Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Terhadap Profesi Akuntan Pendidik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jap.v11i1.25316Abstract
For the final semester students of the Faculty of Economics, Accounting study program who will approuch their graduation, they will have goals and plans that they will take after Sarjana Ekonomi (SE) degree. They will have several choices of their career interests according to the desires or underlying factors. As for several professions that can be chosen by accounting scholars, such as Akuntan Publik, Akuntan Pemerintah, Akuntan Intern, and Akuntan Pendidik. This study aims to analyze the factors that influence the interests of accounting students towards Akuntan Pendidik profession for undergraduate students in Jember Regency. The sample used was a number of fifth or seventh semester students in accounting students at Muhammadiyah University of Jember, University of Jember, and STIE Mandala Jember. The sample selection tested in this study uses SPPS software. The variables used in this study are Dependent Variable (Y) and Independent Variables (X). For independent variables in this study are Pengakuan Profesional, Lingkungan Kerja, and Gaji/Penghargaan Finansial. For the dependent variable, the interest of accounting students towards Akuntan Pendidik profession.References
Anis., dan Lyna. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntnasi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Artikel Jurnal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Azlina, Nur. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Akuntan. Jurnal: Ichsan Gorontalo. Vol 3 No. 4, November 2008-Januari 2009. Hal 1934-1941
Enny., dan Badingatus. 2014. Profesionalisme Akuntansi Pendidik: Perspektif atau Triger Kualitas Lulusan Akuntansi Di Era Masyarakat. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang & Universitas Dian Nuswantoro.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Dipenogoro.
Heri., dan Abdul., dan Junaidi. 2017. Profesionalisme Akuntan Pendidik: Perspektif atau Triger Kualitas Lulusan Akuntansi di Era Masyarakat Ekonomi Asean. Malang. Universitas Islam Malang.
IAI, 1992. Norma Pemeriksaan Akuntan. Jakarta: Melton Putra Offset.
Indriantoro, Nur., dan Bambang Supomo, 2009. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE.
Khair. 2010. Akuntan Pendidik. https://khair2120.wordpress.com, diakses tanggal 22 Mei 2019
Kusumawati, Innike. 2008. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Akuntansi se-Yogyakarta dalam Pemilihan Profesin Akuntan. Skripsi: Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
Nicho. 2014. Profesi Akuntan Pendidik. http://nichonotes.blogspot.com, diakses tanggal 22 Mei 2019
Restuningdiah, N. 2009. Pengaruh Locus of Control Terhadap Hubungan Komitmen Profesional dan Kepuasan Kerja Akuntan Pendidik. Jurnal Ekonomi Bisnis, Tahun 14 Vol 1, No.2.
Rijal. 2018. Gaji Sertifikasi Guru PNS dan Guru Swasta. https://www.rijal09.com, diakses tanggal 22 Mei 2019
Rio, Rahmat Yusran. 2017. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Terhadap Pemilihan Karir Akuntan/Non Akuntan. Artikel Jurnal: Universitas Putera Batam. Batam
Setiyani, Resdiana. 2005. Faktor-faktor yang membedakan mahasiswa Akuntansi dalam memilih profesi sebagai Akuntan Publik dan Non Akuntan Publik. Tesis: Universitas Diponegoro. Semarang
Umar, Husein. 2003. Metode Riset Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wahyu, Dita. 2006. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Universitas Jember Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pilihan Karir. Skripsi: Universitas Jember. Jember
Widyasari, Yuanita. 2010. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor yang Membedakan Pemilihan Karir. Skripsi: Universitas Diponegoro. Semarang.
Yendrawati, Reni. 2007. Persepsi Mahasiswa dan Mahasiswi Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Sebagai Akuntan. Jurnal: Fenomena Vol. 5 No.2, September Hal 176-19