PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKn

Authors

  • I Ketut Kalih SMA Negeri 1 Mendoyo

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24490

Keywords:

Problem Based Instruction, dan Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar PPKn siswa Kelas X MIPA.2 SMA Negeri 1 Mendoyo Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA.2 sebanyak 35 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Dipilihnya siswa Kelas X MIPA.2 tersebut yaitu karena dari hasil pengamatan awal ditemukan adanya kelemahan prestasi belajar pada siswa tersebut dan peneliti adalah guru mata pelajaran di kelas tersebut yang merasa berkewajiban memperbaiki prestasi belajar siswa melalui perbaikan model pembelajaran. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 4(empat) tahap, yaitu: 1). Perencanaan Tindakan, 2). Pelaksanaan Tindakan, 3). Pengamatan/Observasi, dan 4) Refleksi. Data yang diamati selama proses tindakan adalah prestasi belajar siswa yang dicerminkan dari hasil tes dicapai oleh siswa. Setelah data terkumpul dianalisis dengan mencari rerata dan prosentase ketuntasan dengan mengacu pada indikator keberhasilan, dengan metode statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh selama proses tindakan, yaitu: 1). Dengan penerapan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIPA.2 SMA Negeri 1 Mendoyo Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan rata-rata 75,49 pada Pra Siklus, menjadi 78,03 pada Siklus I, dan meningkat menjadi 82,86 pada Siklus II, dan 2).Dengan penerapan model Pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIPA.2 SMA Negeri 1 Mendoyo Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan ketuntasan 62,86% pada Pra Siklus, menjadi 82,86% pada Siklus I, dan meningkat menjadi 94,29% pada Siklus II. Jadi berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulksn bahwa: ”Peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran PPKn dapat dilakukan secara signifikan dengan penerapan model problem based instruction (PBI).

 

References

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar.Bandung: Sinar Baru.

Joyce, B. And Weil. 2000. Model of Teaching. Needham Heights: Allyn & Bacon

Mulyasa, E. 2002.Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi, PT Remaja Rosdakarya, 2002.

Nana Sudjana. 2000. http//www.scribd.com/doc/9037208/

Oemar Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.

Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru.Jakarta: Rajawali Pers.

Slamet. 2000. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto, 2007.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Downloads

Published

2020-04-20

How to Cite

Kalih, I. K. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKn. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1), 40–46. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24490

Issue

Section

Articles