HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PERILAKU BULLYING SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.16388Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara komunikasi interpersonal dengan perilaku bullying pada Siswa Kelas XII RPL SMK Negeri 1 Tengaran. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XII RPL yang berjumlah 90 siswa. Teknik pengambilan subjek menggunakan total sampling . Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengadaptasi dari Nunung (2009) berdasarkan teori Olweus,1993 (dalam SEJIWA, 2008) serta skala komunikasi Interpersonal yang diadaptasi berdasarkan teori DeVito (2011). Teknik analisis data yang digunakan adalah Kendall’s tau b dengan bantuan program SPSS for Window Release 20.0. Hasil analisis korelasi menunjukan bahwa antara komunikasi interpersonal dengan perilaku bullying terdapat hubungan yang negatif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rxy = -0,162* dan nilai p = 0,036 < 0,050.
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Perilaku Bullying.
References
Astuti, Ponny Retno. 2008. Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Menanggulangi Kekerasan Pada Anak. Jakarta: PT Grasindo.
Azwar, Saifudin .2015. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
____________ . 2015. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
DeVito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antarmanusia. Alih Bahasa:Maulana Agus.Tangerang Selatan:Karisma.
Effendy, Onong Uchjana. 1990. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Gerorge, Mallery 1995. SPSS/PC,Step by step : A Simple Guide and Reference. Balmont: Wadsworth Publishing Company.
Hazeldan Foundation.2007. What is Bullying.Center City, MN: Hazeldan Publishing.
Hurlock, Elisabeth B. 1999. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Kartinawati, Erwin. 2003. Menguak Obesesi Kehidupan Sopir Angkutan. Proposal Semiologi Komunikasi. Surakarta: Fisipol UNS.
Kurniawati, Nia Kania. 2014.Komunikasi Antarpribadi:Konsep dan Teori Dasar.Yogyakarta:Graha Ilmu.
Liliwery, A. 1999. Perspektif Teoritis Komunikasi Antar Pribadi. Bandung: Citra Aditya.
Megawati. 2016. Hubungan Komunikasi Keluarga dengan Perilaku Bullying pada Remaja. Naskah Publikasi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Yogyakarta. (di akses Rabu, 17 - Juli – 2018).
Narbuko Cholid dan Abu Achmadi. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Olweus dan Sohlberg.2003. Prevalence estimation of school bullying with the Olweus Bully/Victim Questionnaire. Aggressive Behavior, 29. (Online) Tersedia : http://www.episcenter.psu.edu/sites/default/files/Solberg%20%26%20Olweus%20%282003%29%20Prevalence%20Estimation%20of%20School%20Bullying.pdf. (diakses Rabu, 04- Juli-2018)
Olweus, D. 1993. Bullying at school: What we know and what we can do. Oxford: Blackwell Publishers.
Olweus, D. 2007. What is Bullying. (Online). Tersedia: http://www.bluesprings.scholls.net/olweusfact. (diakses Rabu, 04- Juli-2018)
Ormord, J. 2014. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Rakhmat, Jalaludin. 2001. Psikologi Komunikasi.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riauskina, Djuwita, dan Soesetio. 2005. ”Gencet-gencetan” di mata siswa/siswi kelas 1 SMA: Naskah kognitif tentang arti, skenario, dan dampak ”gencet-gencetan”. Jurnal Psikologi Sosial, 12 (01). 2007. Bullying Dalam Dunia Pendidikan. (Online). Tersedia : https://popsy.wordpress.com/2007/04/26/%e2%80%9cbullying%e2%80%9d-dalam-dunia-pendidikan-bagian-1/. (diakses Rabu, 04- Juli-2018)
Sarwono, Sarlito W. 1999. Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.
Sulistyorini, Henny. 2016. Hubungan Komunikasi Interpersonal Orangtua dengan Perilaku Bullying pada Remaja. Naskah Publikasi. Surakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta. (di akses Rabu, 04 - Juli – 2018).
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
_______. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumargi, A. & Kristi, A. 2017. Well-Being Orang Tua, Pengasuh Otoritas, dan Perilaku Bermasalah pada Remaja. Jurnal Psikologi Volume 44 Nomor 3:Desember 2017
Supraktiknya, A. 1995. Komunikasi Antar Pribadi. Yogyakarta : Kanisius.
Suyanto, Bagong. 2010. Masalah Sosial Anak.Jakarta: Kencana
Tubbs, Stewart, L. dan Moss, Sylvia. 2001. Human Comunication. Alih Bahasa: Mulyana, Dedy. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tagela, Umbu. 2013. Komunikasi Pengajaran. Salatiga:Widya Sari Press.
Tagela, Umbu dan Soemardjono. 2015. Komunikasi: Intrapribadi, Antarpribadi, Kelompok, Publik-Organisasi dan Masa. Salatiga:Widya Sari Press.
Windrawanto, Yustinus. 2014. Komunikasi Antar Pribadi(Teori dan Latihan). Salatiga: Widya Sari Press.
Yayasan Sejiwa. 2008. Bullying :Panduan bagi Orang Tua dan Guru mengatasi kekerasan di Sekolah dan Lingkungan.Jakarta:Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)