LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24885Keywords:
Bimbingan Kelompok, Teknik Self-Management, Prokrastinasi AkademikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management terhadap prokrastinasi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui metode penelitian True Experimental Design dengan model Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA N 11 Semarang dengan jumlah 252 siswa. Kelas XI IPA 2 adalah kelas yang dipergunakan untuk tryout sebanyak 36 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 20 siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 yang diambil dengan menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala prokrastinasi akademik. Berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis diperoleh thitung =Selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% (0,05) yaitu 2,101. Hal tersebut menunjukan bahwa thitung = > ttabel = 2, 101. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management terhadap prorastinasi akademik siswa kelas XI IPA SMA N 11 Semarang” diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian menunjukan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik selft-management terhadap prokrastinasi akademik.
References
Alamri, N. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (Studi Pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015). Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.259
MBA, Riduwan., & Sunarto. (2007). Pengantar Statistika. Untuk penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung : Alfabeta
Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asri, N. D. (2018). Prokrastinasi Akademik. Madiun: Unipma Press.
Burka, Jane B. & Yuen, Lenora, M. (2008). Procrastination Why You Do It, What to Do About It Now. Cambridge: Da Capo Press
Davies, R. (2015). Industry 4.0. Digitalisation for productivity and growth. European Parliamentary Research Service, (September), 10.
Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
DS, Hartinah, S. (2019). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT. Refika Aditama
Ferrari, J. R., Johnson, J. L.,& McCown, W. G.(1995). Procrastination And Task Avoidance (Theory, Research, And Treatment).New York: Plenum Press
Ghufron, M. N., & S, Risnawita, R. (2017). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Gunarsa, D, Singgih. (2004). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia.
Harnes, N., & Aidha, P. (2013). Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngariboyo Nindia Harnes Prima Aidha. 03(01), 216–224.
Hartono & Soedarmadji, B. (2014). Psikologi Konseling Edisi Revisi. Jakarta: Kencana
Jahja, Yudrik (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Komalasari, G., dkk. (2018). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT.Indeks
Prayitno, dan Erman Amti. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan & Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno, dkk. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ratna, Lilis. (2013). Teknik-Teknik Konseling. Yogyakarta: Deepublish.
Reza, J. (2010). Cerdas Mengelola Waktu untuk Mencapai Sukses. Yogyakarta: Andi Offest
Riansyah, H., Satrianta, H., & Astriyaningsih, A. (2018). Bimbingan Kelompok Teknik Role Play Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 72. https://doi.org/10.26638/jfk.527.2099
Romlah, T. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sugiyono. (2015). Metodelogi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: CV Alfabeta
Supardi. (2016). Dasar-dasar Metodelogi Penelitian Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Andi Offset.
Tohirin. (2015). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integasi). Jakarta: Rajawali Pers.
Yusuf, Syamsu., & Nurhisan,. A. J. (2012). Landasan Bimbingan & Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yusuf, Syamsu. (2016). Konseling Individual Konsep Dasar & Pendekatan. Bandung: PT Refika Aditama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)