LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK

Authors

  • Hadei Yoga Swara Universitas PGRI Semarang
  • Supardi . Universitas PGRI Semarang
  • Padmi Dhyah Yulianti Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24885

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Self-Management, Prokrastinasi Akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management terhadap prokrastinasi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui metode penelitian True Experimental Design dengan model Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA N 11 Semarang dengan jumlah 252 siswa. Kelas XI IPA 2 adalah kelas yang dipergunakan untuk tryout sebanyak 36 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 20 siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 yang diambil dengan menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala prokrastinasi akademik. Berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis diperoleh thitung =Selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% (0,05) yaitu 2,101. Hal tersebut menunjukan bahwa thitung =  > ttabel =  2, 101. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management terhadap prorastinasi akademik siswa kelas XI IPA SMA N 11 Semarang” diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian menunjukan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik selft-management terhadap prokrastinasi akademik.


References

Alamri, N. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (Studi Pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015). Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.259

MBA, Riduwan., & Sunarto. (2007). Pengantar Statistika. Untuk penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung : Alfabeta

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asri, N. D. (2018). Prokrastinasi Akademik. Madiun: Unipma Press.

Burka, Jane B. & Yuen, Lenora, M. (2008). Procrastination Why You Do It, What to Do About It Now. Cambridge: Da Capo Press

Davies, R. (2015). Industry 4.0. Digitalisation for productivity and growth. European Parliamentary Research Service, (September), 10.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

DS, Hartinah, S. (2019). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT. Refika Aditama

Ferrari, J. R., Johnson, J. L.,& McCown, W. G.(1995). Procrastination And Task Avoidance (Theory, Research, And Treatment).New York: Plenum Press

Ghufron, M. N., & S, Risnawita, R. (2017). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Gunarsa, D, Singgih. (2004). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia.

Harnes, N., & Aidha, P. (2013). Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngariboyo Nindia Harnes Prima Aidha. 03(01), 216–224.

Hartono & Soedarmadji, B. (2014). Psikologi Konseling Edisi Revisi. Jakarta: Kencana

Jahja, Yudrik (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Komalasari, G., dkk. (2018). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT.Indeks

Prayitno, dan Erman Amti. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan & Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno, dkk. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ratna, Lilis. (2013). Teknik-Teknik Konseling. Yogyakarta: Deepublish.

Reza, J. (2010). Cerdas Mengelola Waktu untuk Mencapai Sukses. Yogyakarta: Andi Offest

Riansyah, H., Satrianta, H., & Astriyaningsih, A. (2018). Bimbingan Kelompok Teknik Role Play Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 72. https://doi.org/10.26638/jfk.527.2099

Romlah, T. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. (2015). Metodelogi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: CV Alfabeta

Supardi. (2016). Dasar-dasar Metodelogi Penelitian Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Andi Offset.

Tohirin. (2015). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integasi). Jakarta: Rajawali Pers.

Yusuf, Syamsu., & Nurhisan,. A. J. (2012). Landasan Bimbingan & Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yusuf, Syamsu. (2016). Konseling Individual Konsep Dasar & Pendekatan. Bandung: PT Refika Aditama.

Downloads

Published

2020-05-15

How to Cite

Swara, H. Y., ., S., & Yulianti, P. D. (2020). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1), 77–85. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24885

Issue

Section

Articles