PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS V

Authors

  • Putu Risma Radiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28906

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi dan studi kasus di kelas V SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara yang menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum mencapai KKM khususnya pada pelajaran matematika, selain itu belum diterapkannya model pembelajaran Probing Prompting berbasis Etnomatematika. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan  model  Probing Prompting berbasis etnomatematika terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas V. Adapun desain dalam penelitian ini yakni Non Equivalent Pretest Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini terdiri dari kelas V SD Gugus Letda Made Putra yang terdiri sebanyak 462 orang dari 13 kelas. Sampel ditentukan dengan teknik  cluster random sampling, sampel yang terpilih terdiri dari kelompok eksperimen yaitu kelas V SD Negeri 2 Tonja yang dibelajarkan model Probing Prompting berbasis etnomatematika dan  kelompok kontrol kelas VB SD Negeri 23 Dangin Puri dibelajarkan secara konvensional. Data kompetensi pengetahuan matematika dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif. Data yang diperoleh selanjutnya ditentukan GSn kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Setelah dilakukan penelitian, didapatkan perbedaan rerata kompetensi pengetahuan matematika dan rerata kelompok eksperimen (23,094) lebih dari kelompok kontrol (17,758). Berdasarkan analisis diperoleh thit(12,696)> ttab (1,998) dengan tingkat kesalahan 0,05 dan df = 63. Maka diterimanya Ha. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Probing Prompting berbasis etnomatematika terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian, penelitian ini dapat dijadikan sebagai hasil kajian yang relevan dan memperdalam mengenai model pembelajaran Probing Prompting berbasis Etnomatematika

Kata Kunci : Probing Prompting, Etnomatematika, Kompetensi Pengetahuan  Matematika

References

Adnyani, B. (2018). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbasis Etnomatematika Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus 1 Kuta Utara Badung Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Negeri Pendidikan Ganesha.

Alimuddin, (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013. Journal Universitas Cokroaminoto Palopo, 1(1) , 1–11. http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/220 vol 1 no 1

Anjarsari, K. Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2).

Azizah, & dkk. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Siswa Terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR dan Probing Prompting. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(3).

Cahyono, T. (2015). Statistik Uji Normalitas. Yayasan Sanitarian Banyumas (Yasamas).

Fujiati, I., & Mastur, Z. (2014). Keefektifan Model Pogil Berbantuan Alat Peraga Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education., 3(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i3.4482

Indrawan, I. K. M. A., Parwati, N. N., & Suryawan, I. P. P. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran ARIAS Berbantuan Geogebra. 7(1), 79–85.

Kariani, N. K. (2014). Model Problem Based Learning Menggunakan Metode Probing – Prompting Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Kartika Dewi, N. W. S., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(2), 229. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1207

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). PT Rajagrafindo Persada.

Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Manggala, I. K. A., Suarni, N. K., & Suarjana, I. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Self-Directed Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Lab Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013. 1(1).

Mustika, A. C., Lasmawan, I. W., & Candiasa, I. M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif STAD Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Saraswati Tabanan. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(3).

Muthmainnah. (2019). Penerapan Strategi Probing Prompting Dalam Pembelajaran Matematika Materi Relasi dan Fungsi di SMP. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 13(2), 113–120.

Nella Kresma, E. (2014). Perbandingan Pembelajaran Konvensional Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Titik Jenuh Siswa Maupun Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Educatio Vitae, 1, 152–164.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. file:///C:/Users/Diana/Downloads/530-Article Text-1025-1-10-20160318.pdf

Permatasari, E. A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1), 11–16.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Purnamasari, I. D. A. A. D., Waluyo, D., & Candiasa, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tutor Sebaya Terhadap Sikap Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(2), 171–181.

Rasni Karwati, N. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 105–112. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p189-196

Ratna Dewi, E. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 44–52. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442

Setiadi, Hari (2016). Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Journal Universitas Negeri Yogyakarta, 20(2) , 166–178. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/7173/8446

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Ruzz Media.

Sinambela, P. nauli josip mario. (2013). Kurikulum 2013 dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jurusan Pendidikan Pendidikan Matematika. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6(2), 17–29.

Sri Devi, M., & Afriansyah, H. (2019). Pengertian dan Proses Administrasi Kurikulum. http://doi.org/10.17605/OSF.IO/TZ4VF

Sugiarti, N. L. P. Yeni, Adnyana Putra, I. K., & Surya Abadi, I. B. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di SD Gugus 1 Kecamatan Kediri Tahun Ajaran 2013/2014. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3220/2676

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sunilawati, N. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stadterhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Susanti, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Susanto, A. (2019). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar (2nd ed.). Prenamedia Group.

Susanto, D. (2006). Optimalisasi Pembelajaran Konvensional dengan Model Kontekstual. Jurnal Limit -Matematika ISSN 1858-4527, April 2006(2), 66–80.

Swarjawa, I. W. E., Suarjana, M., & Garminah, N. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sebatu. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1), 1–11. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/825/698

Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik, 1, 113–118.

Yulia, P., & Ningsih, S. U. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 56–62. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.218

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Radiana, P. R., Wiarta, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS V. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28906

Issue

Section

Articles