Persepsi Orang Tua Siswa Kelas IV Terhadap Pentingnya Pembentukan Karakter Peduli Sosial
DOI:
https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19435Keywords:
Kata Kunci, Persepsi, Pembentukan Karakter, Peduli SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi orang tua terhadap pembentukan karakter peduli sosial siswa, Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan Subjek penelitian berjumlah 10 orang yang terdiri dari; 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru kelas, 4 orang tua siswa, dan 4 orang siswa kelas IV di SD N Pagerdawung Kab, Kendal. Hasil penelitian berfokus kepada bagaimana persepsi orang tua terhadap pembentukan karakter peduli sosial siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi, dan hasil penelitian menerangkan bahwa adnya perbedaan perspsi orang tua terhadap pembentukn karakter peduli sosial siswa yang berdampak terhadap prestasi dan perilaku siswa yang bersangkutan.
References
Alma, Buchari. 2015. Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta
Ayu, Nanda . 2017. Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa . Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 348-352
Creswell W. John. 2010. Research Design Pendidikan Kualitatif, Kualitatif, dan Mixed ). Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Djamal. 2016. Fenomena Kekerasan disekolah . Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Herdiansyah, Haris. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif untuk ilmu-ilmu Sosial. Jakarta:Salemba Humanika.
Jafar, Nurhaedar. 2016.Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Sekolah. Makalah ilmiah.Makasar:Universitas Hasanudin Makasar. http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/20887/MAKALAH%20PERTUMBUHAN%20ANAK%SEKOLAH%20fix.docx?sequence=1 diakses tanggal 1 Mei 2019.
Meleong, Lexy J. 2005. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Muslich, masnur.2011. Pendidikan karakakter menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta : PT BumiAksara
Omeri, Nopan. 2015 . Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidika .Jurnal Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Juli 2015, hlm. 464-468
Puspita, Tantri . 2017. Proses Persepsi Diri Mahasiswi Dalam Berbusana Muslimah . Jurnal Pemikiran Islam ISSN 2407-1706 ISSN 0853-1161 Edisi Desember 2017 Vol. 41 No. 2
Setiadi, Elly M.dkk 2007. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta:Kencana
Rofian. 2016. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMOSTRASI PADA PENDIDIKAN SENI RUPA DI SEKOLAH DASARhttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/16494
Siregar,Nina Siti Salmaniah.2013.”Persepsi Orang tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Bagi Anak”. http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma diakses pada tanggal 09 April 2019.
Sobur,Alex.2013.Psikologi Umum dalam Lintas Sejarah.Bandung:Pustaka Setia
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R and D. Bandung : Alfabeta
Walgito,Bimo.2007. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta:Andi
Wikipedia.id.2019. https://id.m.wikipedia.org/wiki/sekolah _dasar. Diunduh !5 April 2019
Wulandari,ayu.2017.”Pengaruh Persepsi Orang Tua Tentang Pendidikan Formal dan Lingkungan Tempat Tinggal Terhadap Pekerjaan Anak di Kelurahan Pidada Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung”.Skripsi.Bandar Lampung. Universitas Bandar Lampung. http://digilib.unila.ac.id/26105/10/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf diakses tanggal 15 A[ril 2019
Wulandari,ayu.2017.”Pengaruh Persepsi Orang Tua Tentang Pendidikan Formal dan Lingkungan Tempat Tinggal Terhadap Pekerjaan Anak”. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/12373 diakses pada tanggal 14 Mei 2019
Zubaedi.2011. Desain Pendidikan Karakter.Jakarta:Kencana