Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • I Wayan Suadnyana Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • DB. Kt. Ngr. Semara Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24870

Keywords:

CLIS, lingkungan, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Children’s Learning In Sciense (CLIS) berbantuan media lingkungan dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan kelompok non-ekuivalen. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara 2018/2019 yang berjumlah 464 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan teknik random sampling dengan pengacakan kelas yang sudah ada, kemudian dilakukan pengudian untuk penentuan kelompok eksperimen dan kontrol sehingga kelas IVB SD Negeri 4 Ubung yang berjumlah 40 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB SD Negeri 5 Ubung yang berjumlah 35 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes objektif pilihan ganda biasa sebanyak 25 soal yang sudah divalidasi. Nilai gain score dinormalisasi dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai thitung = 2,558 >ttabel (ɑ=0,05, dk=73) = 2,000 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sesuai dengan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarakan menggunakan model pembelajaran CLIS berbantuan media lingkungan dan kelompok siswa yang dibelajarakan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara 2018/2019. Untuk peneliti yang memiliki kesamaan variabel, hasil penelitian ini dapat dipergunakan sebagai kajian penelitian relevan.

References

Ambarwati, Kadek Nila. 2016. Pengaruh Model Children Learning In Science Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Volume 4, Nomor 1.

Budiarti, Luh Putu Yuda dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Busungbiu. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2 nomor 1.

Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Erviana, Lina. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sebagai Sarana Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di SMP-IT AR Rahmah Pacitan. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, Volume 7 nomor 2.

Kurniasih, dan Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2014. Jakarta: Kata Pena.

Rahayu, Esti Setya. 2015. Aplikasi Model CLIS (Children’s Learning In Sciense) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Kimia Siswa Kelas X MAN Tulungagung 1 Melalui Pembuatan Briket Sampah Organik. Jurnal Review Pendidikan Islam, Volume 1 nomor 2

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cetakan Ke-tujuh. Jakarata: Indeks.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang system Pendidikan Nasional

Uno, Hamzah B dan Nurdin Mohamad. 2017. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : Bumi Aksara.

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2015. Metodelogi Pembelajaran IPA. Jakarta : Bumi aksara

Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Downloads

Published

2020-05-14

How to Cite

Suadnyana Putra, I. W., Semara Putra, D. K. N., & Ganing, N. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1), 28–39. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24870

Issue

Section

Articles