Penerapan Model TGT Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkat Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV

Authors

  • Ni Pt Juni Antari
  • Nyoman Kusmariyatni

Keywords:

Hasil Belajar, Audio Visual, TGT

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVB SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media audio visual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri 3 Banjar Jawa yang berjumlah 32 siswa dengan 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif bentuk isian (fill in test). Hasil penelitian ini menunjukkan persentase rata-rata hasil belajar IPA pada siklus I adalah 71% berada pada kriteria sedang dan pada siklus II adalah 87.9% berada pada kriteria tinggi. Dengan demikian, persentase rata- rata hasil belajar IPA siswa secara klasikal meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 16.9%. Selanjutnya, banyaknya siswa yang memperoleh skor 85 pada siklus I adalah 53.1% (17 siswa) dari 32 siswa dan pada siklus II adalah 81.2% (26 siswa) dari 32 siswa memperoleh skor 85. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 16.9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVB SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2018/2019.

References

Agung, A. A. G. 2010. “Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Analisis Data dalam PTK)” Makalah disajikan dalam Workshop Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha. PGSD FIP Undiksha Singaraja, 27 September 2010.

Agung, A.A Gede. 2012. Metodelogi Penelitian. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Anas Sudijono (2010:107) Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Aris, Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Farhani, Izah. 2010. The Effectiveness Of Teams-Games-Tournament To Teach Reading Viewed From Students’ Self-Esteem. Surakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Isjoni, H. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasarn Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih, I. dan B. Sani. 2014. Teknik & Cara Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas Untuk Mengembangkan Profesi Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Miftahul Huda (2013: 197) Huda, Miftahul. 2013. Model – Model Pengajarandan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mugas, Indra. 2014. Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Dengan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas VC SD Islam Hidayatullah Kota Semarang. Semarang: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Riyanto, H. Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan

Sanjaya (2013) Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-08-03

How to Cite

Antari, N. P. J., & Kusmariyatni, N. (2020). Penerapan Model TGT Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkat Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Tri Hita Karana, 1(1), 28–37. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPDI/article/view/27834

Issue

Section

Articles