ANALISIS NILAI KARAKTER PADA LAGU ANAK KARYA IBU SUD
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16370Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini karena banyaknya berita mengenai tindakan kekerasan, pertengkaran, dan penggunaan obat-obatan terlarang, yang dilakukan oleh anak-anak membuat kualitas pendidikan semakin menurun. Permasalahan yang terjadi di kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara, pendidikan karakter dipandang sebagai alternatif jalan keluar atau solusi. Pendidikan karakter dapat diberikan melalui karya sastra. Lagu-lagu yang dipandang baik untuk dikonsumsi anak-anak adalah lagu-lagu yang mengandung nilai pendidikan. Salah satunya adalah lagu anak-anak karya Ibu Sud. Dalam lagu ciptaan Ibu Sud terdapat nilai karakter yang terkandung dalam setiap bait dan lirik lagunya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai karakter yang terdapat pada lagu anak karya Ibu Sud..
Kata-kata kunci : Nilai karakter, Lagu Anak, Ibu Sud
References
Alsa, Asmadi. 2004. Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif Serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi. Yogjakarta : Pustaka Pelajar.
Balitbang Puskur. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemdiknas Balitbang Puskur.
Brannen, Julia. 2002. Memadu Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Gunawan, Iwan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif : Teori & Praktik. Jakarta : Bumi Aksara.
Joyce, B & Weils, M. 2004. Models of Teaching. (Seventh Edition). Boston: Pearson Education, Inc.
Kuntowijoyo. 1987. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya.
Lickona, Thomas. 2012. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Lickona, Thomas. 2013. Educating for Character. Jakarta: Bmi Aksara.
Megawangi, Ratna. 2002. “Mampukah Kita Memperbaiki Moral Bangsa”, Suara Pembaruan, (10 Mei 2002)
Moleong Lexy J.2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy, J. 2010. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, H.E. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahayu. I. T, Tristiadi Ardi. A. 2004. Observasi dan Wawancara. Malang : Bayu Media.
Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU-MKDK UNNES.
Setjoatmodjo, Pranjoto. 1988. Bacaan Pilihan tentang Estetika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. 2011. Filsafat Ilmu (Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis). Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)