HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PERILAKU BULLYING SISWA

Authors

  • Nicolas Adi Wicaksana Universitas Kristen Satya Wacana, Jawa Tengah-Indonesia,
  • Setyorini Setyorini Universitas Kristen Satya Wacana, Jawa Tengah-Indonesia,

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.16388

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara komunikasi interpersonal dengan perilaku bullying pada Siswa Kelas XII RPL SMK  Negeri 1 Tengaran. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XII RPL yang berjumlah 90 siswa. Teknik pengambilan subjek menggunakan total sampling . Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengadaptasi dari Nunung (2009) berdasarkan teori Olweus,1993 (dalam SEJIWA, 2008) serta skala komunikasi Interpersonal yang diadaptasi berdasarkan teori DeVito (2011). Teknik analisis data yang digunakan adalah Kendall’s tau b dengan bantuan program SPSS for Window Release 20.0. Hasil analisis korelasi menunjukan bahwa antara komunikasi interpersonal dengan perilaku bullying terdapat hubungan yang negatif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rxy = -0,162* dan nilai p = 0,036 < 0,050.

 

 Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Perilaku Bullying.

References

Astuti, Ponny Retno. 2008. Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Menanggulangi Kekerasan Pada Anak. Jakarta: PT Grasindo.

Azwar, Saifudin .2015. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

____________ . 2015. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

DeVito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antarmanusia. Alih Bahasa:Maulana Agus.Tangerang Selatan:Karisma.

Effendy, Onong Uchjana. 1990. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gerorge, Mallery 1995. SPSS/PC,Step by step : A Simple Guide and Reference. Balmont: Wadsworth Publishing Company.

Hazeldan Foundation.2007. What is Bullying.Center City, MN: Hazeldan Publishing.

Hurlock, Elisabeth B. 1999. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kartinawati, Erwin. 2003. Menguak Obesesi Kehidupan Sopir Angkutan. Proposal Semiologi Komunikasi. Surakarta: Fisipol UNS.

Kurniawati, Nia Kania. 2014.Komunikasi Antarpribadi:Konsep dan Teori Dasar.Yogyakarta:Graha Ilmu.

Liliwery, A. 1999. Perspektif Teoritis Komunikasi Antar Pribadi. Bandung: Citra Aditya.

Megawati. 2016. Hubungan Komunikasi Keluarga dengan Perilaku Bullying pada Remaja. Naskah Publikasi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Yogyakarta. (di akses Rabu, 17 - Juli – 2018).

Narbuko Cholid dan Abu Achmadi. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Olweus dan Sohlberg.2003. Prevalence estimation of school bullying with the Olweus Bully/Victim Questionnaire. Aggressive Behavior, 29. (Online) Tersedia : http://www.episcenter.psu.edu/sites/default/files/Solberg%20%26%20Olweus%20%282003%29%20Prevalence%20Estimation%20of%20School%20Bullying.pdf. (diakses Rabu, 04- Juli-2018)

Olweus, D. 1993. Bullying at school: What we know and what we can do. Oxford: Blackwell Publishers.

Olweus, D. 2007. What is Bullying. (Online). Tersedia: http://www.bluesprings.scholls.net/olweusfact. (diakses Rabu, 04- Juli-2018)

Ormord, J. 2014. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Rakhmat, Jalaludin. 2001. Psikologi Komunikasi.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riauskina, Djuwita, dan Soesetio. 2005. ”Gencet-gencetan” di mata siswa/siswi kelas 1 SMA: Naskah kognitif tentang arti, skenario, dan dampak ”gencet-gencetan”. Jurnal Psikologi Sosial, 12 (01). 2007. Bullying Dalam Dunia Pendidikan. (Online). Tersedia : https://popsy.wordpress.com/2007/04/26/%e2%80%9cbullying%e2%80%9d-dalam-dunia-pendidikan-bagian-1/. (diakses Rabu, 04- Juli-2018)

Sarwono, Sarlito W. 1999. Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Sulistyorini, Henny. 2016. Hubungan Komunikasi Interpersonal Orangtua dengan Perilaku Bullying pada Remaja. Naskah Publikasi. Surakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta. (di akses Rabu, 04 - Juli – 2018).

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

_______. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumargi, A. & Kristi, A. 2017. Well-Being Orang Tua, Pengasuh Otoritas, dan Perilaku Bermasalah pada Remaja. Jurnal Psikologi Volume 44 Nomor 3:Desember 2017

Supraktiknya, A. 1995. Komunikasi Antar Pribadi. Yogyakarta : Kanisius.

Suyanto, Bagong. 2010. Masalah Sosial Anak.Jakarta: Kencana

Tubbs, Stewart, L. dan Moss, Sylvia. 2001. Human Comunication. Alih Bahasa: Mulyana, Dedy. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tagela, Umbu. 2013. Komunikasi Pengajaran. Salatiga:Widya Sari Press.

Tagela, Umbu dan Soemardjono. 2015. Komunikasi: Intrapribadi, Antarpribadi, Kelompok, Publik-Organisasi dan Masa. Salatiga:Widya Sari Press.

Windrawanto, Yustinus. 2014. Komunikasi Antar Pribadi(Teori dan Latihan). Salatiga: Widya Sari Press.

Yayasan Sejiwa. 2008. Bullying :Panduan bagi Orang Tua dan Guru mengatasi kekerasan di Sekolah dan Lingkungan.Jakarta:Grasindo.

Downloads

Published

2018-12-21

How to Cite

Wicaksana, N. A., & Setyorini, S. (2018). HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PERILAKU BULLYING SISWA. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(1). https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.16388

Issue

Section

Articles