PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS APLIKASI ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21013Keywords:
e-modul, Pendidikan Kewarganegaraan, AndroidAbstract
Pemilihan media yang tepat tentu sangat berpengaruh terhadap berhasil tidaknya sebuah proses belajar mengajar. Modul sebagai salah satu media pembelajaran juga harus menyesuaikan, salah satu caranya dengan menggunakan modul elektronik (e-module). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengembangan produk modul pembelajaran elektronik (e-modul) berbasis android untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, (2) kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan dari penggunaan produk modul pembelajaran elektronik (e-modul) berbasis android untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, (3) keefektifan penggunaan modul pembelajaran elektronik (e-modul) berbasis android untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Subjek uji coba produk penelitian pengembangan ini terdiri atas ahli desain, ahli isi/materi pembelajaran, uji satu lawan satu (one for one) dan uji kelompok kecil. Metode penelitian yang digunakan, yaitu Research and Development atau penelitian pengembangan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah, (1) Kualitas e-Modul Pendidikan Kewarganegaraan sebagai sumber belajar terkategori layak digunakan karena secara komponen baik media, materi dan proses pembelajaran mendapatkan skor masing-masing 67,00, 150,00 dan 88,20 yang terkategori sangat layak, (2) Kelayakan e-Modul Pendidikan Kewarganegaraan sebagai sumber belajar terkategori layak digunakan. Hal ini karena secara komponen baik, tampilan, pengoperasian, dan pewarnaan mendapatkan nilai masing-masing 63,33%, 63,33% dan 86,63% yang jika direrata terkategori layak digunakanReferences
Arsyad. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Bambang Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran : Landasan dan Aplikasinya. Jakarta : PT Rineka Cipta
Depdiknas. 2004. Pedoman Khusus Penyusunan Modul Sekolah Menengah Atas. Direktorat Pendidikan Menengah Umum: Depdiknas.
--------------. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan. Ditjen PMPTK: Depdiknas.
--------------. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
--------------. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan. Ditjen PMPTK : Depdiknas.
Sugianto, et all. 2013. Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Jurnal INVOTEC, Volume IX, No. 2, Agustus 2013: 101-16.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)