PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKn
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24490Keywords:
Problem Based Instruction, dan Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar PPKn siswa Kelas X MIPA.2 SMA Negeri 1 Mendoyo Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA.2 sebanyak 35 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Dipilihnya siswa Kelas X MIPA.2 tersebut yaitu karena dari hasil pengamatan awal ditemukan adanya kelemahan prestasi belajar pada siswa tersebut dan peneliti adalah guru mata pelajaran di kelas tersebut yang merasa berkewajiban memperbaiki prestasi belajar siswa melalui perbaikan model pembelajaran. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 4(empat) tahap, yaitu: 1). Perencanaan Tindakan, 2). Pelaksanaan Tindakan, 3). Pengamatan/Observasi, dan 4) Refleksi. Data yang diamati selama proses tindakan adalah prestasi belajar siswa yang dicerminkan dari hasil tes dicapai oleh siswa. Setelah data terkumpul dianalisis dengan mencari rerata dan prosentase ketuntasan dengan mengacu pada indikator keberhasilan, dengan metode statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh selama proses tindakan, yaitu: 1). Dengan penerapan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIPA.2 SMA Negeri 1 Mendoyo Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan rata-rata 75,49 pada Pra Siklus, menjadi 78,03 pada Siklus I, dan meningkat menjadi 82,86 pada Siklus II, dan 2).Dengan penerapan model Pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIPA.2 SMA Negeri 1 Mendoyo Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan ketuntasan 62,86% pada Pra Siklus, menjadi 82,86% pada Siklus I, dan meningkat menjadi 94,29% pada Siklus II. Jadi berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulksn bahwa: ”Peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran PPKn dapat dilakukan secara signifikan dengan penerapan model problem based instruction (PBI).
References
Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.
Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.Surabaya: Usaha Nasional.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar.Bandung: Sinar Baru.
Joyce, B. And Weil. 2000. Model of Teaching. Needham Heights: Allyn & Bacon
Mulyasa, E. 2002.Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi, PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Nana Sudjana. 2000. http//www.scribd.com/doc/9037208/
Oemar Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.
Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru.Jakarta: Rajawali Pers.
Slamet. 2000. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto, 2007.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)