Aktivitas Pembelajaran Mendongeng Berbantuan Media Wayang Kertas Berbasis Nilai Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Literasi Budaya dan Kemampuan Metakognitif

Authors

  • Ni Komang Hernawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Japa I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Ni Komang Hernawati, I Wayan Widiana, I Gusti Ngurah Japa

Abstract

Kemampuan literasi siswa rendah terutama pada pembelajaran bahasa Indonesia materi mendongeng. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan aktivitas pembelajaran mendongeng berbantuan media wayang kertas berbasis nilai-nilai Tri Hita Karana. Jenis penelian pengembangan model 4-D. Subjek penelitian yaitu 4 ahli aktivitas pembelajaran. Subjek uji coba yaitu 26 siswa. Populasi berjumlah 137 orang. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, studi dokumentasi, kuesioner, dan tes. Instrumen penelitian yaitu rating scale. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu hasil penilaian validasi isi aktivitas pembelajaran 4.0< X ≤ 5.0 sehingga memiliki kualifikasi sangat baik. Hasil uji hipotesis I yaitu koefisien F sebesar 11,133 sehingga terdapat perbedaan kemampuan metakognitif. Hasil hipotesis II yaitu koefisien F sebesar 6,648 sehingga terdapat perbedaan literasi budaya. Hasil hipotesis III yaitu bahwa koefisien F sebesar 6,964 sehingga terdapat perbedaan secara simultan literasi budaya dan kemampuan metakognitif. Disimpulkan bahwa aktivitas pembelajaran mendongeng dengan menerapkan pembelajaran berbantuan media pembelajaran wayang kertas dapat meningkatkan literasi budaya dan kemampuan metakognitif.

References

Adadan, E., & Oner, D. (2018). Examining preservice teachers’ reflective thinking skills in the context of web-based portfolios: the role of metacognitive awareness. Australian Journal of Teacher Education, 43(11), 26–50. https://doi.org/10.14221/ajte.2018v43n11.2

Agustina, I. R., Andinasari, A., & Lia, L. (2020). Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Zat Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 1. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2491

Ahsani, E. luthfi F., & Azizah, N. R. (2021). Implementasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317

Andriani, N., Saparini, S., & Akhsan, H. (2018). Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa SMP Kelas VII Di Sumatera Selatan Menggunakan Kerangka PISA (Program for International Student Assesment). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 278. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5288

Atmaji, R. D., & Maryani, I. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains Materi Organ Gerak Hewan Dan Manusia Kelas V SD. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(1). https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i1.687

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Berger, J. L., & Karabenick, S. A. (2016). Construct Validity of Self-Reported Metacognitive Learning Strategies. Educational Assessment, 21(1), 19–33. https://doi.org/10.1080/10627197.2015.1127751

Bhoke, W. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Karakter dengan Model Realistic Mathematics Education pada Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 58. https://doi.org/10.21043/jpm.v3i1.6973

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923

Dewi, N. R., Kannapiran, S., & Wibowo, S. W. A. (2018). Development of digital storytelling-based science teaching materials to improve students’ metacognitive ability. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 16–24. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.12718

Diyana, T. N., Supriana, E., & Kusairi, S. (2020). Pengembangan multimedia interaktif topik prinsip Archimedes untuk mengoptimalkan student centered learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 171–182. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27672

Dwija Putri, I. G. A. M. A., Ulupui, I. G. K. ., & Wirawati, N. G. P. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance dan Budaya Tri Hita Karana Pada Kinerja Bank Perkreditan Rakyat. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 17. https://doi.org/10.24843/jiab.2017.v12.i01.p03

Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097

Esi Febrina, & Mukhidin. (2019). Metakognitif sebagai Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Abad 21. Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 25–32. https://doi.org/10.17509/edusentris.v6i1.451

Fadilla, F., & Purwaningrum, J. P. (2021). Menumbuhkan Kemampuan Representasi Matematis dan Metakognitif Siswa Kelas XIII SMP Menggunakan Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending). AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 155–168. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7679

Fadzilah, F., Royana, I. F., & Handayani, D. E. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tema VI Cita-Citaku Subtema I Aku dan Cita-citaku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 223–230. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19258

Fahmi, Z. (2013). Indikator Pembelajaran Aktif Dalam Konteks Pengimplementasian Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem). Al-Ta Lim Journal, 20(1), 278–284. https://doi.org/10.15548/jt.v20i1.24

Firdaus, A., & Zattullah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Budaya, Kompetensi Lintas Budaya dan Ketahanan bagi Peacekeeper dalam Misi Perdamaian PBB. Pendipa: Jurnal Pendidikan Sains Universitas Bengkulu, 6(1). https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.169-176

Fitri, R. (2017). Metakognitif pada Proses Belajar Anak dalam Kajian Neurosains. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 56. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p56-64

Gandolfi, E., Soyturk, I., & Ferdig, R. E. (2021). Evaluating U.S. gamers’ metacognitions about digital entertainment: Validation of Metacognition about Online Gaming Scale in the U.S. context. Journal of Affective Disorders, 259. https://doi.org/10.1016/j.jad.2021.08.133

Hashimoto, T., Hayashi, Y., & Seta, K. (2019). Metacognitive Inference Activity Support by Visualizing Eye-Movement Graph During Critical Reading. Procedia Computer Science, 159. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.372

Helaluddin. (2018). Desain Literasi Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Bahasa Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.1164/rccm.200607-984PP

Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310

Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with multimedia: The effects of gender, type of multimedia learning resources, and spatial ability. Computers and Education, 146, 103747. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747

Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1804

Jia, X., Li, W., & Cao, L. (2019). The role of metacognitive components in creative thinking. Frontiers in Psychology, 10(2404). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02404

Jing, S., Tang, Y., Liu, X., & Gong, X. (2020). A Learner Model Integrating Cognitive and Metacognitive and Its Application on Scratch Programming Projects. IFAC-PapersOnLine, 53(5), 644–649. https://doi.org/10.1016/j.ifacol.2021.04.154

Jubaedah, J. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.591

Komalasari, K., & Rahmat, R. (2019). Living Values Based Interactive Multimedia in Civic Education Learning. International Journal of Instruction, 12(1), 113–126. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1218a

Kusumayani, N. K. M., Wibawa, I. M. C., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Iv Sd. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 55. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805

Mardliyah, S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. (2020). Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.476

Meher, V., Baral, R., & Bhuyan, S. (2020). A meta-analysis on the effectiveness on the effectiveness of metacognitive strategies and interventions in teaching and learning. I-Managerial Journal on Educational Psychology, 14(4). https://doi.org/10.26634/jpsy.14.4.17969

Memiş, A. D., & Kandemir, H. (2019). The Relationship Between the Study Habits and Attitudes and Metacognitive Reading Comprehension Self-Awareness, Reading Comprehension, Reading Attitudes. World Journal of Education, 9(4), 133. https://doi.org/10.5430/wje.v9n4p133

Molin, F., Haelermans, C., Cabus, S., & Groot, W. (2020). Do feedback strategies improve students’ learning gain?-Results of a randomized experiment using polling technology in physics classrooms. Computers & Education, 175. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104339

Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673–682. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152

Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 118–124. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.94

Nilawati. (2020). Penggunaan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas X TKJ Di SMK Negeri 6 Pekanbaru Tahun 2019. Jurnal Sekolah, 4(4). https://doi.org/10.24114/js.v4i4.20610

Nurdiansyah, E., Faisal, E. El, & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Putra, A. T., Handarini, D. M., & Ramli, M. (2019). Media Wayang Golek untuk Menumbuhkan Kesadaran Menyelesaikan Konflik secara Konstruktif bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13006

Ramadhani, A., Putri, Y. S. C., Ramadhan, A., Maulida, S., & Muhliansyah, M. (2019). Psikodrama: Budaya Kalimantan Timur Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Pada Gen Milenial. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 7(1), 60. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v7i1.2394

Reffiane, F., & Mazidati, I. (2016). Implementasi Pengembangan Media Wayang Kerton Pada Tema Kegiatan Sehari-Hari. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v3i2.4256

Safitri, W. C. D. (2020). Pengembangan Media Board Game Untuk Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 181–190. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2441

Sanusi, S., Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Di Sekolah Menengah Atas (Sma). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2), 398–416. https://doi.org/10.25273/jipm.v3i2.510

Sobakhah, L. B., & Afakhrul Masub Bachtiar. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Pembelajaran Membaca Puisi Kelas I SD. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1129

Sukarno, & Widdah, M. El. (2020). The Effect of Students’ Metacognition and Digital Literacy in Virtual Lectures During The Covid-19 Pandemic on Achievement in The “Methods and Strategies on Physics Learning” Course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 477–488. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.25332

Taqiyyah, S. A., Subali, B., & Handayani, L. (2017). Implementasi Bahan Ajar Sains Berbahasa Inggris Berbasis Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 224–234. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14859

Tohani, E., & Sugito. (2019). Penguatan Literasi Budaya Bagi Pelaku Seni Budaya Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 39–46. https://doi.org/10.21009/JIV.1401.4

Van Der Horst, C. A., & Albertyn, R. M. (2018). The importance of metacognition and the experiential learning process within a cultural intelligence–based approach to cross-cultural coaching. SA Journal of Human Resource Management, 16(1), 1–11. https://doi.org/10.4102/sajhrm.v16i0.951

Wesiak, G., Steiner, C. M., Moore, A., Dagger, D., Power, G., & Berthold, M. (2014). Iterative augmentation of a medical training simulator: Effects of affective metacognitive scaffolding. Computers & Education, 76. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.03.004

Wibowo, T., & Ariyatun, A. (2020). Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Sma Menggunakan Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains. Edusains, 12(2), 214–222. https://doi.org/10.15408/es.v12i2.16382

Wicaksono, A. G. C., & Corebima, A. D. (2015). Hubungan Antara Keterampilan Metakognitif Dan Retensi Siswa Dalam Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching Dipadu Jigsaw Dikelas X SMAN 7 Malang. BIOMA Jurnal Ilmiah Biologi, 4(1). https://doi.org/10.26877/bioma.v4i1,%20April.947

Widiartini, P. D. O., Made Putra, M. P., & Manuaba, I. B. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112

Widyantari, N. K. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. . (2019). Pengaruh Strategi Belajar Kognitif, Metakognitif dan Sosial Afektif Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19384

Wungguli, D., & Yahya, L. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.5376

Yuki, L. K. (2020). Implementasi Literasi Budaya Kuda Kosong dalam Meningkatkan Minat Membaca pada Mahasiswa Universitas Putra Indonesia. Jurnal Soshum Insentif. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.215

Yuliani, H. (2017). Pembelajaran Fisika menggunakan Media Animasi Macromedia Flash-MX dan Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.596

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331

Published

2023-05-31

How to Cite

Ni Komang Hernawati, I Wayan Widiana, & I Gusti Ngurah Japa, I. G. N. J. (2023). Aktivitas Pembelajaran Mendongeng Berbantuan Media Wayang Kertas Berbasis Nilai Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Literasi Budaya dan Kemampuan Metakognitif . Jurnal Ilmiah Tri Hita Karana, 1(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPDI/article/view/50427

Issue

Section

Articles