Media Pembelajaran Senam Lantai Berorientasi ICT TPACK untuk Peserta Didik Kelas VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijst.v4i2.49237Keywords:
Pengembangan, ICT TPACK, Video Audio Visual, Meroda, KayangAbstract
Dalam pembelajaran PJOK saat ini sangat dibutuhkan penggunaan media audio visual berorientasi ICT TPACK. Hal tersebut sejalan dengan perkembangan abad-21. Namun faktanya guru masih belum bisa memanfaatkan kemajuan teknologi karena ketidak kemampuan dalam penggunaan teknologi sehingga peserta didik sehingga berakibat pada pemahaman peserta didik mengenai materi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video tugas gerak meroda dan kayang untuk peserta didik kelas VII SMP. Media pembelajaran memberikan sebuah peran yang sangat dominan dalam menyampaikan sebuah materi sesuai dengan bahan ajar. Penelitian pengembangan (research and development) menggunakan rancangan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pada penelitian ini hanya terfokus pada tahap analisis dan perancangan. Populasi dalam menelitian ini, yaitu 8 SMP Negeri di Kecamatan Buleleng berjumlah 2.985 siswa dengan sampel berjumlah 852 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 93,3% (795 orang) peserta didik membutuhkan video tugas gerak dan diperoleh skor ahli isi yaitu 59 dari skor maksimal 75. Hasil penelitian ini adalah video tugas gerak sangat dibutuhkan oleh peserta didik SMP kelas VII dan dinyatakan valid oleh pakar isi dan layak untuk diimplementasikan.
References
Ambaryanti, A., Retnaningdyastuti, R., & Roshayanti, F. (2020). Pengaruh Keterampilan Dalam ICT Dan Etos Kerja Terhadap TPACK Guru SD di Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(1).
Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546.
Bancin, I. K., Mudjiran, M., & Rusdinal, R. (2019). Development of guidance and counseling module on self-regulation of students in social relations. Journal of Counseling and Educational Technology, 2(1), 6. https://doi.org/10.32698/0341.
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.
Hamdani, R., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Kuliah Sistem Digital Di Jurusan Teknik Informatika Unesa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 4(02).
Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823–834. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310.
Iyakrus, I., Indriani, S., Kumbara, H., & Bayu, W. I. (2022). Peningkatan Gerak Dasar Meroda dala Pembelajaran Senam Lantai Melalui Metode Bagian. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1), 87–92.
Juniari, I. G. A. O., & Putra, M. (2021). Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 140–148.
Kiranida, O. (2019). Memaksimalkan Perkembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelajaran Penjaskes. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 318–328.
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525.
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book pada Mata Pelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Undiksha, 6(2), 212–221.
Midona, R. R. (2022). Pengaruh Renang Gaya Dada terhadap Kemampuan Motorik Kasar Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Edu Research, 11(1), 24–27.
Pahrunisa, T., & Nurjaman, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Outbond Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Friends School, Kecamatan Pinang, Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 12–20.
Pramuaji, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Pengenalan Corel Draw sebagai Sarana Pembelajaran Desain Grafis di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 183–189.
Pribadi, B. A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Kencana.
Puspasari, R., & Suryaningsih, T. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie Aplikasinya penulis Kiki Ariyanti. 3(1), 137–152.
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10–15.
Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343.
Reza, E. A., Syafei, M. M., & Achmad, I. Z. (2021). Tingkat Rasa Percaya Diri Siswa pada Pembelajaran Senam Lantai. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 4(2), 142–149. https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i2.1832.
Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model ADDIE Pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2), 122–130.
Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979.
Sholekhah, A. D. Z. (2019). Peningkatan Keterampilan Senam Lantai Roll Forward Melalui Metode Bermain Mata Pelajaran Penjasorkes Kelas III-C Di Minu Wedoro Sidoarjo. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Suryaningtyas, A., Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2020). Developing Science Electronic Module Based on Problem-Based Learning and Guided Discovery Learning to Increase Critical Thinking and Problem-Solving Skills. International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2019), 65–70.
Suseni, P., Koyan, I. W., & Sudatha, I. G. W. (2013). Penerapan metode penugasan melalui kegiatan melipat kertas untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak di tk satya ananda banjarasem. JUrnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/paud.v1i1.1088.
Tauhidman, H., & Ramadan, G. (2018). Pengembangan Model Latihan Keseimbangan untuk Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(1), 133–144.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Ika, 11(1).
Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852.
Wahyuni, E. S., & Yokhebed, Y. (2019). Deskripsi Media Pembelajaran yang digunakan Guru Biologi SMA Negeri di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 32–40.
Wahyuni, S., & Firmansyah, R. (2022). Penatalaksanaan Senam Lansia terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di Rt/01 Rw/02 Desa Jatimulya Kabupaten Majalengka. Medisina, 8(1), 8–17.
Widowati, A., & Rasyono, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Senam Lantai untuk Pembelajaran Senam Dasar pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Jambi. Jurnal Segar, 7(1), 11–20.
Wijaya, M. A., & Kanca, I. N. (2019). Media Pembelajaran Aktivitas Pengembangan PJOK untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 4(1), 1–6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Sport & Tourism agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)