ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijssb.v1i2.10581Keywords:
faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis, keputusan pembelianAbstract
Handphone Android dengan perkembangan teknologi saat ini bukanlah menjadi suatu barang yang dianggap barang mewah, tetapi sudah menjadi kebutuhan dalam berkomunikasi. Untuk itu melalui penelitian ini bertujuan mengetahui perilaku konsumen dalam hal ini kalangan mahasiswa akuntansi di Universitas Islam Kadiri Kediri dalam pengambilan keputusan pembelian handphone android. Dalam penelitian ini populasinya adalah mahasiswa jurusan akuntansi di Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri yang memiliki handphone android. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik non prabability sampling sebanyak 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner sedangkan skala yang digunakan adalah skala likert. Data yang terkumpul kemudian dianalisis mengunakan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara parsial variabel budaya (X1), sosial (X2), pribadi (X3) dan psikologi (X4) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan tingkat kepercayaan 0,95%. Secara simultan (serentak) variabel budaya (X1), sosial (X2), pribadi (X3) dan psikologi (X4) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan tingkat kepercayaan 0,95%. Variabel yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumen dalam hal ini mahasiswa akuntansi Uniska adalah variabel psikologi (X4) sebesar 69,5%.
References
Indah Sari, Ade, (2013), Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian ponsel Blackberry pada mahasiwa STIE Harapan Medan, Jurnal e-maksi Harapan Vol.1 No.1 Februari 2013.
Kartajaya, Hermawan, 2005. MarkPlus on Strategy, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Kotler, Philip dan Armstrong, 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 Edisi Kedelapan, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Amstron, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Alih Bahasa David Octarevia, Jakarta : Bumi Aksara, 1996, hlm.7.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi Kedua Belas, PT. Indeks, Jakarta.
L.G. Schiffman and L.L. Kanuk. 2007. Consumer Behaviour. 9th Ed. New Jersey: Pearson Prentice Hal
Riduwan dan Akdon, (2007), Rumus dan Data dalam Analisis Statistika, Cetakan ke 2, Alfabeta, Bandung.
Santoso, Purbayu Budi dan Ashari,2005, Analisis Statistik dengna Microsoft Excel & SPSS , Yogyakarta, Penerbit ANDI
Solomon dan elnora. 2002. Strategi Pemasaran. Jakarta : Kelompok Gramedia
Sugiono,2006, statistik untuk penelitian, Bandung: CV. Alfabeta
Tengor, Gloria (2016), Pengaruh Merek, Desain dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian iPhone studi kasus pada mahasiswa STIE EBEN HAEZAR MANADO, Jurnal Berkala Ilmiah Efisisensi Vol. 16 No. 04 Tahun 2016
Vinna Sri Yuniarti, SE.,MM, 2015. Perilaku Konsumen Teori dan Praktik, Cetakan pertama, CV. Pustaka Setia, Bandung
http://www.pengertianahli.com/2014/05/pengertian-ponsel-apa-itu-ponsel.html