Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830Keywords:
, Pendidikan Karakter, Pembelajaran DaringAbstract
Pendidikan karakter adalah upaya mewujudkan generasi bangsa yang cerdas dan baik (smart and good citizenship) atau memiliki ahlak mulia dan berkepribadian Indonesia. Keberhasilan pendidikan karakter mengisyaratkan pembelajaran tidak serta merta dilihat dari pesepektif ranah kognitif saja melainkan bagaimana keseimbangan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor yang muaranya adalah mewujudkan manusia seutuhnya. Kondisi pandemi Covid-19 saat ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan formal dalam upaya pendidikan karakter bangsa. Pembelajaran dominan tidak dilakukan dengan tatap muka, sehingga menjadi tantangan guru dalam proses pendidikan karakter tersebut. Disisi lain akan memberikan kesempatan bagai peserta didik dalam mengaktualisasikan nilai-nilai karakter di masyarakat dalam upaya keikutsertaan pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan studi literatur yang berusaha memberikan solusi bagaimana pendidikan karakter dilakukan ketika pembelajaran masih berlangsung dengan metode daring pada sekolah menengah pertama. Strategi yang ditawarkan adalah strategi pendidikan karakter multiplle intelligences berbasis portofolio..
References
Akin, Terri.,dkk. 1995. Character Education in America’s School. Califrornia: Innerchoice Publishing.
Andrianti. S. (2019). Pendekatan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Mahasiswa di Sekolah Tinggi Teologi. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani.3, ( 2). 2541-3945 (online). http://www.sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/dunamis DOI: https://doi.org/10.30648/dun.v3i2.188
Anggraini, L . (2020). Pendidikan Di sekolah dasar dalam Rangka menyongsong kenormalan baru. Webminar Nasional. Program Studi pendidikan Sekolah Dasar Universitas dwijendra, 19 Juni 2020, Denpasar
Berkowitz, M.W. & Bier, M.C. 2005. What Works In CharacterEducation: A Research-Driven Guide for Educators, Washington DC: Univesity of Missouri-St Louis.
Fajar, A. (2002). Portofolio Dalam Pelajaran IPS .Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Gardner, Howard, 2013, Multiple Intelligences: Memaksimalkan Potensi dan Kecerdasan Individu dari Masa Kanak-kanak Hingga Dewasa, Penerjemah. Yelvi Andri Zaimur, Jakarta: Daras Books
Gredler, M. E. (1992). Idiology, Culture, and The proscess of Schooling. Philadelpia: Temple Unitversity Press.
Kementrian pendidikan dan kebudayaan. Surat edaran no 4. Tahun 2020. Tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (covid- 1 9)
Kementrian pendidikan dan kebudayaan. Surat edaran sekretaris jendral no. 15 tahun 2020 tentang pedoman pei.iyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran corona yirus d/sease (covid-19)
Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.Jakarta.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.(2016) guru pembelajaran petunjuk teknis peningkatan program peningkatan kompetensi guru pembelajar moda dalam jaringan
Kertih. I. W. (2014). Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Integrasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Kearifan Lokal Bali (Studi Etnografi Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Singaraja, Kabupaten Buleleng-Provinsi Bali).Disertasi.Sekolah Pascasarjana. Universitas pendidikan Indonesia.
Komalasari, K. (2010) Pembelajaran Kontekstual (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kusniati, e. (2016). Strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences. Jurnal nuansa, 9 (2), 167-177.
Lickona,Thomas. (1992). Educating for Character, How Our School Can TeachRespect and Responsibility. New York : Bantam Books.
Maunah, b. (2015). implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. jurnal pendidikan karakter. 5 (1), 90-101 https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/download/8615/7107 DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615
Mulyasa, E. (2011). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Omeri, N. (2015) Pentingnya Pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3) 464-468. https://media.neliti.com/media/publications/270930-pentingnya-pendidikan-karakter-dalam-dun-f6628954.pdf
Samani, Muclas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan Karakter: Studi Kasus Peranan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak Ibu Sunah Di Tanjung Benoa. Widya Accarya. 10 (1), 54-66, https://doi.org/10.46650/wa.10.1.864.%25p
Santika, I. G. N., Sujana, G., & Winaya., M. A. (2019). Membangun Kesadaran Integratif Bangsa Indonesia Melalui Refleksi Perjalanan Historis Pancasila Dalam Perspektif Konflik Ideologis. Jurnal Etika Demokrasi (JED). 4 (2), 89-98. https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2391 DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2391
Santika, I. G. N. (2020). Menelisik Akar Kegaduhan Bangsa Indonesia Pasca Disetujuinya Hasil Revisi UU KPK Dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 6 (1), 6-36. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001 DOI: https://doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001
Santika, I. G. N., Purnawijaya, I. P. E., & Sujana, I. G. (2019). Membangun Kualitas Sistem Politik Demokrasi Indonesia Melalui Pemilu Dalam Perspektif Integrasi Bangsa Dengan Berorientasikan Roh Ideologi Pancasila. Seminar Nasional 1 Hukum dan Kewarganegaraan. 1 (1), 74-85. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnashk/article/view/1665
Santika, I. G. N., Rindawan, I. K., & Sujana, I. G. (2019). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Inobali 2019, 79, 981–990
Sardiman .(2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar.jakarta : rajawali Pers
Sukadi (2006). Pendidikan IPS sebagai rekontruksi pengalaman Budaya berbasis Idiologi tri Hita karana pada SMU Negeri 1 Ubud Gianyar bali. Sekolah pascasarjana UPI: Bandung.
Supriadi, A. 1997 Kemampuan Guru Memanfaatkan Asesmen Portofolio Dalam Meningkatkan Mutu Belajar Pendidikan IPS Di Sekolah Dasar. Bandung: UPI
Supriadi, A. (1997). Kemampuan Guru menerapkan asesmen portopolio dalam meningkatkan Mutu Belajar Pendndikan IPS di Sekolah Dasar. Tesis. (tidak diterbitkan). PPS Upi Bandung.
Suryadi. (2002). Memahami ‘life skills’. Media Indonesia (14 Pebruari 2002)
Somantri, M.N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Terry, L. And Ron, T. (2007). Values education and Quality Theaching:The Double Helix Effect. David Barlow Publising Australia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahab, A. A. (2001). Rekonstruksi kurikulum PMPKN. Jurnal civicus (1). Bandung. Jurusan PMPKN.UPI
Wahab, A. A. dan Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewraganegaraan. Bandung: ALFABETA.
Wahyuni, D. E. dan Sitti Aliffatul Hasanah. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan lokal Pembentuk Karakter Bangsa. FKIP e-PROCEEDING,19 (24), 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/5828>. Date accessed: 27 july 2020
Winataputra, U. S. (2001). Jati Diri Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi (Suatu Kajian Konseptual dalam Konteks Pendidikan IPS). Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Winaya, A. M. (2020). Pembelajaran Daring sebagai ‘New Normal’ Sekolah di masa Pandemi Webminar Nasional. Program Studi pendidikan Sekolah Dasar Universitas dwijendra, 19 Juni 2020, Denpasar
Yulia Citra. 2015. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tersedia pada: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/viewFile/795/666
Zuchdi, Darmiyati, Prasetya, Zuhdan Kun,dan Masruri Muhsinatun Siasah. 2010. “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar,”. Cakrawala Pendidikan. 1 ( 3). 2010. Edisi Khusus Dies Natalis UNY. http://journal.uny.ac.id/index.