Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKN Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28904Abstract
rendahnya kompetensi pengetahuan PPKn. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran PAKEM berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Grup Design. Populasi penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas IV sebanyak 289 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Data kompetensi pengetahuan PPKn dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda biasa. Setelah itu data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 3,048 dengan dk = 70 dan taraf signifikansi 5% maka diperoleh ttabel = 2,000. Karena thitung 3,048 > ttabel = 2,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PAKEM berbasis Tri Kaya Parisudha dan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV. Implikasi teoretis dalam penelitian ini membuktikan model pembelajaran PAKEM berbasis Tri Kaya Parisudha dapat diterapkan dengan baik dalam pembelajaran untuk mengoptimalkan kompetensi pengetahuan PPKn siswa. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn kelompok eksperimen adalah = 85,094 sedangkan nilai rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn kelompok kontrol adalah = 74,782. Jadi nilai rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn kelompok kontrol yaitu 85,094 > 74,782. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PAKEM berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SDN Gugus Patimura Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020.
Kata Kunci: PAKEM, Tri Kaya Parisudha, PPKnReferences
Anwar, M. (2015). Filsafat Pendidikan (Jakarta). Kencana.
Arsani, N. N. S., Murda, I. N., & Wirya, I. N. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran Berorientasi Kearifan Lokal Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD, 1(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPG/article /view /880/751
Ary W, P. P., Ganing, N. N., & Suardika, I. W. R. (2014). Pembelajaran Pakem Berbantuan Permainan Pesan Berantai Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2553
Darmadi, H. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Alfabeta.
Defa, Desrini, F., & Tarigan, F. (2017). Pengaruh Metode PAKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kerajaan-Kerajaan Hindu di Indonesia Dengan Membuat Alat Peraga Wayang Sejarah di Kelas V SDN 116874 Bakaran Batu Kabupaten Labuhanbatu. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/snpu/article/view/15016/0
Dewi, A. . I. R. M., Murda, I. N., & Tegeh, I. M. (2014). Pengaruh Model Vct Berlandaskan Konsep Tri Kaya Siswa Kelas V di SD Gugus III Kecamatan Seririt 2013 / 2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 02(01). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2430
Dewi, N. W. T. S., Wibawa, I. M. C., & Agustina, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Sikap Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V. Media Komunikasi FPIPS, 18(1), 11–21. https://doi.org/10.23887/mkfis.v18i1.22234
Ernawati, L. P. N. (2018). Penerapan Ajaran Tri Kaya Parisudha Dalam Pembentukan Perilaku yang Baik Terhadap Peserta Didik. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 26–32. http://ejournal.jayapanguspress.org/index.php/cetta
Ginting, I. N. B. (2017). Penerapan Pendekatan PAKEM Untuk Meningkatkan Minar dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. 254–258. http://digilib.unimed.ac.id/28157/
Indrawati, & S., W. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan Untuk Guru SD. PPPPTK IPA.
Indrayani, P. S., Arini, N. W., & Rati, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD, 2(1).
Iru, L. & L. O. S. A. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model – Model Pembelajaran. Multi Presindo.
Krisnawati, M., Arini, N. W., & Suarjana, M. (2013). Penerapan Pendekatan (PAKEM) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia SIswa Kelas IV SD No. 2 Pemaron. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1481
Kurniasih, Imas. & Berlin, S. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Memahami Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Kata Pena.
Nurhayati. (2016). Peningkatan Partisipasi dan Prestasi Belajar PKn Dengan Model PAKEM Siswa Sekolah Dasar. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasa, 2(1), 43–51.
Pradnyawathi, N. N. C., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(1), 89–98. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/17660
Rithayanti, N. W. N., Wiyasa, I. K. N., & Asri, I. G. A. A. S. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Berbantuan Media Grafis terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2206
Rusman. (2016). Model – Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.
Sariani, N. L. A., Suarjana, I. M., & Dibia, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berorientasi Matematika Siswa Kelas III. International Journal of Elementary Education, 2, 95–102. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/15963
Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana.
Suarnaya, K. D., Dibia, I. K., & Suarjana, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran TANDUR Berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/ JJPGSD/article/view/4815
Sucini, I. M. A., Suwatra, I. W. I., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 448–457. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.726
Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2017b). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.
Suhardana, M. (2007). Tri Kaya Parisudha. Paramitha.
Suharsimi, A. (2016). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Sulastri, E. (2019). 9 Aplikasi Metode Pembelajaran. Guepedia.
Suparman. (2016). Pengaruh Pembelajaran PAKEM dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VI SDN Glanggang I Tahun Pelajaran 2015/2026. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 7(2), 115–121. http://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/64
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Pemerintah Republik Indonesia.
Widiasih, L. S., Suarjana, I. M., & Tanggu, R. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 135–141. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17758