PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VI
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21812Abstract
Perolehan data awal sebagai hasil observasi yang dilakukan ditemukan kenyataan bahwa prestasi belajar PKn siswa kelas VI di semester I tahun pelajaran 2017/2018 baru mencapai nilai rata-rata 59,23. Hasil tersebut masih sangat jauh dari ketetapan standar minimal pencapaian mutu pendidikan dengan KKM 75 yang ditetapkan di SD Negeri 2 Kukuh Kerambitan. Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VI tahun pelajaran 2017/2018 setelah implementasi model pembelajaran Kuantum dalam proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 13 subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 59,23 meningkat menjadi 73,54 pada siklus I dan meningkat menjadi 81,31 pada siklus II dengan ketuntasan belajar kegiatan awal 62% pada siklus I meningkat menjadi 69% dan pada siklus II meningkat menjadi 92%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penggunaan model pembelajaran Kuantum sebagai upaya dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa kelas VII SD Negeri 2 Kukuh Kerambitan Tahun Pelajaran 2017/2018.References
Agung, Anak Agung Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Keilmuan Negeri Singaraja.
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
DePorter, Bobbi dkk. 2000. Quantum Teaching : Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung : Kaifa.
-------, 2004. Quantum Learning: Membiaasakan Belajar Nyaman & Menyenangkan. Bandung: PT.
Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Dimyati dan Mudjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.
Nurkancana, Sunartana. 2001. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Slamet, PH. 2003. MBS, Life Skill, KBK, CTL dan Saling Keterkaitannya.Makalah yang Disampaikan pada Semiloka DBEP di NTB dan Bali.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukmadinata, Nana. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.
Tim Penyusun, 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)