Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pembelajaran Biologi Bermuatan Karakter terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i2.20316Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan karakter antara kelompok siswa yang mengikuti MPBM dan MPL pada pembelajaran biologi bermuatan karakter; perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah (MPBM) dan model pembelajaran langsung (MPL) pada pembelajaran biologi bermuatan karakter; perbedaan karakter antara kelompok siswa yang belajar dengan MPBM dengan kelompok siswa yang belajar dengan MPL pada pembelajaran biologi bermuatan karakter. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 244 orang, sampelnya adalah 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 120 orang. Teknik pengambilan sampel dengan random assigment. Penelitian ini merupakan quasi eksperimental dengan rancangan Non-equivalen Post test only Control Group Design. Data dianalisis dengan uji Manova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan karakter antara siswa yang belajar dengan MPBM dengan siswa yang belajar dengan MPL pada pembelajaran biologi bermuatan karakter (F=129,007; p<0,05); (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan MPBM dengan siswa yang belajar dengan MPL pada pembelajaran biologi bermuatan karakter (F=129,007; p<0,05); (3) Terdapat perbedaan karakter antara siswa yang belajar dengan MPBM dengan siswa yang belajar dengan MPL pada pembelajaran biologi bermuatan karakter (F=41,233; p<0,05).
References
Depdiknas. 2006. Kurikulum Sekolah Tetap Mengacu Paada BSNP. Penerapan KTSP Tahun 2009/2010. Tersedia Pada: http://www.e.kebumen.net. Diakses pada tanggal 14 November 2013
Dyahwati, P. Rahayu, E, S dan Susanti, R. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Bervisi Pendidikan Karakter. Journal of Education Resarch and Evaluation. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere diakses pada tanggal 13 November 2013. Hal 1-6
Ghufron, Anik. 2010. Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Pada Kegiatan Pembelajaran dalam Cakrawala Pendidikan. Yogyakarta
Hair, J. E., Anderson, R. E., Tatham, R. L., & Black, W. C. 1995. Multivariate data analysis: fifth edition. Prentice-Hall International, Inc.
Masruri, 2010 Integrasi Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Montgomery, D. C 1996. Desaign and Analysis of Ekssperiment. Fitht Edition John Wiley & Sons, Inc: New York
Pulungan, F, R. 2012. Pengaruh Model pembelajaranPBL Berbasis Pendidikan Karakter terhadap Perubahan Karakter dan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika-Pascasarjana Universitas Negeri Medan. ISSN 2085-5281
Trilling, B. dan Hood, P. 1999. Learning Technologi and Education Reform in the Knowledge Age (“we,re Wired, Webbed and Windowed, Now What?” (Online rticle). (www.wested.org/cs/we/view/rs/654, diakses 9 November 2013)
Wiersma, W. 1991. Research Method In Education. Fith Edition. Allyn and Bacon: Boston
Yurmiyanti, S. Syafi,i, W dan Suryawati, E. 2012. Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan pemecahan Masalah dan Keterampilan Proses Siswa dalam Mata pelajaran Biologi. Jurnal penelitian