Metode Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.45827Keywords:
Metode Drill, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran matematika berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VI Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan metode drill pada siswa kelas VI SD. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus penelitian. Pada masing-masing siklus penelitian terdapat empat tahapan penelitian Perencanaan, pelaksanaan, pengobservasian, dan perefleksian. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 25 siswa kelas VI Sekolah Dasar. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan metode tes dengan instrument penelitian berupa tes hasil belajar matematika siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran matematika dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1555, rata-rata sebesar 62, daya serap sebesar 62%, ketuntasan belajar sebesar 56%) dan siklus II (jumlah 1765, rata-rata sebesar 71, daya serap sebesar 71%, ketuntasan belajar sebesar 88%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 9% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 32%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD.
References
Adirakasiwi, A. G., & Warmi, A. (2018). Penggunaan Software Cabri 3D Dalam Pembelajaran Matematika Upaya Meningkatkan Kemampuan Visualisasi Spasial Matematis Siswa. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1), 28. https://doi.org/10.24269/js.v3i1.972.
Agusnita, Musdiani, & Fuad, Z. Al. (2021). Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas Ii Sd Muhammadiyah Dengan Metode Drill. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2). https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/download/552/221.
Azhari, B., & Irfan, A. (2019). Model-Eliciting Activities Dalam Menganalisis Kreativitas Pemecahan Masalah Matematika Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Di PTKIN Aceh. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.22373/jppm.v2i1.4495.
Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31970/gurutua.v1i1.9.
Basa, Z. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 943–950. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.461.
Devyanti, K. K. (2021). Pembelajaran Tari Remo Bolet Melalui Metode Drill And Practice Pada Ekstrakurikuler Tari Di SMPN 43 Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 61–75. https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/download/ 552/221.
Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penyelesaian Soal Cerita pada Siswa Diskalkulia ditinjau dari Teori Bruner dengan Metode Drill. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1520.
Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Shalma, S. (2022). Studi Literatur : Implementasi Metode Drill sebagai Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4325–4336. https://doi.org/10.31004/edukatif. v4i3.2800.
Fitri, D. A. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Dengan Metode Drill Bagi Siswa Yang Terindikasi Berkesulitan Belajar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 60–63. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i2.1014.
Fitriyah, A., & Khaerunisa, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Drill Berbantuan Permainan Engklek Termodifikasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 267. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.653.
Fransiska, C., Masykur, R., & Putra, F. G. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Metode Drill ditinjau dari Gaya Belajar. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 131–140. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4147.
Ginanjar, A. Y., Nugraha, F., & Nurhasanah, N. (2022). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1147.
Hadi, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Strategi Interaktif dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Drill pada Siswa Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 16 Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 53–61. http://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/375.
Hayati, N., & Marliani, N. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Drill. Journal Of Mathematics Science And Education, 1(1), 87–101. https://doi.org/10.31540/jmse.v1i1.143.
Hidayati, N. A. (2020). Penerapan Metode Mind Map Berbasis Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 462–468. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.578.
Isnurani, I., Ilmadi, I., Aden, A., Sastro, G., Valentika, N., Nurbaiti, D., Sugianti, D., Ariffah, N., Lestari, P. I., Oktavian, S., Maesaroh, S., Nurmelani, V., N, V. V., & Zufikar, P. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Matematika dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Abdidas, 2(1), 121–126. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.217.
Juniarti, N. K. R., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273.
Kadri, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai) Melalui Sharing Dan Media Audio Visual Pada Materi Iman Pada Hari Akhir Pada Siswa Kelas Xii Mia 2 Sma Negeri 3 Baubau Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Akademik Unidayan, 2(124), 10–23. https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/fkip/ article/view/506.
Kartika, M., & Hiltrimartin, C. (2019). Penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) dalam Pembelajaran Matematika Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Gantang, 4(2), 161–168. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1347.
Muhibudin, A. (2021). Pengaruh Metode Drill Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santriwati Bidang Ilmu Al-Mahid Di Pondok Pasantren Assalafiat II Babakan Ciwaringin Cirebon. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(3), 86. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i3.79.
Nasirun, M., Yulidesni, Y., & Daryati, M. E. (2020). Peningkatan Keterampilan Mengajar Mahasiswa pada Anak Usia Dini melalui Metode Drill. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 441. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.506.
Nawi, A. R., Rahmawati, N. K., & Iswadi, I. (2019). Penerapan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Drill Dan Resitasi Pada Materi Bangun Datar Segitiga. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 13–18. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v9i1:.1978.
Nisa, A., MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. Journal of Primary Education, 4(1), 95. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11655.
Purba, H. S., Drajad, M., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Fungsi Kuadrat dengan Metode Drill and Practice. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 131. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i2.11785.
Rachayu, I., Jauhariansyah, S., & Juwita, E. (2020). Pemanfaatan Metode Drill And Practice Pada Sub Pokok Class Diagram Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(2), 98–103. https://doi.org/10.33258/jder.v1i2.1048.
Rahmawati, N. K. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Drill Dan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Aritmetika Sosial. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 14(25), 59–64. https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no25.a1464.
Sari, D. P., & Sari, N. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Dan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sd Cenderawasih 2 Jakarta. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika, 3(1), 12. https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.7788.
Setiawan, P., & Sudana, I. D. N. (2021). Model Pembelajaran Kontekstual Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 85–91. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.14286.
Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964.
Suardiana, I. M. (2021). Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Action Research, 5(4), 542. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39476.
Suci, D. W., & Taufina, T. (2020). Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Berbasis Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 505–512. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.371.
Zairisma, Z., Apriliani, V., & Yunus, J. (2020). Mathematical Representation Ability of Middle School Students through Model Eliciting Activities with STAD Type. Desimal: Jurnal Matematika, 3(2), 109–116. https://doi.org/10.24042/djm. v3i2.5751.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Made Artiasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.