Pengaruh Brainstorming Berbasis Copy The Master terhadap Efektivitas Aspek Retorika Tulis serta Implikasinya dalam Pembentukan Karakter Bangsa
DOI:
https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i2.20311Keywords:
Brainstorming, Master, Aspek Retorika TulisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas aspek retorika tulis karangan eksposisi, mendeskripsikan pengaruh brainstorming berbasis copy the master terhadap efektivitas aspek retorika tulis karangan eksposisi, dan mendeskripsikan implikasi brainstorming berbasis copy the master terhadap pembentukan karakter-bangsa siswa kelas X MIA SMAN 1 Semarapura. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMAN 1 Semarapura dengan sampel kelas X MIA 2 dan X MIA 5. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan rancangan nonequevalent posttest only control group design. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis data efektivitas aspek retorika tulis karangan eksposisi dengan uji-t sampel independen. Analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis data pembentukan karakter bangsa yang diperoleh dari hasil kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis uji-t sampel independen menunjukkan nilai thit = 7,761 (p = 0,000 < 0,05) yang menandakan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hasil analisis univariat data pembentukan karakter bangsa dengan brainstormning berbasis copy the master menunjukkan skor rata-rata sebesar 138,1875 dengan kualifikasi sangat tinggi. Hal tersebut menunjukkan ada pengaruh yang signifikan brainstorming berbasis copy the master terhadap efektivitas aspek retorika tulis karangan ekpsosisi dan ada implikasinya dalam pembentukan karakter-bangsa siswa SMAN 1 Semarapura.References
Abinin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Goshgarian, Gary. 2002. Dialogues An Argument Rhetoric and Reader. New York: United States.
Hayati, Amalia. 2013. “Pengaruh Metode Copy the Master terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek oleh Siswa Kelas X SMA Nusantara”. Artikel (tidak diterbitkan). Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan.
Kartono. 2009. Menulis Tanpa Rasa Takut Membaca Realitas dengan Kritis. Yogyakarta: Kanisius.
Komaidi, Didit. 2011. Panduan Lengkap Menulis Kreatif Teori dan Praktek. Yogyakarta: Sabda Media.
Marahimin, Ismail. 2009. Menulis secara Populer. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.
Martha, I Nengah. 2012. Pengantar Retorika. Singaraja: Undiksha.
NS, Sutarno, 2009. Menulis yang Efektif. Jakarta: Sagung Seto.
Pratiwi, Fitria Sari. 2013. “Keefektifan Pembelajaran Menulis Puisi Berkarakter dengan Teknik Brainstorming pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tegowanu-Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013”. Skrispi (tidak diterbitkan). Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS IKIP PGRI Semarang.
Rohimat, Aep. 2013. “Penerapan Teknik Copy The Master dalam Pembelajaran Menulis Karangan Persuasi pada Siswa Kelas X SMA Pasundan 7 Bandung Tahun Ajaran 2012-2013”. Artikel (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS, Universitas Pendidikan Indonesia.
Sayuti, Wahdi, 2000. “Model Pembalajaran Konstrukativisme”. Jurnal (tidak diterbitkan). Jurnal Kependidikan, Keislaman dan Kebudayan.
Sudiana, I Nyoman. 2007. Retorika Bertutur Efektif. Sidoarjo: Asri Press.
Susilowati, dkk. 2012. “Peningkatan Kompetensi Menulis Karya Ilmiah dengan Metode Copy the Master bagi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pati”. Jurnal (tidak diterbitkan). Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 12, No. 1, Pebruari 2011 (halaman 51-62).
Syafi’Ie, Imam. 1988. Retorika Dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti P2LPTK.
Tina R.Q., Rangga, dkk. 2013. “Peningkatan Pembelajaran Menulis Argumentasi melalui Model Pembelajaran Brainstorming”. Jurnal (tidak diterbitkan). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Padang, Vol. 1, No. 2, Maret 2013; Seri A 1-76 (halaman 57-63).
Zusnani, Ida. 2012. Manajemen Pendidikan Berbasis Karakter Bangsa. Yogyakarta: Tugu Publisher.