Mobile-Learning Development for Supporting Scientific Approaches in Chemical Learning Using Flipped Classroom Strategy

Authors

  • I Made Tegeh Department of Technological Education, Ganesha University of Education
  • Ida Bagus Nyoman Sundria Department of Technological Education, Ganesha University of Education
  • I Komang Sudarma Department of Technological Education, Ganesha University of Education
  • I Gde Wawan Sudatha Department of Technological Education, Ganesha University of Education

DOI:

https://doi.org/10.23887/jere.v4i2.24684

Keywords:

mobile learning, pendekatan saintifik, flipped classroom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik M-learning yang efektif untuk mendukung flipped classroom pada pembelajaran kimia SMA menggunakan pendekatan saintifik dan kelayakan M-learning yang dikembangkan dilihat dari validitas isi, media, dan desain pembelajaran, serta keterbacaan oleh pengguna. Penelitian ini difokuskan pada pembuatan prototipe  M-learning pada topik kimia SMA kelas X dan prototipe pembelajaran M-Learning untuk satu topik kimia yang telah memenuhi kelayakan konten, pedagogi, desain media, uji coba teknis dan individual.  M-learning dapat diakses oleh pengguna yang dapat diposisikan sebagai guru atau siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik M-learning adalah menyajikan materi ikatan ion dan kovalen, strategi yang digunakan adalah felipped classroom, pembelajaran diarahkan untuk mengikuti langkah-langkah pendekatan saintifik mulai dari mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan, serta setiap pertemuan M-learning berisi materi, video, lembar kerja siswa, dan chatting, (2) produk M-learning menurut ahli isi berkriteria cukup baik dengan nilai 72,31, ahli media pembelajaran dan ahli desain pembelajaran memberikan nilai masing-masing 96,92 dan 95,00 dengan kriteria sangat baik, dan uji coba individu dari tiga orang siswa yang berkemampuan rendah, sedang, dan tinggi menunjukkan hasil yang baik dengan rerata penilaian 82,86. Hal ini dapat disimpulkan bahwa M-Learning dengan strategi flipped classroom dapat mendukung pendekatan ilmiah dalam pembelajaran kimia.

References

Anglin, G. J., Vaez, H. & Cunningham, K. L. 2004. Visual Representations and Learning: The Role of Static and Animated Graphics. Dalam David H. Jonassen (Ed.). Handbook of Research on Educational Communications and Technology (hlm. 865-916). Mahwah: Lawrence Erlbaum Associates.

Anohah, E., Oyelere, S. S., & Suhonen, J. 2017. Trends of mobile learning in computing education from 2006 to 2014: A systemic review of research publications. International Journal of Mobile and Blended Learning, 9(1): 16-19.

Baser, M. 2006. Promoting Conceptual Change through Active Learning Using Open Source Software for Physics Simulations. Australasian Journal of Educational Technology, 22(3): 336-354.

Bishop, J. L., & Verleger, M. A. 2013 The Flipped Classroom: A Survey of Research. 120th Annual Conference & Exposition, June 23-26: Atlanta.

Chung, E.J & Lee, B.H. 2018.The effects of flipped learning on learning motivation and attitudes in a class of college physical theraphy students. Journal of Problem-Based Learning, 5(1): 29-36.

Danker, B. 2015. Using Flipped Classroom Approach to Explore Deep Learning in Large Classroos. The IAFOR Journal of Education, 3(1): 171-186.

Dasna, I.W. 2005. Kajian Implementasi Model Siklus Belajar (Learning Cycle) dalam Pembelajaran Kimia. Makalah Seminar Nasional MIPA dan Pembelajarannya, FMIPA UM – Dirjen Dikti Depdiknas, 5 September 2005.

Degeng, I N.S. 2016. Revolusi Mental Pendidikan Guru untuk Memperbaiki Kualitas Pembelajaran. Procceding KONASPI 8. Diselenggarakan pada 12-15 Oktober 2016: Jakarta.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J.O.2001 The Systematic Design of Instruction (Fifth Ed).New York: Longman.

Elian, S. A. & Hamaidi, D.A. 2018. The effect of using flipped classroom strategy on the academic achievement of fourth grade students in Jordan. iJET, 13(2): 110-125.

Florida, J. (2012). Analogy-Integrated e-Learning Module: Facilitating Students’ Conceptual Understanding. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching, 31(2), 139-157.

Falvo, D. 2008. Animations and Simulations for Teaching and Learning Molecular Chemistry. International Journal of Technology in Teaching and Learning, 4(1): 68-77.

Garza, A. S. 2014.The Flipped Classroom Teaching Model and It’s Use for Information Literacy Instruction. Communication in Information Literacy, 8(1):7-22.

Given, B.K. 2002. Teaching to The Brain’s Natural Learning System. Alexandria:ASCD

Jong, D.D., Grundmeyer, T., & Anderson, C. 2018. Comparative study of elementary and secondary teacher perceptions of mobile technology in classrooms. International Journal of Mobile & Blended Learning, 10(1): 12-15.

Kalyuga, S. 2007. Enhancing Instructional Efficiency of Interactive E-learning Environments: A Cognitive Load Perspective. Educ Psychol Rev, 19:387–399.

Luther, A.C. 1994. Authoring Interactive Multimedia. Boston: AP Professional.

Kirna. I M. 2004. Penerapan Strategi Realita-Analogi-Diskusi Menggunakan Multimedia Untuk meningkatkan Kualitas Pemahaman Siswa SMA Kelas I Semester I tentang Materi dan Perubahan Materi. Laporan Penelitian. Singaraja: STKIP Singaraja.

Kirna, I M., Sukerti, M. & Suardana, N. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Sains yang Berorientasi Konteks dan Struktur (Contextuals and Structure Oriented Learning) pada Kompetensi Dasar Kimia di SMP. Laporan Penelitian Hibah Bersaing, Singaraja: Undiksha.

Kirna, I M. 2009. Pengembangan Pemahaman Konseptual Kimia pada Pebelajar Pemula dengan Model Sinkronisasi Makroskopis dan Sub-mikroskopis Berbantuan Multimedia Interaktif, Laporan Penelitian Fundamental. Singaraja: Undiksha

Kirna, I M. 2010. Integrasi Hypermedia dalam Strategi Siklus Belajar Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia Siswa SMP yang Memiliki Dua Gaya Belajar Berbeda. Laporan Hibah Doktor. Malang: PPS UM

Kirna, I M. 2012. IbM Kelompok Guru Kimia SMAN 1 Sukasada dan SMAN 2 Busungbiu. Laporan P2M : UNDIKSHA.

Kirna, I M. 2012b. Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Siklus Belajar Pada Topik Asam-Basa. Proseding Seminar FMIPA II di UNDIKSHA, 30 Nopember 2012.

Kirna, I M. 2013. Penerapan Strategi Problem Posing yang disampaikan secara Blended Learning pada Perkuliahan Chemical Bonding. Proseding Seminar Nasional FMIPA III di UNDIKSHA, 30 Nopember 2013.

Kirna, I M., & Mahadewi, N.L.P.P. 2014. Pengembangan Konten Online untuk Mendukung Blended Learning pada Perkuliahan Kimia Kuantum Dasar. Laporan Penelitian HB Desentraisasi. Singaraja: UNDIKSHA.

Kirna, I M., Sudria, I B.N., Tegeh, I M. 2015. Konten Online untuk Peningkatan Pemerataan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia SMA, Laporan Penelitian STRANAS Tahun I, Singaraja, UNDIKSHA.

Leacock, T. L. & Nesbit, J. C. 2007. A Framework for Evaluating the Quality of Multimedia Learning Resources. Educational Technology & Society, 10 (2): 44-59.

Lawson, A.E. 1995. Science Teaching and the Development of Thinking. California: Wadsworth Publishing Company.

Maxcy, S. J. 2003. Pragmatic Threads in Mixed Methods Research in the Social Sciences: The Search for Multiple Mode of Inquiry and the End of the Phylosophy of Formalism. Dalam A. Tashakkori & C. Teddlie (Eds.). HandBook of Mixed Methods in Social & Behavioral Research (hlm. 51-89). London : SAGE Publications.

Passerini, K. 2007. Performance and Behavioral Outcomes in Technology-Supported Learning: The Role of Interactive Multimedia. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 16(2):183-210.

Roblyer, M. D. 2013. Integrating Educational Technology into Teaching (sixth Ed.) Upper Boston, MA: Pearson.

Rosenthal, D. & Weitz, R. (2012). Large-Course Redesign via Blended Learning: A Post-Implementation Assessment Across Institutions. International Journal on E-Learning, 11(2), 189-207.

Smaldino, S. E., Russell, J. D., Heinich, R. & Molenda, M. 2005. Instructional Technology and Media for learning (8th Ed.). Upper Saddle River: Pearson Education, Inc.

Stieff, M. 2005. Connected Chemistry: A Novel Modeling Environment for the Chemistry Classroom, (Online), 82(3), (http://www.JCE.DivCHED.org, diakses 22 April 2007).

Turkmen, H. 2006. What Technology Plays Supporting Role in Learning Cycle Approach for Science Education. The Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, (Online), 5(2): 1303-6521, (http://www.eric.ed.gov/ ERICWebPortal/recordDetail?accno, diakses 20 Agustus 2008).

Tversky, B. 2005. Prolegomenon to Scientifict Visualization. Dalam J. K. Gilbert (Ed.). Visualization in Science Education (hlm. 29-42). Dordrecht: Springer.

Wu, H.K., Krajcik, J. S. & Soloway, E. 2001. Promoting Understanding of Chemical Representations: Students’ Use of a Visualization Tool in the Classroom. Journal of Research in Science Teaching, 38(7): 821-842.

Zumbach, J. 2006. Cognitive Overhead in Hypertext Learning Reexamined: Overcoming the Myths. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 15(4): 411-433.

Downloads

Published

2020-05-01

How to Cite

Tegeh, I. M., Sundria, I. B. N., Sudarma, I. K., & Sudatha, I. G. W. (2020). Mobile-Learning Development for Supporting Scientific Approaches in Chemical Learning Using Flipped Classroom Strategy. Journal of Education Research and Evaluation, 4(2), 143–151. https://doi.org/10.23887/jere.v4i2.24684

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)