IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24491Keywords:
Strategi Komunikasi Guru(SKG), Aktivitas Belajar, dan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan; 1). Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas XII IPS.1 SMA Negeri 1 Mendoyo setelah diterapkan Implementasi Strategi Komunikasi Guru pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Inggris, dan 2).Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan Implementasi Stragtegi Komunikasi Guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas XII IPS.1 SMA Negeri 1 Mendoyo. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPS.1 SMA Negeri 1 Mendoyo sebanyak 31 orang yang terdiri dari 22 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan dalam 4(empat) tahap, yaitu: 1) Perencanaan Tindakan, 2). Pelaksanaan Tindakan, 3). Pengamatan/Observasi, dan 4) Refleksi. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar melalui lembar observasi dan hasil belajarnya melalui tes. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan metode statistik deskriptif dengan menghitung rerata dan prosentase ketuntasan dengan mengacu pada pedoman indikator keberhasilan dalam pembelajaran. Hasil penelitian dan obeservasi, serta analisis data yang telah maka diperoleh bahwa:1). Melalui Implementasi Strategi Komunikasi Guru (SKG) dalam pembelajaran Bahasa Inggris siswa kelas XII IPS.1 Semester 1 SMA Negeri 1 Mendoyo ternyata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, 2).Peningkatan aktivitas dapat terlihat dari nilai rata-rata pra siklus sebesar 56,3 %, di siklus I sebesar 78,5% dan siklus II sebesar 96,8%. Sedangkan peningkatan aktivitas kinerja kelompok pra siklus ke siklus I meningkat rata-rata 15,56 % dan siklus I ke siklus II meningkat 20,20 % dengan rata-rata pada siklus II kinerja kelompok sudah dikatakan baik karena mencapai rata-rata 89,25, dan 3). Analisis hasil belajar siswa diperoleh melalui hasil evaluasi setelah dilaksanakan tindakan yang dilakukan setiap siklus. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari jumlah siswa yang tuntas belajar pada pra siklus 61,3%, siklus I sebesar 83,9%, dan siklus II siswa yang tuntas mencapai 96,8%. Jadi berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa: “ Implementasi Strategi Komunikasi Guru ternyata dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XII IPS.1 semester 1 secara signifikan.
References
Buchari Alma. 2008. Guru Profesional (Menguasai Metode dan Trampil). Bandung: Alfabeta.
Brent D.Lea P Stewart. 2013. Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: Rajawali Press.
C.A. Peursen.1991. Orientasi di Alam Filsafat. Jakarta: Gramedia.
Dedy Mulyana.2014. Ilmu Komunikasi. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Hafied Cangara. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi.Jakarta: Raja Grafindo.
Jalaludin Rakhmad. 2013. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ngainum Naim. 2009. Menjadi Guru yang Inspiratif: Memberdayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Onong Uchajana Effendy. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.Bandung:Rosdakarya.
Rusman. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafinda.
Suharsimi, Arikunto. 1989. Dasar-dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit: Insan Cendekia ISBN: 979 9048 33 4.
Supardi, 2005. Pengembangan Profesi dan Ruang Lingkup Karya Ilmiah. Jakarta: Depdiknas.
Teori Komunikasi dalam http://www.Komunikasi Praktis .com. (diakses 9 Nopember 2017), pukul 21.57.
Wina Sanjaya.2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Werner J. Severin. 2005. Teori Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Http://gatot-uniwa.blogspot.com/2012/02/model-komunikasi-dalam pendidikan.html, diakses 29 September 2017 pukul 10.18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)