Pengaruh Kualitas Pelayanan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru terhadap Kepuasan Calon Mahasiswa di Universitas PGRI Palembang

Authors

  • Ermini Ermini Universitas PGRI Palembang
  • Dina Sri Nindiati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i4.21767

Keywords:

Pelayanan, Kepuasan, Calon Mahasiswa

Abstract

Keberhasilan suatu perguruan tinggi sangat ditentukan oleh mutu pelayanan yang diberikan, dimana pelayanan yang bermutu dapat di identifikasi melalui kepuasan pelanggan, dalam hal ini adalah mahasiswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) terhadap kepuasan calon mahasiswa di Universitas PGRI Palembang tahun 2018. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian ini adalah dengan metode Survey.

Data dikumpulkan dengan kuisioner yang kemudian dianalisis dengan menggunakan Uji-F dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukan,berdasarkan analisis koefisien determinasi diperoleh hasil Rsquare (koefisien determinasi) sebesar 0,606 artinya bahwa 60,6% variabel kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan,yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy sedangakan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial (individu) pada variabel tangible dan assurance terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil signifikansi t(0,000) < α 0,005. Sedangkan pengaruh variabel reliability, responsivenes, tangible menunjukkan hasil yang tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t (0,000) > α 0,05.

References

Afrinda Khoirista, dkk. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey Pada Pelanggan Fedex Express Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Universitas Brawijaya. Vol. 25 (2) Edisi Agustus. p: 1-7.

Atik, dkk. 2005. Manajemen Pelayanan, disertai dengan pengembangan model konseptual penerapan citizen’s charter dan standar pelayanan minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bergin, S. 1997. Communication is the Key to Customer Success, Transportation and Distribution. March.

Boediono. 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta : Rineka Cipta.

Handayani, dkk. (2003). Analisis Kepuasan Pemakai terhadap Pelayanan Perpustakaan Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta”. Jurnal Sosiosains, Vol. 17 No. 2, April 2003. Yogyakarta: Pasca Sarjana Fisipol UGM.

Hardiati, Ratih. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan konsumen (Menggunakan jasa penginapan (villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran). Skripsi. Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu. 2005. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Ihalauw, John dan Ristiyanti Prasetijo. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi

Merdian, Wili Andri. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (studi kasus TIKI cabang Jogjakarta). Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Muafi, dkk. 2007. Anteseden Ekuitas Merek Perguruan Tinggi: SEM dengan Pendekatan Two Step”. Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia. No. 03 TH. XXXVI.

Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nurrianto Al Arif, M. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran Perbankan Syariah. Bandung CV. Afabeta, 2010.

Prihantoro, A. 2012. Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Asekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulungagung. Jurnal Otonomi Vol. 12 No.1.

Panji, N., A. 2007. Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi “Aub” Surakarta. Diakses tanggal 30 Januari 2013

Rakhmat, Jalaludin. 2001. Psikologi komunikasi edisi revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tjahjono, Ahmad. 2003. Perpajakan Indonesia. Jakarta :PT. Grafindo Persada.Nura Ruslia, 2011, Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi, Skripsi, Universitas Pasundan.

Tjiptono, Fandy. (2004). Prinsip-prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Pratiwi Elsa. 2010. Pengaruh Profitabilitas, Financial Leverage, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Tindakan Perataan Laba. Jurnal Akuntansi 1(3): 1-23.

Pratomo et.al. 2009. Reksa Dana Solusi Perencanaan Investasi di Era Modern. PT. Garamedia Pustaka Utama. Jakarta

Reichheld, F.F & Izak. (1996), The Loyalty Effect, Harvard Business School Press, Boston, MA.

Robbins, Stephen P,, 2005, Organizational Behavior, Elevent Edition, International Edition, Pearson Education inc,, San Diego State University, Upper Saddle river, New jersey

Romney, Marshall B, & pal Jhon Steinbart, 2009, Accounting Information System, Eleventh Edition, Prentice Hall

Sadatamrul, 2004, Hubungan Antara Partisipasi Dalam Pemgembangan Sistem Informasi Dengan Perkembangan Penggunaan Teknologi Informasi (Suatu Tinjauan Dengan Dua Faktor Kontijensi), Seminar Nasional Akuntansi VII, 2-3 Desember

Salam, Darma Setyawan, 2007, Manajemen Pemerintahan Indonesia,Jakarta : Djambatan

Sedarmayanti, 2009, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Bandung: CV, Mandar Maju

Sekaran, Uma. 2006. Research Methods For Business (Metodologi Penelitian untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.

Setianingsih, I. 2008. “Sistem Pengendalian Internal atas Aktiva tetap pada Fakultas Ekonomi Univesitas Sumtra Utara”. Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Sumatra Utara.

________________, Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Bandung: Rafika ADITAMA

Sofyandi, Herman, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit: Graha Ilmu, Yogyakarta

Sugiarto Prajitno. 2006. Analisis faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja SIA Dengan Kompleksitas Tugas sebagai Variabel Moderating, Jurnal Akuntansi.

Sugiyono. 2008. Metode penelitian Bisnis. Bandung : edisi Revisi. Cetakan Delapan Belas, CV, Alafabetha.

Supomo dan Nur Indriantoro. 2009. Pengaruh Partisipasi Terhadap Kepuasan Pemakai Dalam Pengembangan Sistem Informasi Dengan Kompleksitas Tugas, Kompleksitas Sistem dan Pengaruh Pemakai Sebagai Moderating Variable. Jurnal Analisis Bisnis dan Ekonomi, Vol.2 (2): p 105-123.

Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta. Penerbit: Kencana..

Szajna dan Scammell, 1993. “The Effect of Information System User Expectation on Their Performance and Perception”. MIS Quartely.

Terry, George R, dan Rue, Leslie W, 2005, Dasar–Dasar Manajemen, Jakarta : Bumi Aksara.

Veithzal, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari Teori KePraktik. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Wibowo. 2007. Sistem Akuntansi dan Informasi. Terjemahan Marianus Sinaga. Erlangga, Jakarta.

Wijaya. (2004). Kamus Lengkap Inggris-Indonesia. Semarang: Bintang Jaya.

Wilkinson, Joseph, W, 2010, Accounting Information System, Fourth Edition, United States, New York, Jhon Wilwy and Sons Inc.

Wood, R. E. 1986. Task Complexity. Definition of The Construct. Organizational Behaviour and Human Decision Process, pp.60-82.

Wulandari. 2006. Karakteristik Good Corporate Governance. Alfabeta. Bandung.

Afrinda Khoirista, dkk. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey Pada Pelanggan Fedex Express Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Universitas Brawijaya. Vol. 25 (2) Edisi Agustus. p: 1-7.

Atik, dkk. 2005. Manajemen Pelayanan, disertai dengan pengembangan model konseptual penerapan citizen’s charter dan standar pelayanan minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bergin, S. 1997. Communication is the Key to Customer Success, Transportation and Distribution. March.

Boediono. 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta : Rineka Cipta.

Handayani, dkk. (2003). Analisis Kepuasan Pemakai terhadap Pelayanan Perpustakaan Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta”. Jurnal Sosiosains, Vol. 17 No. 2, April 2003. Yogyakarta: Pasca Sarjana Fisipol UGM.

Hardiati, Ratih. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan konsumen (Menggunakan jasa penginapan (villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran). Skripsi. Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu. 2005. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Ihalauw, John dan Ristiyanti Prasetijo. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi

Merdian, Wili Andri. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (studi kasus TIKI cabang Jogjakarta). Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Muafi, dkk. 2007. Anteseden Ekuitas Merek Perguruan Tinggi: SEM dengan Pendekatan Two Step”. Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia. No. 03 TH. XXXVI.

Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nurrianto Al Arif, M. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran Perbankan Syariah. Bandung CV. Afabeta, 2010.

Prihantoro, A. 2012. Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Asekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulungagung. Jurnal Otonomi Vol. 12 No.1.

Panji, N., A. 2007. Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi “Aub” Surakarta. Diakses tanggal 30 Januari 2013

Rakhmat, Jalaludin. 2001. Psikologi komunikasi edisi revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tjahjono, Ahmad. 2003. Perpajakan Indonesia. Jakarta :PT. Grafindo Persada.Nura Ruslia, 2011, Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi, Skripsi, Universitas Pasundan.

Tjiptono, Fandy. (2004). Prinsip-prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Pratiwi Elsa. 2010. Pengaruh Profitabilitas, Financial Leverage, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Tindakan Perataan Laba. Jurnal Akuntansi 1(3): 1-23.

Pratomo et.al. 2009. Reksa Dana Solusi Perencanaan Investasi di Era Modern. PT. Garamedia Pustaka Utama. Jakarta

Reichheld, F.F & Izak. (1996), The Loyalty Effect, Harvard Business School Press, Boston, MA.

Robbins, Stephen P,, 2005, Organizational Behavior, Elevent Edition, International Edition, Pearson Education inc,, San Diego State University, Upper Saddle river, New jersey

Romney, Marshall B, & pal Jhon Steinbart, 2009, Accounting Information System, Eleventh Edition, Prentice Hall

Sadatamrul, 2004, Hubungan Antara Partisipasi Dalam Pemgembangan Sistem Informasi Dengan Perkembangan Penggunaan Teknologi Informasi (Suatu Tinjauan Dengan Dua Faktor Kontijensi), Seminar Nasional Akuntansi VII, 2-3 Desember

Salam, Darma Setyawan, 2007, Manajemen Pemerintahan Indonesia,Jakarta : Djambatan

Sedarmayanti, 2009, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Bandung: CV, Mandar Maju

Sekaran, Uma. 2006. Research Methods For Business (Metodologi Penelitian untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.

Setianingsih, I. 2008. “Sistem Pengendalian Internal atas Aktiva tetap pada Fakultas Ekonomi Univesitas Sumtra Utara”. Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Sumatra Utara.

________________, Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Bandung: Rafika ADITAMA

Sofyandi, Herman, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit: Graha Ilmu, Yogyakarta

Sugiarto Prajitno. 2006. Analisis faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja SIA Dengan Kompleksitas Tugas sebagai Variabel Moderating, Jurnal Akuntansi.

Sugiyono. 2008. Metode penelitian Bisnis. Bandung : edisi Revisi. Cetakan Delapan Belas, CV, Alafabetha.

Supomo dan Nur Indriantoro. 2009. Pengaruh Partisipasi Terhadap Kepuasan Pemakai Dalam Pengembangan Sistem Informasi Dengan Kompleksitas Tugas, Kompleksitas Sistem dan Pengaruh Pemakai Sebagai Moderating Variable. Jurnal Analisis Bisnis dan Ekonomi, Vol.2 (2): p 105-123.

Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta. Penerbit: Kencana..

Szajna dan Scammell, 1993. “The Effect of Information System User Expectation on Their Performance and Perception”. MIS Quartely.

Terry, George R, dan Rue, Leslie W, 2005, Dasar–Dasar Manajemen, Jakarta : Bumi Aksara.

Veithzal, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari Teori KePraktik. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Wibowo. 2007. Sistem Akuntansi dan Informasi. Terjemahan Marianus Sinaga. Erlangga, Jakarta.

Wijaya. (2004). Kamus Lengkap Inggris-Indonesia. Semarang: Bintang Jaya.

Wilkinson, Joseph, W, 2010, Accounting Information System, Fourth Edition, United States, New York, Jhon Wilwy and Sons Inc.

Wood, R. E. 1986. Task Complexity. Definition of The Construct. Organizational Behaviour and Human Decision Process, pp.60-82.

Wulandari. 2006. Karakteristik Good Corporate Governance. Alfabeta. Bandung.

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Ermini, E., & Nindiati, D. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru terhadap Kepuasan Calon Mahasiswa di Universitas PGRI Palembang. International Journal of Social Science and Business, 3(4), 532–541. https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i4.21767

Issue

Section

Articles