Stakeholder Engagement Sebagai Praktik CSR dan Pengungkapannya pada Kelompok Usaha Lippo Group
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i4.21506Keywords:
CSR, perusahaan afiliasi, pengungkapan, stakeholder engagementAbstract
Hubungan perusahaan dengan para stakeholder-nya merupakan bagian penting dari proses CSR, sehingga pengungkapan tentang pokok stakeholder engagement ini juga merupakan bagian penting dari pengungkapan CSR perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang pokok stakeholder engagement yang meliputi pemasok, pelanggan, tenaga kerja dan kelompok stakeholder lainnya disajikan dalam pengungkapan CSR perusahaan afiliasi Lippo Group. Penelitian dilakukan terhadap dua belas anak perusahaan Lippo Group yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2018. Metode analisis isi digunakan dengan mengacu pada laporan tahunan perusahaan yang diteliti di dalam kelompok usaha Lippo Group. Hasil analisis menunjukkan bahwa pokok-pokok stakeholder engagement secara keseluruhan telah diungkapkan dalam laporan tahunan perusahaan yang diteliti, dan pokok-pokok tersebut diketahui cukup berperan penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan dan dalam pengungkapan CSR perusahaan.References
Alexander, H. B. (2018). Kondisi meikarta terkini. Retrieved from https://properti.kompas.com/read/2018/10/21/125558721/kondisi-meikarta-terkini?page=all
Andriof, J., Waddock, S., Husted, B., & Rahman, Sandra S. (2017). Unfolding stakeholder thinking. Unfolding Stakeholder Thinking (Vol. 1). https://doi.org/10.4324/9781351281881
Certo, S. C., & Certo, S. T. (2006). Modern management concepts and skills. Production. Retrieved from https://www.academia.edu/28377479/MODERN_MANAGEMENT_-_SAMUEL_C._CERTO_and.pdf
Dahlsrud, A. (2008). How corporate social responsibility is defined: An analysis of 37 definitions. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 15(1), 1–13. https://doi.org/10.1002/csr.132
Deegan. (2002). Financial accounting theory Chapter 8 unregulated corporate reporting decisions: Considerations of system-oriented theories. New York: McGraw-Hill Education (UK) Limited an imprint of The McGraw-Hill Companies, Inc.
Dickinson-Delaporte, S., Beverland, M., & Lindgreen, A. (2010). Building corporate reputation with stakeholders: Exploring the role of message ambiguity for social marketers. European Journal of Marketing, 44(11), 1856–1874. https://doi.org/10.1108/03090561011079918
Dorimulu, P. (2016). Lippo group, 15 perusahaan tercatat di ursa dan pekerjakan 10.000 karyawan. Investor Daily. Retrieved from https://id.beritasatu.com/home/lippo-group-15-perusahaan-tercatat-di-bursa-dan-pekerjakan-100000-karyawan/150905
Eriyanto. (2011). Analisis isi: Pengantar metodologi untuk penelitian ilmu komunikasi dan ilmu-ilmu sosial lainnya (pertama). PT Fajar Interpratama Mandiri.
Global Reporting Initiative. (2016a). Gri 101: landasan 2016.
Global Reporting Initiative. (2016b). Gri 102: pengungkapan umum 2016 102.
Lamudi. (2019). Begini kondisi terakhir proyek apartemen meikarta 2019. Retrieved from https://www.lamudi.co.id/journal/kondisi-terkini-proyek-apartemen-meikarta/
Lindawati, A. S. L., & Puspita, M. E. (2015). Corporate social responsibility: Implikasi stakeholder dan legitimacy gap dalam peningkatan kinerja perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(1), 157–174. https://doi.org/10.18202/jamal.2015.04.6013
Lindgreen, A., Swaen, V., & Johnston, W. J. (2009). Corporate social responsibility: An empirical investigation of U.S. organizations. Journal of Business Ethics, 85(SUPPL. 2), 303–323. https://doi.org/10.1007/s10551-008-9738-8
Marnelly, T. R. (2012). Corporate social responsibility (CSR): Tinjauan teori dan praktek di Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis, 2(2), 49–59.
Mishra, S., & Suar, D. (2010). Does corporate social responsibility influence firm performance of Indian companies? Journal of Business Ethics (Vol. 95). https://doi.org/10.1007/s10551-010-0441-1
Rowley, T., & Berman, S. (2000). A Brand New Brand of Corporate Social Performance. Business & Society, 39(4), 397–418. https://doi.org/10.1177/000765030003900404
Sofiamira, N. A., & Asandimitra, N. (2017). Capital expenditure, leverage, good corporate governance, corporate social responsibility: pengaruhnya terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(2), 191–214. https://doi.org/10.24914/jeb.v20i2.691
Tanudjaja, B. B. (2006). Perkembangan corporate social responsibility di Indonesia. Nirmana, 8(2), 92–98. Retrieved from http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/article/view/17049
Trisnawati, R. (2014). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris dan kepemilikan manjerial terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR) industri perbankan di Indonesia, 385–400. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/4605
Undang-undang Republik Indonesia (2007). Indonesia: Otoritas Jasa Keuangan. Retrieved from https://www.ojk.go.id/sustainable-finance/id/peraturan/undang-undang/Documents/5. UU-40-2007 PERSEROAN TERBATAS.pdf
Wineberg, D., & Rudolph, P. H. (2004). Corporate social responsibility: What every in-house counsel should know (pp. 60–72).