Metode Inquiri dan Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Muatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD

Authors

  • Ketut Darikini SD Negeri 1 Pemaron, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49467

Keywords:

Metode Inquiri, Metode Diskusi, Hasil Belajar IPA

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA disebabkan guru kurang aktif dan kreatif dalam menemukan atau menciptakan metode pembelajaran inovatif. Proses pembelajaran bersifat rutinitas belajar yang menjemukan bagi siswa karena interaksi belajar yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik (muatan IPA) melalui penerapan metode inquiri dan diskusi pada siswa Kelas V SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian yaitu peningkatan hasil belajar siswa yaitu rata-rata hasil belajar pada prasiklus sebesar 63,71 meningkat pada siklus I menjadi 71,71 dan meningkat menjadi 78,29 pada siklus II. Persentase hasil belajar siswa pada prasiklus sebear 63,71% yang tergolong kurang, siklus I sebesar 71,71% yang tergolong cukup, meningkat pada siklus II menjadi 78,29% yang tergolong baik. Maka, penerapan metode inquiri dan diskusi dapat meningkatkan hasil belajar tematik (muatan IPA) siswa Kelas V SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui penerapan metode inkuiri dan diskusi.

References

Aguswandi. (2018a). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Pada Mata Pelajaran Matematika Dan Pkn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 006 Kota Inuman Kecamatan Inuman. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(1), 60–64. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i1.4878.

Aguswandi. (2018b). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Pada Mata Pelajaran Matematika Dan PKN Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 006 Koto Inuman Kecamatan Inuman. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(1), 60–64. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i1.4878.

Ali, F. A., Jehadus, E., & Fedi, S. (2019). Pengembangan Metode Diskusi Bermuatan Presentasi Sistem Rotasi Pada Mata Kuliah Trigonometri. Journal Of Medives: Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang, 3(2), 293 – 305. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.861.

Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859.

Dewi, A. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 154–161. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15371.

Gevi, G. R., & Andromeda, A. (2019). Pengembangan E-Modul Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory Untuk SMA/ MA. Edukimia, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i1.a8.

Gunawan, Harjono, A., Hermansyah, & Herayanti, L. (2019). Guided Inquiry Model Through Virtual Laboratory To Enhance Students’ Science Process Skills On Heat Concept. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 259–268. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.23345.

Harni. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya di SD Negeri 2 Uebone. Jurnal Paedagogy, 8(2), 181–189. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3481.

Houseal, A. K., Abd-El-Khalick, F., & Destefano, L. (2014). Impact of a student-teacher-scientist partnership on students’ and teachers’ content knowledge, attitudes toward science, and pedagogical practices. Journal of Research in Science Teaching, 51(1), 84–115. https://doi.org/10.1002/tea.21126.

Hutapea, R. H., & Dima, Y. H. (2020). Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.34307/peada.v1i1.10.

I. Maryani, N. N., Husna, M. N., Wangid, A., Mustadi, R., & Vahechart. (2018). Learning Difficulties of the 5th Grade Elementary School Students in Learning Human and Animal Body Organs. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 96 – 105. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.11269.

Indriyani, D., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Inkuiri Berbantuan Media Konkret Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 05 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basicedu, 3(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.74.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurna Basicedu, 6(1), 1064 – 1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124.

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111.

Juniati, E. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Drill dan Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 283–291. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291.

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333.

Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664.

Murtiningsih, C., Dewi Koeswati, H., & Giarti, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Metode Inkuiri Berbantuan Video Interaktif Pada Siswa Kelas Iii Sd. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 309. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.377.

Pahrudin, I., Irwandani, E., Triyana, Y., Oktarisa, C., & Anwar. (2019). The Analysis of Pre-Service Physics Teachers in Scientific Literacy: Focus on the Competence and Knowledge Aspects. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 52 – 62. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.15728.

Putra, W. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 174. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31841.

Putri, L. G. R. A., Japa, I. G. N., & Riastini, P. N. (2021). Media Pembelajaran Videoscribe-Hots Bermuatan IPA Pada Topik Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Kelas IV SD. Mimbar Ilmu Undiksha, 26(3), 451–460. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.38830.

Putri, N. P. L. K., Kusmariyatni, N., & Murda, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(3), 153–160. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.21093.

Rahmawati, R., & Azizah, I. N. (2018). Desain Didaktis Berbasis Model Inkuiri untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 138 – 147. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a1.

Rositayani, N. P. E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Children’S Learning in Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 24(1), 63. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17452.

Sadiyyah, R., Gustiana, M., Panuluh, S. D., & Sugiarni, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Berbasis Mobile Learning untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. PRISMA, 8(1), 80. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.616.

Sari, D. P. (2018). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Pedagogi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 131–134.

Siahaan, K. W. A., Lumbangaol, S. T., Marbun, J., Nainggolan, A. D., Ritonga, J. M., & Barus, D. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Basicedu, 5(1), 195–205. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.614.

Suandi, I. N. (2022). Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 135–140. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.45083.

Supriyani, M. D., Japa, I. G. N., & Margunayasa, I. G. (2021). Tingkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD dengan Media Video Animasi Pembelajaran. Mimbar PGSD Undikhsa, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.40974.

Tut Wuri Handayani. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Di Sd. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 6(2), 130–153. https://doi.org/10.35438/e.v6i2.94.

Verawati, S., Prayogi, S., Gummah, A., Muliadi, M. Y., & Yusup. (2019). The Effect of Conflict-Cognitive Strategy in Inquiry Learning towards Pre-Service Teachers’ Critical Thinking Ability. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 529 – 537. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.21002.

Wairata, E. (2021). Penerapan Metode Belajar Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Pokok Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara. Journal of Education Action Research, 5(3), 392–397. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.35132.

Wiradarma, K. S., Suarni, N. K., & Renda, N. T. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39212.

Wulandini, N. P. W., Wiweka, I. W. E., & Bayu, G. W. (2021). Efektivitas Metode Diskusi Pada Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 143–149. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.35938.

Yasmini, N. M. (2022). Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Journal of Education Action Research, 6(1), 73–79. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44013.

Yoga, I. G. G., Japa, I. G. N., & Gading, I. K. (2021). Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Muatan IPA Materi Suhu Dan Kalor Dengan Video Pembelajaran. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3).

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Darikini, K. (2022). Metode Inquiri dan Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Muatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(3), 354–360. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49467