Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17295Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA Kelas III SDN Kedungrejo 02 Tunjungan Blora. Menggunakan metode Pre-Eksperimental Design model One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil posttest keatktifan memiliki rata-rata lebih tinggi yaitu 79,45 serta pretest 71,80. Berdasarkan perhitungan hipotesis menggunakan uji t didapatkan 12,296 dengan 2,06 disimpulkan thitung>ttabel H0 ditolak. Sedangkan analisis data hasil belajar siswa diperoleh rata-rata pretest sebesar 37,60 dan posttest 77,40. Data tersebut didukung oleh analisis uji-t didapatkan thitung 36,232 dengan 2,06 disimpulkan thitung>ttabel H0 ditolak Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran think pair share terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA kelas III.
Kata kunci : Think Pair Share, Hasil belajar
References
Adi Cahya Saputra, Wahyu. Penerapan Model Pembelajaran TPS untuk meningkatkan Minat belajar IPA Materi benda dan sifatnya siswa kelas IV SDN Sambirejo 148 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.
Al-Tabany, Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual, Jakarta : Prenadamedia Group.
Ariantini, Afri, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Melaya Tahun Pelajaran 2016/2017, e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 Tahun: 2017.
Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan, Bandung : Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.
Darsono, M. 2000. Belajar Pembelajaran, Semarang : IKIP Semarang Press.
Hadi, Sutrisno. 2015. Statistik, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar, Bandung : Pustaka Setia.
Hariyono. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Melalui Media Flash Movie Siswa Kelas IV SD Negeri Karangrejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25454
Naimah, Alfiati, and Utami Widiati. “Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD”. Jurnal Pendidikan Prasekolah. 1.1 (2017).
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta : Rajawali Pers.
Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta : Rineka Cipta.
Soegeng, AY. 2016. Dasar-dasar Penelitian, Yogyakarta : Magnum Pustaka Utama.
Soegeng, AY. 2017. Filsafat Pendidikan, Yogyakarta : Magnum Pustaka Utama.
Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & R&D, Bandung : Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2016. Model-model Pembelajaran Emansipatoris, Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta : Fajar Interpratama Mandiri.
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP), Jakarta : PT Bumi Aksara.
Winantara, Daniel, & Jayanta, Laba. 2017. Penerapan Model Pembelajaran TPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No 1 Mengwitani, jurnal ilmiah sekolah dasar, Vol.1 (1) pp.9-19.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)