Influence of Industrial Work Practice, Competence Examination Test and Learning Motivation on Student Competence

Authors

  • Tomi Rachmad Santoso Master of Management Study Program Mandala Jember College of Economics East Java – Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i2.17584

Keywords:

praktek kerja industri, uji kompetensi keahlian, motivasi belajar, kompetensi siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Praktek kerja industri, Uji kompentensi keahlian dan motivasi belajar secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap kompetensi siswa, (2) Variabel yang paling dominan  berpengaruh terhadap kompetensi siswa.Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi kasus. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMKN Ihya’ Ulumudin Kabupaten Banyuwangi pada Tahun Pelajaran 2015-2016 dengan jumlah populasi sebanyak 84 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinieritas. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda,uji F statistik dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Varibel bebas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. Simpulan dari penelitian ini adalah Praktek kerja industri, uji kompetensi keahlian dan motivasi belajar harus terus dilakukan dan ditingkatkan kualitasnya dengan sungguh-sungguh dan konsisten untuk meningkatkan kompetensi siswa.

References

Anni, Catharina Tri, dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press

Arikunto, Suharsimi, (2004). Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta : Rajawali Press

Arikunto, Suharsimi, (2006). Dasar-dasar Supervisi. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi) Cetakan 9.Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

BSNP. (2016). Pedoman penyelenggaraan uji kompetensi keahlian (ukk) smk tahun pelajaran 2016/2017. Jakarta: Direk¬torat Pembinaan Sekolah Menengah Ke¬juruan.

Dr. Soehartono Irawan (2011)Metode Penelitian Sosial.Jakarta.Rosda

Drs. M. Dimyati, M.Si(2015) Pedoman Penyusunan Tugas Akhir.Jember.STIE Mandala Jember.

Finch, C R &. Crunkilton, John R. (1999). Curriculum development in vocational and technical educaton. Needham Heights, MA 02494: Viacom Company.

Ghozali, H. Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima.) Semarang: Universitas Diponegoro

Kamus Besar Indonesia, 1989. Balai Pusataka, Jakarta

Muharam, agus (2013). Pengaruh pelaksanaan Praktek Kerja Industri terhadap kesiapan kerja.skripsi.Universitas Pendidikan Indonesia

Nurjannah, Wahyu Tri Iin. 2015. Pengaruh Praktek Kerja Industri Terhadap kesiapan Kerja.Yogjakarta.Universitas Negeri Yogjakarta

Santoso, Singgih (2015) Pengolah Data Statistik Di era Informasi SPSS 20.Jakarta.PT Elex Media Komputindo

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN: Yogyakarta

Soenaryo, et al. (2002). Sejarah pendidikan teknik dan kejuruan di Indonesia. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparji, Arisandi Avida.2011 Pengaruh praktek kerja industri (prakerin) terhadap kompetensi siswa SMKN 1 Sidoarjo.Skripsi. Universitas Negeri Surabaya

Tim Dosen, Jurusan Adpen. Pengelolaan Pendidikan. Bandung : Jurusan Administrasi endidikan UPI

Timpe, Dale (1993). Kinerja. Jakarta : Gramedia.

Uno, Hamzah B. (2006). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Moh. Uzwer. (2000). Menjadi guru profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

UU.RI No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Asokadikta dan Durat Bahagia.

UU.RI No. 14 Tahun 2004. Tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara.

UU.RI No. 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Fokusmedia.

Winardi. (2001). Motivasi dan Pemotivasian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Wijaya, Yati. (2007). Kontribusi Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMPN di Kabupaten Cianjur. Tesis. Program Pascasarjana UPI.

Tidak Diterbitkan. Wirawan. (2001). Evaluasi Kinerja. Jakarta : Erlangga.

Zainun, Buchari. (1989). Manajemen dan Motivasi.Jakarta : Balai Aksara

Downloads

Published

2019-05-22

How to Cite

Santoso, T. R. (2019). Influence of Industrial Work Practice, Competence Examination Test and Learning Motivation on Student Competence. International Journal of Social Science and Business, 3(2), 138–144. https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i2.17584

Issue

Section

Articles