Kefektifan Model Student Teams Achivement Divison (STAD) Terhadap Keterampilan Berbicara
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17292Abstract
Keefektifan Model Student Teams Achivement Division (STAD) Terhadap keterampilan Berbicara Pada Kelas V SDN Kaliwiru Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Model Teams Achivement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Grup Pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan rata-rata skor pretest pada mencapai 53 dan posttest mencapai 81 Berdasarkan dari uji t pada diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 14.209 > 1,684. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa Model Student Teams Achievement Division (STAD) efektif terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri kaliwiru Semarang Tahun ajaran 2019.
Kata kunci: Keefektifan, Model pembelajaran Student Team Achievement (STAD), keterampilan berbicara
References
Adi, I N. S. M. & N. N. Padmadewi, N. M. Ratminingsih.2017.” The Effect Of Stad Upon Students With Different Level Of Self Esteem Toward Reading Comprehension Of Eleventh Grade Students Of Sman 1 Kediri Tabanan In The Academic Year 2013/2014”. International Journal of Language and Literature Vol 1, No 3 (2017).
Adrian Yudha, S Degeng I Nyoman, Utaya Sugeng. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Stad Terhadap Retensi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Bandung: Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 2 Bulan Februari Tahun 2016.
Arsjad, G Maidar. 1988. Pembinaan kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Darsono, Max, Nugroho DKK. 2001. Belajar Dan Pembelajaran. Semarang: CV IKIP SEMARANG PRES.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.
Indrawati, Ni Luh Gede Eka. 2017. ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD No. 1 Sading Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017”. Journal of Education Action Research Vol 1, No 2 (2017): August 2017.
Jayano,Dw. Md. R. Dwi & I Gst. Ngr. Japa I Md. Tegeh.2013.” Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Bermuatan Catur Pramana Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sdn 1 Sangsit”. MIMBAR PGSD Undiksha Vol 1, No 1 (2013).
Kelas IV Sekolah Dasar Nomor 3 Legian – Badung.
Kusdaryani wiwik & Suharto Agus. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Fip IKIP PGRI Semarang.
N. Puspawati, W. Lasmawan, N. Dantes. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Minat dan Prestasi Belajar IPS pada Siswa
Nara, Hartini & Siregar Eveline. 2010. Teori Dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ngalimun. 2016. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Ni Made Sunilawati, Nyoman Dantes, I Made Candiasa. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD
Putra. 2013. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus Ubud”. Univesitas Pendidikan Ganesha, Volume 1.
Rahmayunita, husnahusna. (2016). Keefektifan Model STAD dengan Media video Klip dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Kelas X SMA. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1.5.8
Sabda ningtyas, Lilik, and lolianaloliana. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pedagogi, 8(2).
Sisdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003. Semarang: Koordinator MPK-PKn IKIP PGRI Semarang.
Sudana, I Putu Ari & I Gede Astra Wesnawa.2017.” Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2017): Februari 2017.
Sudjana, Nana & Ahmad Rival. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2016. Mtode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperativ learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Guntur. 1979. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Wahyuni. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Interaksi Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD”. Univesitas Pendidikan Ganesha, Volume 2.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)