Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA

Authors

  • Putri Fitriati Nurjannah PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17295

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA Kelas III SDN Kedungrejo 02 Tunjungan Blora. Menggunakan metode Pre-Eksperimental Design model One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil posttest keatktifan memiliki rata-rata lebih tinggi yaitu 79,45 serta pretest 71,80. Berdasarkan perhitungan hipotesis menggunakan uji t didapatkan   12,296 dengan  2,06 disimpulkan thitung>ttabel H0 ditolak. Sedangkan analisis data hasil belajar siswa diperoleh rata-rata pretest sebesar 37,60 dan posttest 77,40. Data tersebut didukung oleh analisis uji-t didapatkan thitung 36,232 dengan  2,06 disimpulkan thitung>ttabel H0 ditolak Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran think pair share terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA kelas III.

 

Kata kunci : Think Pair Share, Hasil belajar

References

Adi Cahya Saputra, Wahyu. Penerapan Model Pembelajaran TPS untuk meningkatkan Minat belajar IPA Materi benda dan sifatnya siswa kelas IV SDN Sambirejo 148 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.

Al-Tabany, Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual, Jakarta : Prenadamedia Group.

Ariantini, Afri, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Melaya Tahun Pelajaran 2016/2017, e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 Tahun: 2017.

Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan, Bandung : Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.

Darsono, M. 2000. Belajar Pembelajaran, Semarang : IKIP Semarang Press.

Hadi, Sutrisno. 2015. Statistik, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar, Bandung : Pustaka Setia.

Hariyono. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Melalui Media Flash Movie Siswa Kelas IV SD Negeri Karangrejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25454

Naimah, Alfiati, and Utami Widiati. “Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD”. Jurnal Pendidikan Prasekolah. 1.1 (2017).

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta : Rajawali Pers.

Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta : Rineka Cipta.

Soegeng, AY. 2016. Dasar-dasar Penelitian, Yogyakarta : Magnum Pustaka Utama.

Soegeng, AY. 2017. Filsafat Pendidikan, Yogyakarta : Magnum Pustaka Utama.

Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & R&D, Bandung : Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2016. Model-model Pembelajaran Emansipatoris, Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta : Fajar Interpratama Mandiri.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP), Jakarta : PT Bumi Aksara.

Winantara, Daniel, & Jayanta, Laba. 2017. Penerapan Model Pembelajaran TPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No 1 Mengwitani, jurnal ilmiah sekolah dasar, Vol.1 (1) pp.9-19.

Downloads

How to Cite

Fitriati Nurjannah, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(1). https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17295

Issue

Section

Articles