Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijst.v1i1.34831Abstract
Pembelajaran pendidikan jasmani mengalami perubahan selama periode pandemi Covid 19 dan pada masa New Normal, sehingga menjadi penting untuk mengetahui minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani pada masa New Normal Covid.19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey, sedangkan jenis survey yang digunakan yaitu survey kuisioner yang dijawab oleh peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Singaraja, dengan jumlah 300 orang, sementara sampel dipilih berdasarkan convenience sampling yang ini diambil 20% dari populasi penelitian, dimana total sampelnya adalah sebanyak 60 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan statistik deskriptif kuantitatif kemudian dikategorikan berdasarkan skala penilaian. Berdasarkan analisis data pada minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK mendapatkan skor 81 dimana pada skala penilaian kategori, angka tersebut dinyatakan sangat tinggi.
Kata Kunci : Minat, Pembelajaran PJOK, Pandemi Covid-19
References
Adi Nugroho, Y. (2011). Minat Siswa Terhadap Permainan Bola Voli Modifikasi Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas VIII Di SMP 2 Kaliwiro Kab. Wonosobo”. Fakultas Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang.
Hasan, S. (2015). Pengembangan Model Permainan Gerak Dasar Lempar Untuk Siswa Kelas V Sdn Tawangargo 4 Karangploso Malang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2).
Kasim, M. (2011). Pentingnya Motivasi dan Minat Terhadap Manajemen Kinerja Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. ACADEMICA Fisip Untad. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/academica/article/download/2285/1478
Mashud. (2018). Analisis Masalah Guru PJOK Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani”. Universitas Lambung Mangkurat. Retrieved from https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/multilateralpjkr/article/view/5704/4778
Paramitha, S. T. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga JPJO, 3(1), 41–51.
Purwanto, dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di SD”. Universitas Pelita Harapan Indonesia. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397/223
Qomarrullah, R. (2015). Model Aktivitas Belajar Gerak Berbasis Permainan Sebagai Materi Ajar Pendidikan Jasmani. Journal of Physical Education, Health and Sport, 2(2).
Setiadi, L. R. (2017). Minat Siswa Kelas VIII Dalam Mengikuti Pembelajaran Pjok Di SMP Negeri 2 Godean Kab. Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pjkr/article/download/9352/9020
Slameto. (2015). Metodelogi Penelitian & Inovasi Pendidikan. Salatiga:Cipta.
Wicaksono, G. H. (2019). Kreativitas Guru Penjas Terhadap Proses Pembelajaran Penjas Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sekecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen 2018. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 95–100.
Wirayasa, I. D. G. P. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4d Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 8(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Sport & Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)