Upaya Optimalisasi Prestasi Belajar Matematika melalui Pemberian Tes secara Kontinu pada Siswa Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44768Keywords:
Prestasi Belajar, Matematika, Tes Secara KontinuAbstract
Banyaknya siswa yang kurang tertarik terhadap matematika menyebabkan penguasaan dan pemahaman siswa terhadap matematika masih rendah. Hal ini berimbas pada prestasi belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan prestasi belajar matematika melalui pemberian tes secara kontinu pada siswa kelas XI. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas XI yang terdiri atas 23 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian prestasi belajar prasiklus menunjukan bahwa rata-rata nilai prestasi belajar Matematika sebesar 61,71 dengan daya serap belajar mencapai 62%, serta ketuntasan klasikal 53%. Nilai prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata nilai kelas sebesar 74,41 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,12. Untuk daya serap pada siklus I mencapai 82% meningkat pada siklus II menjadi 82%. Sedangkan untuk ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 71% dan pada siklus II mencapai 88%. Jadi, proses pembelajaran dengan pemberian tes secara kontinu dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar lebih giat agar mampu menyelesaikan soal tes yang diberikan dengan nilai yang baik.
References
Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 234–245. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2234.
Andoko. (2020). Peningkatan HOTS dan Prestasi Belajar melalui Metode Inkuiri Kelas 7C SMPN 1 Wonosobo Tahun Pelajaran 2018/2019. Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(1). https://doi.org/10.32699/spektra.v6i1.134.
Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119.
Arif, M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Mapel Sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains SD/MI. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.123-148.
Badria, I. L., Fajarianingtyas, D. A., & Wati, H. D. (2018). Pengaruh Peran Orang Tua dan Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar IPA. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 19–27. https://doi.org/10.24929/lensa.v8i1.33.
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694.
Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 157–165. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.643.
Fitroturrohmah, M., Purwadi, & Azizah, M. (2019). Hubungan Peran Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN Kedung 01 Jepara. Journal of Primary and Children’s Education 2, 2(2), 25–30. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta.
Karyadi. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melaporkan Isi Bacaan melalui Metode Diskusi. BRILLIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(1), 80–91. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i1.28.
Kusumawati, R., & Nayazik, A. (2018). Developing Mathematics Learning Strategy Module Based on Journal Review. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 111–120. https://doi.org/10.24042/ajpm.v9i2.3110.
Mahfudi, H. N. (2020). Hubungan Peran Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Legokulon 2. Education and Learning of Elementary School, 1(1), 1–9. http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/177.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01), 64–73. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127.
Mustika, Z. (2015). Urgenitas Media dalam Mendukung Proses Pembelajaran yang Kondusif. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.311.
Najib, D. A. dan E. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. Jurnal PGMI, 2(1), 19–28. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi pada Kuesioner Online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185.
Prayito. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berbasis Konstruktivisme Berbantuan E-Learning Materi Segitiga Kelas VII. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.26877/aks.v2i2/Septembe.37.
Pristiwanto. (2016). Penerapan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Komponen Peta. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 127–134. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/wahana/article/view/347.
Purnomo, H., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku Penyempurnaan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 67–78. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7697.
Putri, D. P. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn. Journal of Education Action Research, 4(4), 452–458. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28640.
Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Media Bangun Ruang dan Bangun Datar pada Siswa Kelas V SDN Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 204. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854.
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276.
Rufaidah, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dengan Media LKPD pada Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII-B MTS Al-Ma’Arif Bocek Karangploso Tahun Pelajaran 2017/2018. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 95. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2621.
Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Samsul Bahri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254.
Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi, R. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 20. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.78.
Sari, A. P. (2015). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Untung dan Persentase Untung. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1–9. https://doi.org/10.22342/jpm.8.2.1862.1-19.
Srirahayu, R. R. Y., & Arty, I. S. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270.
Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39–54. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293.
Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.7.
Syafari, Y., & Montessori, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa d Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1295–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872.
Virgiawan, M. D., Meryansumayeka, & Marlini, S. (2018). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 29–42. https://doi.org/10.22342/jpm.12.1.5094.29-42.
Wahyuni, N. D., & Jailani, J. (2017). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal Prima Edukasi, 5(2), 151–159. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i2.7785.
Wahyuni, S., Isnarto, & Wuryanto. (2015). Pengembangan Karakter Kedisiplinan dan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Model Laps-Heuristik Materi Lingkaran Kelas-VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7594.