023-06-22

How to Cite

Pribadi, R. A., Abdurahman, K. ., & Kiki Rizqyatul Ummah. (2023). Peran Guru Penggerak dalam Komunitas Belajar di Sekolah. Indonesian Gender and Society Journal, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/IGSJ/article/view/63805

Issue

Section

Articles