Kultur Sekolah Berbasis Adiwiyata di Sekolah Dasar dalam Menguatkan Karakter Peduli Lingkungan

Authors

  • Lilis Febri Ramadhani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Iin Purnamasari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Veryliana Purnamasari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19434

Keywords:

Kata Kunci, Karakter peduli lingkungan, Kultur sekolah, Adiwiyata.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kultur sekolah berbasis adiwiyata yang menguatkan karakter peduli lingkungan di SDN Lamper Tengah 02 Semarang. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah lingkungan sekolah, kepala sekolah, guru dan siswa SDN Lamper Tengah 02 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data mengguanakan triuangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kultur sekolah berbasis adiwiyata yang meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengondisian, edukatif, partisipasif dan berkelanjutan dapat menguatkan karakter peduli lingkungan  yaitu pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan, tempat pembuangan sampah dan tempat cuci tangan, kamar mandi dan air bersih, pembiasaan hemat energi, biopori diarea sekolah, saluran pembuangan air limbah, memisahkan jenis sampah organik dan anorganik, pembuatan kompos dari sampah organik, menangani limbah hasil praktik, adanya alat kebersihan, tandon penyimpanan air, pembiasaan program cinta bersih lingkungan.

 

References

Afriyeni, Yeni. 2018. Pembentukan Karakter Anak Untuk Peduli Lingkungan Yang Ada Di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1, No 2, April 2018

Ayu, Nanda. 2017. Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa . Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 348-352

Citra, Yulia . 2012. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran . Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus Volume 1 Nomor 1 Januari 2012

Dinas Permukiman Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (2017:9). 2017. Profil Sekolah Adiwiyata Tahun 2017. Sekretariat Menlhk. Kayong Utara

Hanum, Farida dan Diana. 2013. Kultur Sekolah Dalam Mengembangkan Good School (Sekolah Efektif) Di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi. UNY

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum

Kusdaryani, Purnamasari dan Aries Tika Damayani. 2016. Penguatan Kultur Sekolah Untuk Mewujudkan Pendidikan Ramah Anak. UPGRIS

Latif, Samal. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah dan Perguruan Tinggi Melalui Pembelajaran Aktif . Jurnal Pendidikan Islam Iqra’ Vol. 11. Nomor 1 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan [Ftik] Iain Manado

Mahbubi. 2012. Pendidikan Karakter Implementasi Aswaja sebagai Nilai Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Yogyakarta

Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan . Jurnal Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Juli 2015, hlm. 464-468

Prasetyo, Ketut, dan Hariyanto. 2018. Pendidikan Lingkungan Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Republik Indonesia. 2003. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Nomor 20 Tahun 2003. Sekretaris Negara RI. Jakarta

Soegeng. 2018. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama

Su’ud,Abu. dkk. 2011. Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press

Wibowo,Agus dan Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Downloads

Published

2019-08-23

How to Cite

Ramadhani, L. F., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Kultur Sekolah Berbasis Adiwiyata di Sekolah Dasar dalam Menguatkan Karakter Peduli Lingkungan. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 51–60. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19434

Issue

Section

Articles