Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT pada Mini Market di Mutiara Mart Rowotengah Jember
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i2.25891Keywords:
Strategi Pemasaran, Matrik SWOTAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, untuk menyusun IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS (Eksternal Factor Analysis Summary). Penelitian ini merupakan jenis kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis SWOT yaitu analisis yang mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,kepada Informan Kunci dan Informan Utama Mutiara Mart Rowotengah Jember. Hasil Matrik IE didapatkan posisi Mutiara Mart Rowotengah Jember yaitu berada pada kuadran IV yang bertanda asterisk (3,05:2,6). yang berarti pada strategi stabilitas, strategi yang diterapkan meningkatkan kualitas produk, memepertahankan harga dan ketersediaan produk yang ada, mengembangkan promosi dengan memanfaatkan teknologi yang lebih canggih. Hasil dari Matrik SWOT Mutiara Mart ini mempunyai strategi pertama yaitu strategi S-O dimana strategi ini memanfaatkan kekuatan perusahaan untuk meraih peluang yang ada pada lingkungan luar, guna memperoleh keuntungan bagi perusahaan, berikut beberapa strateginya, kelengkapan produk tetap dijaga, memanfaatkan lokasi yang strategis untuk membuka cabang serta menarik konsumen, meningkatkan kualitas pelayanan
References
Manap, 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran.Jakarta : Mitra Wacana Media.
Freddy Rangkuti.(2003).Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Sopiah dan Syihabudhin, (2008), Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta.C.V
Wulandari, Devi. 2018, Strategi Pemasaran Usaha Kuliner Kober Mie Setan Kota Jember, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Jember,Jember.
Sugiyono,(2008).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Indiantoro Ndan Bambang Supomo.Metode Penelitian Bisnis.Yogyakarta.BPFE.1999
Kotler dan keller. 2009. Manajemen Pemasaran: Jilid 1. Edisi ke 13 Jakarta : Erlangga
Moleong.2009.Metodologi Penelitian.Jakarta :Raja Grafindo Persada
David, Fred R.2011.Management Strategis;Konsep-Konsep.Edisi Duabelas.Jakarta:Salemba
Darmanto, Didik. Pengaruh Variabel Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Rita Pasaraya Kebumen.
Hartono,Hendry,dkk 2012.Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan pada Perusahaan”Dengan menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara sebagai Objek Penelitian”.Universitas Bina Nusantara.Jakarta
Sugiyono,(2008).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
BandungAlfabeta