Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Bermuatan Tri Hita Karana Materi Gaya Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas IV
Keywords:
komik digital, gaya, Tri Hita KaranaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran komik digital bermuatan Tri Hita Karana materi gaya pada tema 8 subtema 1 kelas IV yang valid dan praktis digunakan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan sampai pada tahap Development. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner melalui Google Form serta pemberian instrumen penilaian. Analisis data menggunakan rumus persentase kemudian dikonversi ke dalam tabel skala lima. Hasil validitas media dari ahli materi sebesar 98% termasuk kualifikasi sangat baik. Hasil validitas media dari ahli media sebesar 95% termasuk kualifikasi sangat baik. Hasil kepraktisan yang didapat dari guru sebesar 98% termasuk kategori sangat praktis. Sedangkan hasil kepraktisan dari siswa sebesar 96% termasuk kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran komik digital bermuatan Tri Hita Karana materi gaya pada tema 8 subtema 1 kelas IV valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Adinata, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Gaya dan Gerak Miniatur Ekskavator Berbasis Kontekstual pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar.
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVI(1), 98–107.
Ambaryani, & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Efektifitas Dan Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1), 19–28.
Hakim, A. F. (2017). PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT-ALAT PEMBAYARAN INTERNASIONAL PADA MATERI PEREKONOMIAN TERBUKA.
Ilham, R. S., & Rimanto, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 150–157.
Inawati, I., & Sanjaya, M. D. (2018). Kemampuan Membaca Cepat Dan Pemahaman Siswa Kelas V Sd Negeri Oku. Jurnal Bindo Sastra, 2(1), 173. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i1.927
Mediawati, E. (2011). Pembelajaran Akuntansi Keuangan Melalui Media Komik untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 61–68.
Netriwati, M. P. & M. S. L. M. P. (2013). Media Pembelajaran Matematika. ALFABETA. May, 5.
Rifky, H. &. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46.
Rohmanurmeta, F. M., & & Dewi, C. (2018). Pengaruh Media Komik Digital Pelestarian Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SNasPPM, 3(1), 87–90. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105929
Siwardani, N. W., Dantes, N., & Sunu, I. G. K. A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran ADDIE terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2014 / 2015. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 1–10.
Wicaksono, A. G. (2017). Efektifitas Penggunaan Media Komik Komsa Berbasis Kontekstual Dalam Pembelajaran Sains Di SD (pp. 1–6).