PENGARUH MODEL SAVI BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP SIKAP EMPATI DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Authors

  • I Putu Eka Markandya Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja,
  • Ndara Tanggu Renda Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja,
  • Luh Putu Putrini Mahadewi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja,

DOI:

https://doi.org/10.23887/jabi.v1i1.29023

Keywords:

IPA, SAVI, sikap empati, THK.

Abstract

Permasalah pada penelitian ini adalah pembelajaran IPA masih berpusat pada guru, masih dipenuhi dengan metode ceramah, tanya jawab, penugasan, kurangnya peran guru dalam melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran yang menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran sehingga sikap empati dan berdasarkan hasil nilai ujian akhir semester ganjil dalam kompetensi pengetahuan IPA siswa masih rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara simultan pengaruh model pembelajaran Somatic Auditory VisualizationIntellectualy (SAVI) berbasis Tri Hita Karana terhadap Sikap Empati dan Kompetensi Pengetahuan IPA kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan non-equivalen post test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruhkelas V SD di Gugus IV Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran  2018/2019 yang berjumlah 139 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD N 2 Kubu yang berjumlah 23 orang sebagai kelompok eksperimen dan  kelas V SD N 3 Cempaga yang berjumlah 22 orang sebagai kelompok kontrol.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah sikap empati dan kompetensi pengetahuan IPA. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dan test pilihan ganda. Data yang dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA berbantuan SPSS 17.For widows. Hasil penelitian dikuatkan berdasarkan perhitungan uji MANOVA yang memperoleh hasil angka signifikansi ketiga hipotesis 0,00 yang berarti kurang dari 0,05 (0,00 < 0,05). Hasil penelitian menunjukan tedapat perbedaan secara simultan model pembelajaran SAVI berbasis Tri Hita Karana terhadap sikap empati dan kompetensi pengetahuan IPA siswa dengan nilai signifikansi  0,00< 0,05). Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran  SAVI  berbasis Tri Hita Karana terhadap sikap empati dan kompetensi pengetahuan IPA siswa.

References

Agung, AA. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Astami Wira Ni Md. 2016. “Penerapan Inkuiri Terbimbing berbasis Tri Hita Karana Dapat Meningkatkan Sikap Sosial dan Kompetensi Pengetahuan IPS”. E-journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4.

Atmaja Md Dony Marta. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Nilai Karakter PKn Siswa kelas V SD”. E-journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 5

BSNP.2011. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Meier, Dave.2001.The Accelerated Learning (Handbook).Bandung: Mizan Pustaka.

Mahendra, I Wayan Alit.2017.”Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Permainan Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD”. E-journal mimbar PGSD Universitas Pendidikan Gaenesha.Vol 5, no 2.

Ngalimun. 2016. Stategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sudarma, I Nyoman.dkk. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Kuta Tahun Pelajaran 2013/2014”. e-Journal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. Volume 4.

Sugiyono, 2014.Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Susiani, Ketut. Dkk. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio –Emosional dan Prestasi Belajar IPA Siswa kelas V SD di Banyuning”. e-Journal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar , Volume 2 (hlm. 1-10).

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpau dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pusaka

Weda Gustana I Wayan. 2016. ” Pengaruh Model Pembelajaran SAVI bermuatan Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar IPS siswa kelas IV”. E-journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 4.

Widnyana I Gede. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasi Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa kelas IV SD Gugus Untung Surapati Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016/2017”. e-jounal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganseha, Volume 5.

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Markandya, I. P. E., Renda, N. T., & Mahadewi, L. P. P. (2020). PENGARUH MODEL SAVI BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP SIKAP EMPATI DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(1), 18–25. https://doi.org/10.23887/jabi.v1i1.29023

Issue

Section

Articles