Pelaksanaan Pembelajaran Daring Berdasarkan Persepsi Orangtua
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v2i1.32761Keywords:
Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Persepsi Orang TuaAbstract
Peran orang tua dalam mendampingi anak pada saat pelaksanaan pembelajaran daring sangat penting, akan tetapi karena metode pembelajaran daring ini masih tergolong baru di kalangan masyarakat sehingga banyak memunculkan persepsi yang berbeda beda di kalangan masyarakat terkhususnya para orang tua yang anaknya tengah mengikuti kegiatan pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis persepsi orang tua terhadap pendampingan anak serta untuk mengetahui persepsi orang tua siswa terhadap penyediaan sarana prasarana dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua siswa yang berjumlah 347 yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data persepsi orang tua menggunakan metode non tes berupa kuesioner dengan menggunakan skala empat. Data yang diperoleh kemudian di uji dengan menggunakan uji statistik deskriptif. Berdasarkan hasil data diperoleh persentase rerata dimensi pendampingan yaitu 77,21% yang memiliki kriteria positif. Sedangkan pada dimensi sarana prasarana diperoleh persentase rerata 67, 17% yang memiliki kriteria kurang positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa orang tua masih dapat mendampingi anak dalam pelaksanaan proses pembelajaran daring akan tetapi didalam menyiapkan penunjang sarana prasarana pembelajaran daring orang tua masih kesusahan didalam pelaksanaan pembelajaran daring.
References
Agung. (2014). Matodelogi Penelitian Pendidikan.
Amiruddin, B. (2020). Persepsi Tenaga Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Terhadap Program Belajar Dari Rumah. Jurnal As-Salam, 4(1), 28–36. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.146. DOI: https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.146
Andira, P., & Yoga. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669. DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669
Ariyawati, P. A. M., Waluyo, J., & Prihatin, J. (2017). Analisis Respon Siswa Terhadap Model Pairs, Investigation and Communication (PIC) dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Sains, 2(1), 9–15.
Budhianto, B. (2020). Analisis perkembangan dan faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran daring (e-learning ). Jurnal AgriWidya, 1(1), 11–29.
Candidasa, I. M. (2010). Pengujian Instrumen Penelitan Disertasi Aplikasi Iteman dan Brigsteps.
Dantes. (2012). Metode Penelitian.
Dina. (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6925. DOI: https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6925
Eminita, V., & Astriyani, A. (2018). Persepsi Orang Tua Dan Guru Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.155-162. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.1-16
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529. DOI: https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 16–28.
Haerudin, dkk. (2020). Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19, May, 1–12.
Irawati, H., Saifuddin, M. F., & Ma’rifah, D. R. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Dan Non Tes Dalam Rangka Menyiapkan Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 Di Smp/Mts Muhammadiyah Se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 503. https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.362. DOI: https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.362
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180. DOI: https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Laily, N. R., & Wisudawati, A. W. (2015). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Soal UN KIMIA SMA Rayon B Tahun 2012/2013. Kaunia, XI(1), 27–39.
Mania, S. (2008). Teknik Non Tes: Telaah Atas Fungsi Wawancara Dan Kuesioner Dalam Evaluasi Pendidikan. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(1), 45–54. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a4. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a4
Nugraha. (2012). Hubungan Persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Cerdas Sifa, 66(3), 37–39.
Pane, A., & Dasopang, D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Purwanto. (2019). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. 15(2), 98–112.
Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 71–76.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rogantina. (2017). Peran dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 122–129.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Prenadamedia Group.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Quantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS.
Sudarsono. (2016). Hubungan Persepsi Terhadap Kesehatan Dengan Kesadaran (Mindfulness) Menyetor Sampah Anggota Klinik Asuransi Sampah Di Indonesia Medika. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 147(March), 11–40.
Sukardi. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. BUMI AKSARA.
Sutama, & Suranata. (2014). Penerapan Teori Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1). DOI: https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i2.1812
Wahyudi, M. (2020). Covid-19 dan Potret Pembelajaran Berbasis E-learning. Republika Online.
Wulandari, I. G. A. A., & Agustina, G. N. S. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526.
Zamista, A. A., Rahmi, H., Sellyana, A., & Desriyati, W. (2020). Student Perception of Calculus During Online Learning. 5(1). DOI: https://doi.org/10.31949/th.v5i1.2214
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)