Pendidikan Seksual Sejak Dini Bagi Orang Tua Siswa Terhadap Kemampuan Menjaga Diri Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.82297Keywords:
Pendidikan Seksual, Menjaga Diri, Anak Usia DiniAbstract
Pendidikan seksual sering dianggap tabu untuk dibahas bersama anak. Orang tua dan siswa cenderung malu untuk membahas pendidikan seksual. Padahal pendidikan seksual sangat penting dibelajarkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pendidikan seksual sejak dini bagi orang tua siswa terhadap kemampuan menjaga diri pada anak usia dini. Jenis penelitian ini yakni penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh orang tua pada siswa-siswi di TK. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini yakni berjumlah 102. Sampel pada penelitian ini yakni orang tua siswa dari kelas kelompok B. dengan jumlah sampel 59. Metode dan instrument pengumpulan data yang dilakukan di penelitian ini adalah non tes yakni dengan kuesioner (angket). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik deskriptif dan data analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi antara Pendidikan seksual sejak dini bagi orang tua siswa dengan kemampuan menjaga diri pada anak usia dini. Implikasi penelitian ini diharapkan mampu memotivasi orang tua terkait pentingnya pendidikan seksual bagi anak di taman kanak-kanak.
References
Afa, D. H. U., & Timika, B. (2023). Sosialisasi Pentingnya Menjaga Diri Bagi Anak-Anak. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2683–2689. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14751.
Azira, N., Binti, F., Muda, S. M., Hazariah, S., Hamid, A., Azira, N., Binti, F., Muda, S. M., Zain, N. M., Hazariah, S., & Hamid, A. (2020). The role of parents in providing sexuality education to their children. Makara Journal of Health Research, 24(3). https://doi.org/10.7454/msk.v24i3.1235.
Azzahra, Q. M. (2020). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini:" My Bodies Belong To Me". Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 4(1), 77–86. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.736.
Bakhtiar, N., & Nurhayati. (2020). Pendidikan seks bagi anak usia dini menurut hadist nabi. GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia DIni, 3(1), 36–44. https://doi.org/10.25299/jge.2020.vol3(1).5383.
Ciptiasrini, U., & D. Astarie, A. (2020). Persepsi dan Peran Orang Tua Terhadap Pemberian Pendidikan Seksual pada Anak. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah, 16(1), 19–26. https://doi.org/10.31101/jkk.612.
Feriani, P. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Pendidikan Seksual pada Anak Usia Dini dengan Perilaku Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak di Tk Al Jawahir Samarinda. Borneo Studies and Research, 1(3), 1542–1546. https://doi.org/https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/1077.
Fitrianai, D., Fajriah, H., & Wardani, A. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift The Flap “Auratku” Dewial of Child and Gender Studies. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 33–46.
Gerda, M. M., Puspitasari, N., Septiani, R. D., & Dewi, N. K. (2021). Peran tri pusat pendidikan dalam pendidikan seksual anak usia dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 2(2), 97–106. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.97-106.
Hanifah, L., Djaali, N. A., & Buntara, A. (2021). Peningkatan Kesadaran Anti Pelecehan Seksual Melalui Pendidikan Kesehatan Reproduksi. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 3(2), 143–153. https://doi.org/10.37012/jpkmht.v3i2.747.
Hardiyanti, D. (2023). Upaya Pengenalan Seks Usia Dini untuk Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3, 190–204. https://doi.org/10.31331/manggali.v3i1.2516.
Hikmah, S. (2017). Aku Anak Berani Melindungi Diri Sendiri. Jurnal SAWWA, 12(2), 187–206.
Hinga, I. A. T. (2019). Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Edukasi Kesehatan Reproduksi Berbasis Media Pada Murid Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). GEMASSIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 83–98. https://doi.org/10.30787/gemassika.v3i1.395.
Irmalia, S. (2020). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal El-Hamra: Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 5(1), 31–37. https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/elhamra/article/view/64.
Kamelia, N. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak ) Stppa Tercapai Di Ra Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 112. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064.
Khoiruzzadi, M., & Fajriyah, N. (2019). Pembelajaran Toilet Training dalam Melatih Kemandirian Anak. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 142–154. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.481.
Lakshita, D. S., Tyastuti, S., & Santi, M. Y. (2020). Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Tentang Pendidikan Seks Anak Usia Dini Pada Guru Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Pakualaman Kota Yogyakarta Tahun 2019. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Lestari, N. E., & Herliana, I. (2020). Implementasi pendidikan seksual sejak dini melalui audio visual.
Magta, M., & Ni Putu, S. D. (2022). Strategi Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Seksual Pada Anak Di Rumah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 265–273. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.50252.
Masykuroh, K., & Qosyasih, N. N. S. (2023). Pelatihan peningkatan kesadaran orang tua pada pendidikan seksual anak usia dini. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 4(1), 21–27. https://jurnal.sttmcileungsi.ac.id/index.php/bemas/article/download/499/370.
Mutiara, Y. (2023). Pendidikan Seksual Dini Sebagai Upaya Mencegah Pelecehan Seksual Anak di Pedesaan. Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 23–34.
Nugroho, S. F., Djatiprambudi, D., & Lodra, I. N. (2022). Pendekatan Seni Musik Sebagai Media Pembelajaran Anak-Anak Kampung Kaliasin Surabaya. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 10(2), 149–159. https://doi.org/10.35706/judika.v10i2.5268.
Nuraeni, F., & Lubis, M. (2022). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 137–143. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.46054.
Nurbaiti, N., Saripudin, A., & Masdudi, M. (2022). Pengembangan Media Sex Education Book Untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Seksual Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 111. https://doi.org/10.24235/awlady.v8i2.11887.
Pujiastuti, N. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Seksual Anak Usia Pra Sekolah. Prosiding Seminar Nasional, 68–74.
Rahmasari, R., & Fathiyah, K. N. (2023). Penerapan Pendidikan Seksual Dini BerbasisMedia Audio Visual melalui Lagu Kujaga Tubuhku. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 842–854. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3754.
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14751.
Talango, S. R. (2020). Konsep perkembangan anak usia dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(01), 93–107.
Tampubolon, G. N., Nurani, Y., & Meilani, S. M. (2019). Pengembangan Buku Pendidikan Seksual Anak Usia 1-3 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 527–536. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.243.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yuni Husniati, Nice Maylani Asril, Dewa Gede Firstia Wirabrata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.