The Role of Tax Literacy on Economics Undergraduated Students' Tax Awareness
Keywords:
tax literacy, tax awareness, undergraduated studentsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi pajak serta pengaruhnya terhadap kesadaran pajak pada mahasiswa. Rancangan penelitian menggunakan explanatory research dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive yaitu seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha yang telah memperoleh mata kuliah pajak dengan jumlah 233 responden. Data dikumpulkan dengan menggunaka tes literasi pajak dan kuesioner untuk kesadaran pajak. Hasil statistik deskriptif menunjukkan secara rata-rata tingkat literasi pajak mahasiswa masih tergolong sedang cenderung rendah yaitu sebesar 61,62. Indikator pemahaman tentang pendaftaran sebagai wajib pajak dan perhitungan jumlah pajak yang terutang memiliki skor yang masih rendah. Selanjutnya, berdasarkan pengujian regresi sederhana, menunjukkan nilai koesien β sebesar 0,168 dengan nilai sig. 0,027 < 0,05 yang menjelaskan adanya pengaruh positif dan signifikan antara literasi pajak dan kesadaran pajak mahasiswa. Untuk itu upaya peningkatan literasi pajak di kalangan mahasiswa sangat diperlukan untuk menumbuhkan kesadaran pajak.
References
Alexander, P., Balavac, M., Mukherjee, S., & Lymer, A. (2018). Improving tax literacy and tax morale of young adults.
AR, H. (2014). Tax awareness and tax education: A perception of potential taxpayers. International Journal of Business, Economics and Law, 5(1), 83–91.
Arisandy, N. (2017). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Bisnis Online di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 1.
Awwalina Farihin Yadinta, P., Suratno, S., & Mulyadi, J. M. . (2018). Kualitas Pelayanan Fiskus, Dimensi Keadilan, Kesadaran Wajib Pajak dan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 5(02), 201–212. https://doi.org/10.35838/jrap.v5i02.186
Barieyah Mat Bahari, A., & Ming Ling, L. (2009). Introducing Tax Education in Non‐Accounting Curriculum in Higher Education: Survey Evidence. Journal of Financial Reporting and Accounting, 7(1), 37–51. https://doi.org/10.1108/19852510980000640
Bornman, M., & Ramutumbu, P. (2019). A conceptual framework of tax knowledge. Meditari Accountancy Research, 27(6). https://doi.org/10.1108/MEDAR-09-2018-0379
Bornman, M., & Wassermann, M. (2020). Tax knowledge for the digital economy | Bornman | Journal of Economic and Financial Sciences. Journal of Economic and Financial Sciences, 13(1), 1–11.
Bornman, M., & Wessels, J. (2017). The role and dimensions of taxpayer commitment in tax compliance behaviour. EJournal of Tax Research, 15(3).
Brackin, T. (2014). Taxation as a component of financial literacy: How literate are Australians in relation to taxation [Griffith University, Queensland, Australia]. https://doi.org/10.25904/1912/2318
Chardon, T., Freudenberg, B., & Brimble, M. (2016). Weathering the storm: tax as a component of financial capability. EJournal of Tax Research, 14(3), 650–682.
Chardon, T., Freudenberg, B., & Brimble, M. (2016). Tax literacy in Australia: Not knowing your deduction from your offset. Australian Tax Forum, 31(2), 321–362.
Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). An analysis of personal financial literacy among college students. Financial Services Review, 7(2), 107–128. https://doi.org/10.1016/S1057-0810(99)80006-7
Cvrlje, D. (2015). Tax literacy as an instrument of combating and overcoming tax system complexity, low tax morale and tax non-compliance. The Macrotheme Review, 4(3).
Dantes, N. (2012). Metode Penelitian (P. Christian (ed.)). Penerbit Andi.
Dianastiti, F. E., Novitasari, N., & Wati, A. F. (2020). Urgensi Inklusi Pajak pada Mata Kuliah Umum di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Persepsi dan Pemahaman Perpajakan Mahasiswa Universitas Tidar. Journal of Public Administration and Local Governance, 4(1), 65–80. https://doi.org/10.31002/JPALG.V4I1.2394
Dwiyanti, F. S. (2020). PENGARUH LITERASI PAJAK, PEMERIKSAAN PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PAJAK MELALUI KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada UMKM di Kota Semarang) (Issue 7101416309). Universitas Negeri Semarang.
Edukasi.pajak.go.id. (2016). Strategi Inklusi Kesadaran Pajak.
Ermawati, N. . (2018). Pengaruh Religiusitas, Kesadaran Wajib Pajak Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Stie Semarang, 10(1), 106–122. https://doi.org/10.33747/stiesmg.v10i1.89
Fitria, D. (2017). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 4(1), 30. https://doi.org/10.30998/jabe.v4i1.1905
Fitrianingsih, F., Sudarno, S., & Kurrohman, T. (2018). Analisis Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Denda Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan Di Kota Pasuruan. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 5(1), 100. https://doi.org/10.19184/ejeba.v5i1.7745
GERGER, GC, TÜREGÜN, F., & GERÇEK, A. (2019). THE IMPORTANCE OF TAX LITERACY IN TAX COMPLIANCE, SUGGESTIONS TO BE DEVELOPED IN THE CASE OF COUNTRY APPLICATIONS. International Public Finance Conference, 209–215. https://doi.org/10.26650/PB/SS10.2019.001.032
Gusrefika, R. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Sanksi Pajak, Motivasi Membayar Pajak Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi UMKM di KPP Pratama Tampan Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1v(1), 1–15.
Herawati, N. T. (2015). Kontribusi Pembelajaran Keuangan di PT dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa FEB Undiksha. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Undiksha, Vol.48(1.3), 60–70.
Herawati, N. T. (2017). Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Seminar Nasional Riset Inovatif 2017, 5, 131–137.
Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296–316. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x
Johanes Herbert Tene, Jullie J. Sondakh, J. D. L. W. (2017). PENGARUH PEMAHAMAN WAJIB PAJAK, KESADARAN PAJAK, SANKSI PERPAJAKAN DAN PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2).
Kemenkeu.go.id. (2019). Mengenal Rasio Pajak Indonesia.
Kompartemen Akuntan Pajak, I. A. I. (2016). Modul Pelatihan Pajak Terapan Brevet AB Terpadu. Ikatan Akuntan Indoensia.
Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). TINGKAT LITERASI KEUANGAN PADA MAHASISWA S-1 FAKULTAS EKONOMI. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 17(1), 76–85. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76-85
Pratama, W. P. (2021). Terungkap, 3 alasan Penerimaan Pajak 2021 melampaui target. Ekonomi Bisnis.Com.
Putro, B. B. R. P., & Tjen, C. (2020). Analysis of Tax Education and Tax Knowledge: Survvey on University Student in Indonesia. Journal of the Australasian Tax Teachers Association, 15(1), 232–250.
Ramalan, S. (2021). Rasio Pajak RI Masih Rendah Dibandingkan Negara ASEAN Lain. Ekbis.Sindonews.Com.
Setiyani, N. M. dkk. (2018). Pengaruh Motivasi Wajib Pajak dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening (Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Di Kota Semarang). Journal Of Accounting, 1–18.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfabeta.
Suyanto, S., & Trisnawati, E. (2016). THE INFLUENCE OF TAX AWARENESS TOWARD TAX COMPLIANCE OF ENTREPRENEURIAL TAXPAYERS AND CELENGAN PADJEG PROGRAM AS A MODERATING VARIABLE: A Case Study At The Pratama Tax Office Of Wonosari Town. Inferensi, 10(1), 47. https://doi.org/10.18326/infsl3.v10i1.47-68
Wilson, R. (2014). The Routledge companion to accounting education.
Downloads
Published
Issue
Section
License
JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).