Penerapan Model Make A Match Berbantuan Audiovisual Berorientasi Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD
Keywords:
PKn, Audiovisual, Make A MatchAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PKn di SD Negeri 4 Banyuasri Singaraja setelah penerapan model pembelajaran Make a Match berbantuan media audiovisual berorientasi Lesson Study. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa III SD Negeri 4 Banyuasri, sebanyak 30 orang. Bentuk analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada refleksi awal rata-rata hasil belajar PKn hanya mencapai 60 dengan (M%) sebesar 60% yang masih berada pada kategori rendah. Hasil penelitian meningkat pada siklus I dengan rata-rata nilai 77 dan (M%) sebesar 77,17% yang juga masih berada pada kategori sedang. Setelah dilaksanakan perbaikan tindakan pada siklus II, rata-rata nilai hasil belajar IPA siswa semakin meningkat mencapai 86 dengan (M%) sebesar 86% yang sudah masuk pada kategori tinggi. Adapun peningkatan hasil belajar PKn dapat dilihat dari hasil perhitungan gain score adalah sebesar 0,60. Jadi model pembelajaran Make a Macth berbantuan media audiovisual berorientasi Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III di SD Negeri 4 Banyuasri Singaraja.
References
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, A. A. Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Sleman: Depublish.
Abizar, Haris. 2017. Buku Master Lesson Study.Yogyakarta: DIVA Press
Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asra, Darmawan dan Riana. 2007. Komputer dan Media Pembelajaran di SD. Dirjendikti: Jakarta.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Fajar, Arnie. 2002. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Huda, Mittahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar. Kuncoro, Lenny. 2009. “Make a Match”. Tersedia pada http/motivasimotivasi-belajar-fungsi.ac.id (diakses tanggal 31/5/2018).
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pers.
Suarsi. 2012. Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Indeks.
Sudjana, N. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susetyo, B. 2015. Prosedur Penyusunan dan Analisis Tes untuk Penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif. Bandung: PT Refika Aditama.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Susilo, Herawari, dkk. 2011. Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Banyumedia Publishing.
Thobroni dan Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: AR-Ruzz.
Media Pustaka Belajar. Uno, Hamzah. B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukuranya. Jakarta: Bumi Aksara.
Winarno. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan Persekolahan Standar isi dan Pembelajarannya. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.