Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Pointing dalam Permainan Petanque
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45030Keywords:
Media Pembelajaran, Video Tutorial, Model ADDIE, PetanqueAbstract
Terjadinya kejenuhan dan kebosanan pada peserta didik, pembelajaran tidak berpusat kepada pendidik melainkan berpusat kepada peserta didik, serta pendidik harus mampu menerapkan model pembelajran yang inovatif dan mampu memilih media yang kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis video tutorial teknik dasar pointing dalam permianan petanque pada Mahasiswa Penjaskesrek (2) menganalisis kelayakan media pembelajaran berbasis video tutorial teknik dasar pointing dalam permianan petanque pada Mahasiswa Penjaskesrek. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan enggunakan model ADDIE meliputi tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Kelayakan media pembelajaran dinilai oleh ahli isi materi, ahli desain, ahli media, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji kelompok besar. Instrumen pengumpulan data yakni berupa kuesioner. Analisis data hasil uji kelayakan menggunakan Konversi PAP tingkat pencapaian Skala 5. Hasil penelitian: (1) media pembelajaran berbasis vidio tutorial yang dikembangkan berupa software dikemas dalam bentuk file dan CD. (2) media pembelajaran berbasis video tutorial layak digunakan dalam proses pembelajaran, berdasarkan hasil validasi dari ahli isi materi memperoleh persentase sebesar 84% dengan aspek baik, ahli desian sebesar 92,73% dengan aspek sangat baik, ahli media sebesar 81,3% dengan aspek baik, uji perorangan sebesar 94% dengan aspek sangat baik, uji kelompok kecil 93% dengan aspek sangat baik, dan uji kelompok besar 97,01% dengan aspek sangat baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial teknik dasar pointing dalam permainan petanque layak digunakan oleh mahasiswa. Penelitian ini diharapkan dapat dieksperimenkan untuk mengetahui keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
References
Abdul Istiqlal. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144.
Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 6(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301.
Baharuddin, I. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 247–255.
Cahyono, T. T., Resita, C., & Hidayat, A. S. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Patriot, 3(3), 314–328. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i3.806.
Christianto, J., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Cricket Berbasis Mobile Learning Pada Tim Olahraga Cricket Universitas Negeri Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 168. https://doi.org/10.17977/um040v3i2p168-174.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2009). No Title (The system). Pearson Education.
Eko Cahyono, R., & Nurkholis. (2018). Analisis Backswing Dan Release Shooting Carreau Jarak 7 Meter Olahraga Petanque Pada Atlet Jawa Timur. Jurnal Prestasi Olahraga, 1(1), 1–5.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5.
Hayes, C., Hardian, H., & Sumekar, T. (2017). Pengaruh Brain Training Terhadap Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), 402–416.
Hendriyani, Y., Jalinus, N., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2), 2–5.
Kristanto, N. (2020). Persepsi Kinestetik Terhadap Hasil Pointing Atlet Petanque Jawa Timur. Prestasi Olahraga, 3(1), 1–5.
Mulyatiningsih, E. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Endang. Islamic Education Journal, 35,110,114,120,121.
Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(1), 1–14.
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Okilanda, A. (2018). Revitalisasi Masyarakat Urban/Perkotaan Melalui Olahraga Petanque. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(1), 104–116.
Oky Joko Setyawan1, R. A. P. (2023). Sosialisasi Olahraga Petanque Pada Masyarakat di Komplek Gor Sasana Adhi Karsa Brebes. Jurnal Masyarakat Indonesia, 02, 34–37. https://doi.org/https://doi.org/10.54209/jumas.v2i01.35.
Parlindungan, H. D. (2019). Development of Petanque Training Pointing and Sport Shooting. 384(Aisteel), 452–455.
Pelana, R., Setiakarnawijaya, Y., & Anggraini, D. (2021). Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Pointing Skills Training Model. 5(8), 1–8.
Pramono, H. (2017). View of Perspektif Olahraga Petanque dalam Mendukung Prestasi Olahraga Jawa Tengah. Journal of Physical Education and Sports, 6(1), 8.
Rasyid Hardi Wirasasmita, Y. K. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Dan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Informatika, 1, 35–43.
Rasyid, I. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Riyanto, A., & Yunani, E. (2020). the Effectiveness of Video As a Tutorial Learning Media in Muhadhoroh Subject. Akademika, 9(02), 73–80. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.1088.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.
Setyawan, A., Sholihah, A., Rita, S. M., Alfiya, N., & Nurfajri, R. A. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran SD Pangpong. Prosiding Nasional Pendidikan: Lppm Ikip Pgri Bojonegoro, 1(1), 570–571.
Setyo Guntoro, T., Fariz Prima Putra, M., Putu Eka Wijaya Putra, I., Sinaga, E., Sari Gracia Sinaga, F., Rusdianto Hidayat, R., Muhammad, J., Wandik, Y., Womsiwor, D., & Janice Martha Mantiri, G. (2022). Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Bermain Petanque: Sosialisasi pada Guru Olahraga. Jurnal Abdimasa Pengabdian …, 5(2), 11–15. https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/2429.
Syamsiah, S. (2019). Perancangan Flowchart dan Pseudocode Pembelajaran Mengenal Angka dengan Animasi untuk Anak PAUD Rambutan. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 4(1), 86. https://doi.org/10.30998/string.v4i1.3623.
Tegeh dan Jampel. (2017). Metode Penelitian Pengembangan.
Tegeh, M., & Kirna, M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Wijaya, A., Rozak, A., Gunawan, M., Basri, H., & Chaniago, H. (2021). Webinar pengenalan olahraga petanque bagi guru PJOK Sekolah Dasar Se-Kecamatan Cibitung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 37–42. http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/maddana/index.
Williyana, B. A. I., Kholisho, Y. N., & Fathoni, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Interaktif Pada Mata Pelajaran. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(2), 52. https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.869.
Zainuddin, M. S., Usman, A., Kamal, M., Abduh, I., & Wahyudi, A. S. B. S. E. (2022). Analisis Keterampilan Olahraga Petanque Sulawesi Selatan. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education, 10(1), 1–9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Sport & Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)