Analisis Nilai Karakter Pada Lirik Lagu Dalam Buku Lagu-Lagu Pilihan Ismail Marzuk
DOI:
https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i2.29243Keywords:
Nilai karater, lirik lagu, buku lagu-lagu pilihanAbstract
Munculnya lagu-lagu modern yang bertemakan cinta yang sering ditayangkan di televisi, penambahan jam pelajaran yang terfokus pada mata pelajaran ujian nasional dan tindak kekerasan yang sering bermunculan menyebakan terjadinya krisis karakter. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan nilai-nilai karakter pada lagu dalam buku lagu-lagu pilihan Ismail Marzuki. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari lagu-lagu pilhan Ismail Marzuki yang terdapat dalam buku lagu-lagu pilhan Ismail Marzuki. Prosedur pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan peningkatan ketekunan. Metode analisis data menggunakan data collection, data reduction, data display, dan verification. Dari hasil penelitian dua puluh lima lagu Ismail Marzuki dalam buku lagu-lagu pilihan Ismail Marzuki yang dianalisis ditemukan 14 nilai karakter yang muncul. Nilai karakter tersebut adalah religius, jujur, toleransi, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai karakter cinta damai dan nilai karakter komunikatif adalah nilai yang paling banyak muncul pada dua puluh lima lagu Ismail Marzuki dan nilai karakter mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, dan tanggung jawab adalah nilai yang paling sedikit muncul pada lagu Ismail Marzuki dalam buku lagu-lagu pilihan Ismail Marzuki.Jadi, dapat dikatakan bahwa lirik lagu Ismail Marzuki mengandung 14 nilai karakter.
References
Adibatin, A. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Strategi Pembelajaran PAKEM Melalui Permainan Cincin di Jempol Tangan (Karya Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar). Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18 DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18
Cahyono, B., Tsani, D. F., & Rahma, A. (2018). Pengembangan Buku Saku Matematika Berbasis Karakter pada Materi Trigonometri. Jurnal Phenomenon, 08(2), 185–199. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2929 DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2929
Choli, I. (2020). Problematika Pendidikan Karakter. T a h d z i b A k h l a Q, 5(1), 57–72. https://doi.org/https://uia.e-journal.id/Tahdzib/article/view/831 DOI: https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.831
Fatriyah, F., Prasetyo, S. A., & Ardiyanto, A. (2020). Daya Tangkap Siswa Terhadap Pesan Moral Dan Nilai Karakter Pada Film Animasi Moana. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 304–311. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28994 DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28994
Hermawati, R., Susanti, N., & Jamaludin, J. (2018). Penyuluhan Pendidikan Karakter Bagi Anak – Anak Desa Bojong Menteng - Banten. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1), 91–100. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/jpdl/article/download/4553/3427
Machfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahmah, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal V, XIV(1), 54–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67 DOI: https://doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67
Munawaroh, R. L., & Prasetyo, S. A. (2019). Nilai Karakter dalam Film Animasi “Horton Hears A Who” Sudut Pandang. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 19. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17925 DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17925
Nurdin. (2010). Pendidikan Karakter Nurdin. 69–89.
Puspitasari, F. B., & Herdiati2, D. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Lagu Di Sekolah DASAR. Jurnal Penelitian Musik, 1(2), 138–151. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pm/article/view/16181
Rasyid, H. A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Madrasah Aliyah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1). https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9904 DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9904
Rawin, R.-, & Brantasari, M.-. (2018). Pembentukkan Karakter Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Lagu Anak-Anak Di Kelompok Bermain Flamboyan Desa Kota Bangun Iii Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara Pada Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(1), 50–61. https://doi.org/10.24903/jw.v3i1.208 DOI: https://doi.org/10.24903/jw.v3i1.208
Sudarmiani, S. (2013). Membangun Karakter Anak Dengan Budaya Kearifan Lokal Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 1(1), 54–72. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v1i1.556 DOI: https://doi.org/10.25273/equilibrium.v1i1.556
Suryaman, S., & Karyono, H. (2018). Revitalisasi Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 10–18. https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p010 DOI: https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p010
Susanto, Y. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Reciprocal Teaching Bernuansa Pendidikan Karakter Pada Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Komuniasi Matematis. Euclid, 6(1), 107. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1471 DOI: https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1471
Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27332
Wahyuningsih, S. (2017). Lagu Anak sebagai Media dalam Mendidik Karakter Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 150. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2356 DOI: https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2356