Penerapan Lesson Study pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Perubahan Lingkungan Pembelajaran 1

Authors

  • Titah Amalia Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Putu Parmiti Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Rudi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jil.v1i2.39270

Keywords:

Lesson study, Aktivitas Siswa

Abstract

Lesson study muncul sebagai salah satu alternatif yang berguna untuk mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Sekarang ini masih  banyak praktik pembelajaran di Indonesia yang cenderung melakukan pembelajaran secara konvensional. Praktik pembelajaran konvensional semacam ini lebih cenderung menekankan pada bagaimana guru mengajar dari pada siswa belajar, dan secara keseluruhan hasilnya tidak banyak memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran siswa. Adapun tahapan-tahapan dalam Lesson study yaitu: (1) Perencanaan (Plan); (2) Pelaksanaan (Do); (3) Refleksi (See). Dalam hal ini, Lesson study dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran yang dilakukan di Kelas VA SD Negeri 1 Banjar Jawa Semester Genap Tahun Ajaran  2018/ 2019 ke arah yang jauh lebih efektif. Fokus yang paling utama dari Lesson study adalah pengembangan dan pembelajaran yang dilakukan siswa, misalnya apakah siswa menunjukkan minat dan motivasinya dalam belajar, bagaimana siswa bekerja dalam kelompok kecil, bagaimana siswa melakukan tugas-tugas yang diberikan guru, serta hal-hal lainya yang berkaitan dengan aktivitas, partisipasi, serta kondisi dari setiap siswa dalam mengikuti setiap pembelajaran. Dengan demikian, pusat perhatian tidak lagi hanya tertuju pada bagaimana cara guru dalam mengajar sebagaimana lazimnya dalam sebuah supervisi kelas yang dilaksanakan oleh kepala sekolah atau pengawas sekolah.

 

 

Author Biographies

Titah Amalia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Desak Putu Parmiti, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Wayan Rudi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

DAFTAR PUSTAKA

Hendayana, Sumar, et al. 2009. Lesson Study Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Rizqi Press.

Herawati. Chotimah, Husnul. Joharmawan, Ridwan. Jumiati. Sari, Yuyun D. Sunarjo. 2011. Lesson study Berbasis Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang

Penelitian yang relevan

Santyasa, I.W. 2009. Implementasi Lesson study Dalam Pembelajaran. Nusa Penida: Universitas Pendidikan Ganesha

Widodo, A. Sumarno, U. Nurjhani, M. Riandi. 2007. Peranan “ Lesson study”dalam Peningkatan Kemampuan Mengajar Mahapeserta didik Sebagai Calon Guru. Tidak dipublikasikan. Bandung : FMIPA UPI Bandung.

Bill Cerbin & Bryan Kopp. A Brief Introduction to College Lesson study. Lesson study Project. online: http ://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm

Catherine Lewis (2004) Does Lesson study Have a Future in the United States?. Online: sowi-online.de/journal/2004-1/lesson_lewis.htm

Lesson study Research Group online: tc.edu/lessonstudy/whatislessonstudy.html

Sumber : http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2018/09/12/lesson-study-untuk-meningkatkan-pembelajaran/.

Downloads

Published

2022-08-30

Issue

Section

Articles