Penerapan Teknik Permainan ABC dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD
Keywords:
Permainan, ABC, Hasil BelajarAbstract
Penelitian dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 4 Kaliuntu.Rendahnya hasil belajar IPS disebabkan oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Dalam penelitian ini, guru menerapkan teknik permainan ABC yang merupakan salah satu jenis permainan tradisional. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 4 Kaliuntu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus I dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa dengan nilai rata-rata adalah 72,89 dan persentase ketuntasan klasikal 71%. Pada siklus II hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan menjadi 80,13 dengan persentase ketuntasan klasikal 82%. Target penelitian telah tercapai pada siklus dua yaitu nila rata-rata hasil belajar siswa berdasarkan PAP masuk kategori tinggi sehingga disimpulkan bahwa penggunaan teknik permainan ABC dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 4 Kaliuntu Tahun 2018/ 2019.
References
Agung, Anak Agung Gede. 2016. Statiska Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish
Anonim. Undang-Undang No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Anonim. Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Jakarta: Sekretariat Negara.
Aqib, Zainal. 2013.Model-Model Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Aqib Zainal, dkk.2009.Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi dkk.2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Chabib, Thoha.2001. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Depdiknas.2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Balai Pustaka. Jakarta.Karso,dkk. 2007. Pendidikan Matematika. Banten. Universitas Terbuka.
Ekawarna.2010.Pengertian Tindakan Kelas.Jakarta: Gaung Persada.
Erci, Sarjan N. Husain dan Lestari MP Alibasyah. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ipa Melalui Pendekatan CTL di Kelas V SD Inpres 03 Terpencil Baina’a. Palu: Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 6.
Gunawan, Rudy.2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, Oemar.2011.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Istiharah.2013.Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Teknik Permainan Pencarian Harta Karun pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 7 Cakra Negara Tahun Pelajaran 2013/2014. Mataram: FKIP Universitas Mataram.
Komalasari, Kokom.2013.Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Kurniasih, I. dan B. Sani. 2014. Teknik & Cara Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas Untuk Mengembangkan Profesi Guru. Yogyakarta: Kata Pena.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Mikarsa, Hera L., dkk. 2008. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Moedjiono dan Hasibuan.1985. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Muhan, Sukardi. 2008.Evaluasi Pendidikan dan Prinsip Oprasional. Jakarta Timur: Bumi Aksara..
Nurkencana, Wayan dan Sunartana, 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Purwanto.2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Purwanto.2011.Evaluasi dan Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Riyanto, H. Y.. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Runtukahu, Tombokan dan Selpius Kandou.2014. Pembelajaran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Arruzz Media.
Sanjaya (2013) Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sapriati, A. dkk. 2009. Pembelajaran IPA di SD.Jakarta: Universitas Terbuka.
Sapriyadi. 2009.Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Arruz Media.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, M.2001.Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suparman, Lalu, A.A.I.Ngurah Marhaeni dan Nyoman Dantes. 2013. The Effect Of Contextual Teaching And Learning Approach And Achievement Motivation Upon Students‘ Writing Competency For The Tenth Grade Students Of SMAN 1 Keruak In The Academic Year 2012-2013. Singaraja: e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Volume 1.
Susanto, A. 2013. TeoriBelajardanPembelajaran di SekolahDasar. Jakarta: KencanaPrenadamedia Group.
Syaiful.2003.Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Afabeta
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.